3 Inspirasi Acara Amal untuk Mengisi Liburan

3 Inspirasi Acara Amal untuk Mengisi Liburan

Apa yang biasanya kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan? Kalau tidak punya agenda untuk pergi ke tempat wisata atau berkunjung ke sanak saudara, coba lakukan kegiatan amal atau charity.

Tentunya kegiatan amal tidak bisa kamu lakukan sendiri karena tentunya kamu akan kewalahan. Kegiatan sosial semacam ini umumnya dilakukan bersama-sama. Kalau kamu butuh ide acara amal yang menarik untuk mengisi liburan, baca artikel ini sampai habis ya.

Acara Amal

Manfaat Melakukan Kegiatan Amal

Sebelum membahas soal ide kegiatan amal yang cocok untuk mengisi waktu liburan, mari kita bahas terlebih dahulu manfaat dari kegiatan amal itu sendiri. Pada dasarnya, kegiatan amal merupakan bentuk dari kegiatan sosial yang dilakukan untuk meringankan beban individu, kelompok, atau masyarakat tertentu yang membutuhkan.

Tujuan utama dari kegiatan amal sendiri adalah untuk memberikan kontribusi yang bersifat positif kepada masyarakat yang berada dalam kondisi sulit. Perlu diketahui bahwa kegiatan amal bukan hanya soal memberikan bantuan secara finansial, melainkan juga memberikan perhatian, rasa kasih sayang, dan peluang bagi mereka yang kurang beruntung. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan charity:

1. Membangun reputasi yang baik

Program charity banyak dilakukan oleh perusahaan swasta. Buat kamu yang bekerja sebagai pekerja profesional, charity bisa menjadi kegiatan bermanfaat untuk mengisi liburan. Selain itu, charity juga menjadi kegiatan yang tepat untuk menciptakan reputasi positif bagi perusahaan. 

Saat kamu ikut berkontribusi dalam menyelenggarakan charity, otomatis masyarakat atau kelompok tertentu yang menjadi target kegiatan amal akan mengenal perusahaan kamu sebagai perusahaan yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.

2. Menciptakan rasa bahagia

Manfaat lain dari melakukan kegiatan amal adalah merasakan kebahagiaan saat itu juga. Sebuah studi dari University of the South menunjukkan bahwa melakukan hal baik tanpa direncanakan terhadap orang lain dapat memperbaiki suasana hati. Riset tersebut juga membuktikan bahwa melakukan tindakan baik terhadap orang lain bisa membuat suasana hati lebih baik dibandingkan melakukan tindakan baik terhadap diri sendiri.

3. Meningkatkan kepuasan hidup

Seseorang bisa merasa lebih bahagia ketika dia melakukan kebaikan atau memberi kepada orang lain. Di samping itu, makin banyak seseorang memberi atau melakukan hal baik, makin mudah pula mereka untuk merasa bahagia. Hal tersebut telah dibuktikan dalam laporan dari Lembaga Filantropi Wanita pada tahun 2017.

Dalam studi tersebut juga disampaikan bahwa pria lebih mudah merasa bahagia saat mereka memberi. Sementara itu, wanita merasa lebih bahagia saat memberi secara teratur dari waktu ke waktu.

4. Membuat hidup lebih bermakna

Saat kamu menyumbangkan sesuatu untuk kegiatan amal, berarti kamu telah menciptakan peluang untuk menjalin koneksi dengan orang-orang baru dengan tujuan yang sama denganmu. Tindakan tersebut membuat kehidupanmu jauh lebih bermakna. Bila kamu aktif melakukan kegiatan amal, tindakan tersebut secara perlahan akan membuat hidup lebih ‘hidup’ karena kamu memiliki tujuan dalam hidup.

