5 Keunggulan Sistem Pendanaan Crowdfunding Berbasis Syariah

Cara memperoleh dana yang dibutuhkan dalam jumlah tertentu kini bisa didapatkan dengan mudah dalam bentuk Crowdfunding berbasis Syariah. Istilah crowdfunding adalah platform yang melakukan urun dana dari para pemberi dana dan crowdfunding syariah berarti layanan pembiayaan seperti peer to peer (P2P financing) yang dirancang khusus untuk memenuhi prinsip-prinsip syariah sehingga penggalangan dana tidak melanggar aturan agama Islam. Intinya crowdfunding tersebut menggunakan akad transaksi syariah antara pemberi (funder) dan penerima pembiayaan (borrower) serta penyedia platform (marketer).

Pemberi pembiayaan merupakan pihak yang mempunyai kemampuan untuk menyediakan dana, sementara penerima pembiayaan adalah pihak yang mengajukan fasilitas pembiayaan lewat crowdfunding dalam pendanaan syariah.

5 Keunggulan Crowdfunding berbasis Syariah vs Konvensional

Berikut ini berbagai macam keuntungan crowdfunding dengan sistem syariah yang sangat cocok bagi Anda:

Tidak Ada Praktek Riba

Tidak ada praktik riba sama sekali di dalam sistem crowdfunding berbasis syariah sehingga umat muslim yang memakainya jadi lebih nyaman, tenteram dan tenang. Lalu sistem bagi hasil yang ada juga sudah sesuai dengan syariat Islam. Pengusaha dapat menjalankan usaha mereka secara halal sesuai praktik-praktik yang diatur agama. Dan karena tak ada riba, maka memberi keringanan bagi kedua belah pihak dalam menjalankan bisnis, keuntungan atau usaha yang ada.

Efektif dan Efisien

Mendapat kemudahan mencari penanam modal atau investor dengan platform crowdfunding online. Agar mendapatkan investor, Anda bisa memberikan deskripsi serta penjelasan yang menarik, lugas dan jelas. Khususnya mengenai sistem bagi keuntungan harus secara transparan. Dengan adanya sistem secara online ini maka pencari modal dan penanam modal dapat menggunakan platform secara lebih efektif dan efisien.

Mendapatkan Sumber Dana dengan Lebih Cepat

Salah satu jenis crowdfunding Indonesia ini semakin memudahkan mereka yang membutuhkan modal atau dana termasuk para pebisnis yang punya ide kreatif. Crowdfunding syariah akan mendorong para pebisnis untuk punya gagasan unggul dalam mewujudkan bisnis mereka dalam waktu singkat. Platform ini akan menjaring banyak pemilik dana dan semakin bertambah pula pembiayaan yang bisa didapatkan.

Transparasi Data yang Jelas

Sesuai dengan prinsip ajaran agama Islam, maka crowdfunding berbasis syariah tidak ada praktik penipuan dan semua informasi atau data yang ada harus transparan. Data tidak ada yang ditutup-tutupi karena memakai sistem kejujuran. Dengan berpegang pada praktik agama yang kuat dengan nilai moral mulia mengatur setiap jalannya sistem crowdfunding ini sehingga pengusaha muslim juga dapat menjalankan bisnisnya dengan barokah.

Memajukan dan Mendukung Ekonomi Umat

Dengan crowdfunding berbasis syariah ini maka laju perekonomian keumatan akan semakin meningkat. Khususnya bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Hal ini akan makin memberi kemajuan bagi para inovator dan kreator di bidang bisnis syariah. Berapa pun dana yang dibutuhkan dapat dicari memakai platform crowdfunding syariah ini.

Itulah berbagai macam keunggulan dan keuntungan Anda menggunakan platform crowdfunding berbasis syariah. Platform ini juga bisa digunakan oleh siapa saja, tidak ada batasan. Bahkan tak hanya terbatas bagi kalangan muslim saja.

Leave a Reply