Investasi Untuk Pemula Dengan Modal Kecil dan Tetap Aman

Sebagian besar masyarakat awam berpikir bahwa investasi merupakan kegiatan yang hanya bisa dilakukan dengan modal besar dengan cara mengatur keuangan yang begitu rumit. Padahal ada banyak investasi untuk pemula yang simpel dan dapat dilakukan sejak usia muda. Ada pilihan investasi modal kecil tapi masih bisa memberikan keuntungan cukup banyak bagi investor pemula seperti berikut ini.

4 Jenis investasi untuk pemula yang ramah kantong

  • Emas

Jenis investasi satu ini masih banyak diminati oleh masyarakat, bahkan cocok sebagai investasi untuk anak muda sekalipun. Anda hanya perlu memahami dan bisa membaca harga pasar untuk menghitung dan mendapatkan keuntungan. Tidak perlu modal yang besar, dapat disesuaikan dengan kemampuan modal Anda. Jadi, Anda bisa memulainya dengan modal kecil terlebih dahulu dan seiring berjalannya waktu, dapat ditingkatkan. Gunakan strategi simpel seperti menjual emasnya kembali saat harga pasar sudah naik.

  • Sukuk ritel

Sukuk ritel adalah salah satu jenis investasi dengan sistem syariah yaitu obligasi syariah. Opsi investasi ini diterbitkan oleh Negara secara retail yang dikenal juga sebagai Surat Berharga Syariah Negara Ritel. Ini adalah surat berharga yang diterbitkan Negara berdasarkan prinsip syariah.

Ini bisa jadi investasi pemula modal kecil sebab Anda dapat membelinya dengan harga murah. Satu unit sukuk biasanya hanya dikenakan biaya sebesar Rp 1 juta, meski bank pada umumnya juga menetapkan batas pembelian minimum tapi masih tetap ramah di kantong.

  • Saham

Tidak hanya investor bermodal besar yang bisa bermain saham, namun Anda yang bermodal kecil juga dapat melakukan jenis investasi menguntungkan ini. Tentunya Anda juga perlu memahami aturan bermain saham dan strateginya agar tidak salah mengambil keputusan.

Anda hanya perlu modal awal sekitar ratusan ribu rupiah untuk memulai investasi saham dengan membeli saham sebuah perusahaan. Contohnya Anda bisa menanam uang sebesar Rp 5 juta untuk memulai dan membuat rekening di broker saham.

  • Properti

Pada investasi dan/atau pembiayaan pada properti bisa juga dimulai dari dana yang terjangkau yakni 1 juta saja. Apa sih investasi atau pembiayaan properti? Yaitu penanaman modal pada proyek – proyek properti yang sedang berlangsung baik dalam bentuk perumahan, apartemen, ruko, dan tanah. 

Margin atau keuntungan pada investasi atau pembiayaan properti ini terbilang tinggi karena properti ini memiliki value yang selalu naik dari tahun ke tahun. Banyak sekali pilihan perusahaan P2P Lending dan Crowdfunding yang menyediakan layanan pembiayaan properti dengan imbal hasil tinggi, salah satunya adalah DANA SYARIAH INDONESIA.

Itulah berbagai jenis investasi untuk pemula yang bisa mulai Anda coba. Anda juga dapat memilih jenis investasi syariah untuk jenis-jenis investasi di atas. Investasi syariah tidak jauh berbeda dengan investasi konvensional, bedanya hanya dijalankan dengan prinsip syariah salah satunya yaitu tanpa riba sehingga tidak melanggar aturan agama Islam.

Leave a Reply