3 Ide Acara Amal untuk Mengisi Liburan

Ada banyak sekali kegiatan amal yang seru untuk mengisi waktu liburan. Berikut beberapa inspirasi acara amal yang bisa kamu lakukan:

1. Garage sale atau bazaar

Buat kamu yang punya bakat untuk berjualan barang, wajib banget untuk mencoba menggelar kegiatan amal dengan cara membuka garage sale atau bazaar. Kamu bisa menjual barang baru dengan harga miring, barang bekas yang masih layak pakai, atau barang recycled.

Kumpulkan barang-barang yang mau kamu jual, bisa barang milik sendiri atau dari rekan maupun keluarga kamu. Uang yang terkumpul dari penjualan tersebut bisa kamu gunakan sebagai dana santunan untuk mereka yang membutuhkan.

2. Konser musik

Pada dasarnya, semua orang butuh hiburan, terutama pada momen-momen liburan. Nah, acara amal sendiri bisa loh dikemas dengan konsep konser musik untuk menjadi ajang pengumpulan dana. Acara seperti ini dijamin lebih seru dan banyak peminatnya dibanding kegiatan amal biasa. Mau acara amal lebih meriah? Coba undang musisi atau band ternama agar para penggemarnya juga ikut memeriahkan acara amal yang kamu selenggarakan.

Tentu saja, acara semacam ini tak bisa kamu selesaikan seorang diri. Biasanya, organisasi atau perusahaan lah yang biasanya mengadakan charity dalam bentuk live music. Untuk mendapatkan dana sumbangan, kamu bisa mengadakan acara meet & greet dengan biaya tertentu agar menarik pengunjung. Biaya tersebut separuhnya bisa kamu gunakan untuk disumbangkan ke mereka yang membutuhkan.

3. Kompetisi

Tak ada salahnya kamu menyelenggarakan kegiatan amal yang dikemas dalam bentuk kompetisi atau acara lomba. Meskipun tak ada hadiah yang diberikan kepada peserta lomba, pastinya tak sedikit orang yang tertarik untuk berkontribusi dalam lomba tersebut.

Lantas, dari mana dana sumbangannya? Kamu bisa mendapatkan dana dari donasi yang diberikan oleh peserta lomba tanpa dibatasi jumlah donasinya. Makin banyak yang mendaftar, otomatis makin banyak pula dana yang bisa disumbangkan. Agar peserta lomba juga mendapatkan manfaat, carilah sponsor yang memiliki tujuan yang sama dengan visi kegiatan amal kamu.

Tips Singkat Mengadakan Acara Amal

Agar acara amal yang kamu selenggarakan berjalan dengan lancar, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

1. Buat rencana

Langkah pertama untuk mengadakan acara amal adalah menyusun rencana. Dalam rencana harus menyertakan apa tujuan dari kegiatan amal tersebut, dari mana dananya, siapa yang akan diajak untuk berdonasi, siapa target yang berhak menerima donasi, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menentukan kapan dan di mana acara amal akan diselenggarakan. Semuanya harus direncanakan dengan matang agar kegiatan berjalan dengan lancar.

2. Buat sistem untuk menerima donasi

Untuk menerima donasi, pastikan kamu menggunakan platform digital. Selain bisa mempermudah proses penerimaan donasi, pihak yang ingin berkontribusi juga akan lebih banyak dibandingkan dengan cara tradisional. Di samping itu, donatur juga memiliki kebebasan untuk melakukan donatur sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing.

3. Manfaatkan media sosial

Media sosial merupakan platform kunci untuk mengkampanyekan segala hal, termasuk kegiatan amal. Jadi, optimalkan penggunaan media sosial untuk mempromosikan charity yang kamu selenggarakan. Dengan begitu, makin banyak pihak-pihak yang tertarik untuk berkontribusi dalam kegiatan sosial tersebut. Namun, ingat, setiap media sosial memiliki karakternya masing-masing. Jadi, sesuaikan konten kampanye dengan karakteristik masing-masing media sosial.

Itulah beberapa kegiatan amal yang bisa kamu selenggarakan bersama untuk mengisi waktu liburan. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, kegiatan amal juga bermanfaat bagi mereka yang berada dalam kondisi kurang beruntung.

Leave a Reply