Cara Buat Playground di Rumah Jadi Sarana Seru Bagi Anak!

Playground di rumah untuk tempat bermain anak menawarkan tempat kegiatan yang seru dan membantu anak berkembang seperti berikut!
Playground-Dirumah

Playground di rumah adalah sarana untuk bermain anak yang dapat digunakan secara bersamaan. Playground biasanya untuk bermain massal sebagai sarana aktif guna melatih ketangkasan anak khususnya pada motorik dan sensorik. Di dalam playground ini tersedia berbagai macam mainan.

Daftar peralatan lengkap playground di rumah 

  • Matras sebagai pelindung anak agar tidak jatuh

Ketika memiliki anak maka sebagai orang tua tentunya akan memberikan fasilitas terbaik untuk anaknya. Salah satu yang bisa diberikan pada anak adalah playground untuk menunjang kegiatan bermainan anak agar lebih leluasa. Agar anak tidak jatuh langsung ke lantai sebaiknya tutup dengan matras.

Mainan merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh anak guna menunjang kemampuan aktivitas fisiknya. Dengan melengkapi mainan bagi anak mampu mendukung tumbuh kembang anak. Namun dalam pembuatan playground gunakan mainan yang aman bagi anak.

Poin ini perlu menjadi perhatian lebih untuk menggunakan mainan yang memiliki standar keamanan cukup tinggi. Penggunaan matras adalah perlengkapan untuk lantai sebagai alas duduk yang membuat anak nyaman saat sedang bermain. Maka pilihlah matras dengan ketebalan aman dan mampu melindungi.

  • Perosotan untuk seluncur anak

Perlengkapan playground di rumah untuk anak memang menjadi hal yang wajib untuk disediakan. Playground tidak hanya sebagai sarana untuk bermain namun juga mampu mendukung sistem motorik anak lebih cepat tanggap pada setiap kondisi. Terlebih bagi anak yang sedang aktif bergerak dan mulai berjalan.

Gunakan perosotan anak dengan penuh warna sehingga membuat anak lebih senang dan bisa membantu ingatan pada setiap jenis warna. Tidak lupa bantu anak untuk menggunakan perosotan seluncur agar bisa merasakan kesenangan saat bermain. Terlebih dengan hadirnya berbagai macam bentuk.

Bagi orang tua juga harus memperhatikan bahan perosotan yang digunakan pada anak. Pastikan bahan tersebut tidak menyakiti ataupun melukai anak. Jika menginginkan sebuah desain khusus maka bisa melakukan pemesanan dengan sistem custom.

  • Ayunan melatih koordinasi tubuh dan pikiran

Area bermain untuk anak akan tersedia berbagai macam sarana. Mainan yang tidak pernah terlepas dari anak adalah ayunan, hampir semua anak kecil sangat suka dengan adanya ayunan. Maka dari itu jika orang tua ingin membuat playground sendiri di rumah bisa menambahkan ayunan.

Perencanaan untuk membuat mainan anak dapat membantu untuk meningkatkan daya imajinasi pada anak. Selain itu juga mainan ayunan ini mampu melatih sistem koordinasi tidak hanya pada tubuh namun juga pikiran anak. Namun pastikan meletakkan ayunan dengan aman dan tidak begitu tinggi.

  • Menyediakan pasir kinetik

Membuat playground di rumah akan sangat menyenangkan jika ditambahkan dengan pasir kinetik. Penggunaan pasir kinetik ini memang cukup membahayakan bagi anak yang usianya masih balita. Maka dari itu gunakan pasir kinetik untuk anak yang sudah bisa membedakan bahwa ini mainan atau makanan.

Pasir kinetik memang menjadi salah satu mainan yang sangat disukai oleh anak-anak. Melalui pasir inilah anak bisa membuat kreasi unik dan pastinya dapat mengembangkan imajinasi lebih luas lagi. Pasir kinetik sudah banyak tersedia di pasaran sehingga akan lebih mudah mendapatkannya.

  • Rumah-rumahan untuk meningkatkan imajinasi

Konsep dalam pembuatan playground cukup banyak dan bisa dipilih sesuai dengan selera. Dalam hal ini bisa membuat konsep playground dengan tambahan rumah-rumahan dari bahan plastik sehingga membuat anak lebih aktif bergerak. Pilihlah model rumah-rumahan yang lucu dengan karakter.

Dengan menggunakan rumah-rumahan ini maka akan terpancar wajah ekspresi anak yang sangat bahagia. Sebab anak merasa berada di area fantasi yang sebelumnya tidak pernah diketahuinya. Anak akan memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin untuk bermain.

Manfaat playground untuk anak di rumah

Tips membuat playground di rumah memang memiliki banyak manfaat bagi anak. Playground tidak hanya sekedar tempat bermain saja namun mampu mengasah keterampilan dan kemampuan pada anak. Inilah manfaat dari adanya playground:

  • Anak yang bermain dengan bebas akan memiliki kesadaran pada orang lain dalam hal mengontrol emosinya
  • Memiliki tingkah laku yang baik sebab ada waktu luang untuk bermain dengan temannya
  • Menjadikan gerak anak lebih aktif seperti halnya berlari ataupun memanjat jika tersedia fasilitas tersebut di Playground 
  • Bermain menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan dan dibutuhkan oleh semua anak-anak. Hal ini dikarenakan anak lebih bebas untuk bereksperimen
  • Bermain sembari belajar mampu meningkatkan kemampuan anak.

Nah, #TemanSyariah gimana nih, pengen kan punya playground sendiri dirumah? Yuk ajukan pembiayaan untuk renovasi melalui Danasyariah, tersedia tenor hingga maksimal 10 tahun terbuka untuk berbagai kalangan (syarat & ketentuan berlaku). Silahkan tanya-tanya terkait program pembiayaan renovasi melalui Danasyariah, bisa melalui website ataupun mobile apps. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi melalui kana-kanal resmi Danasyariah.  

Leave a Reply