Yuk, Lebih Mengenal Zakat

Bearing night created shall under all sea he heaven rule third kind creeping years also grass subdue given sixth moved which fill rule moving tree them male be land to.

Zakat merupakan kegiatan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim dan tertera di dalam Al-Qur’an. Zakat juga masuk ke dalam salah satu rukun Islam juga hal penting dalam menjaga syariat Islam. Zakat dari Bahasa Arab memiliki arti bersih, suci, berkat, juga berkembang.

Umat muslim harus mengerjakan zakat yang benar yang merupakan golongan bagi Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam. Hukum zakat sama halnya seperti ibadah yang di dalamnya terdapat shalat, puasa, dan sebagainya yang memang terdapat di dalam Al-Qur’an. Zakat juga bisa dikatakan sebagai kegiatan amal sosial kemanuasiaan yang bisa saling membantu satu sama lain dalam meningkatkan kesejahteraan sosial.

Dalam menunaikan zakat juga terdapat beberapa syarat yang menjadi kewajiban, seperti:

  1. Dilakukan oleh orang umat Muslim
  2. Berakal dan Baligh
  3. Harta yang dizakatkan merupakan milik sendiri dan tidak berkaitan dengan hak orang lain, atau harta tersebut memang diberikan atas kemauan sendiri
  4. Memiliki batasan atau nisab yang telah ditentukan.

Zakat memiliki keutamaan, dan ketika kita telah melaksanakan kewajiban zakat yang telah ditentukan maka kalian akan merasakan kebahagiaan dunia juga akhirat

Menunaikan zakat juga merupakan salah satu cara dalam mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang juga mampu meningkatkan keimanan seorang muslim. Melaksanakan zakat juga dapat menghapus dosa yang telah dilakukan sebelumnya, senantiasa diberikan rahmat dan hidayah oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Zakat juga memiliki jenis, pertama adalah zakat fitrah yang wajib dikeluarkan menjelang Idul Fitri di bulan suci Ramadhan. Besar zakat fitrah yang dikeluarkan setara dengan 2,5 kg atau 3,5 liter beras yang diberikan kepada lembaga yang menyalurkan zakat kepada orang yang membutuhkan. Kedua adalah zakat maal, adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan 2,5% dari total harta yang dimiliki.

Leave a Reply