Ini Fitur-Fitur Baru di One UI 6.1.1, Yuk Simak!

Samsung kembali menghadirkan pembaruan cukup signifikan melalui One UI 6.1.1 yang kini tersedia untuk beberapa smartphone dan tablet flagship mereka. Pembaruan ini tentunya membawa banyak peningkatan kinerja, fitur-fitur baru berbasis AI, dan juga perbaikan yang membuat pengalaman pengguna smartphone dan tablet Samsung makin menyenangkan.

Bagi para pengguna setia Samsung, update ini tentunya menjadi momen yang cukup dinantikan. Hal ini lantaran One UI terkenal sebagai salah satu user interface paling nyaman dari semua jenis UI yang ada. Selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan bisa meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan potensi perangkat. Mau tahu seperti apa update One UI 6.1.1? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

One UI

Fitur-Fitur Baru di One UI 6.1.1

One UI 6.1.1 hadir dengan beberapa fitur canggih berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dapat membantu pengguna untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Dari peningkatan efisiensi hingga fitur-fitur yang membuat aktivitas harian menjadi jauh lebih praktis, berikut beberapa fitur terbaru yang dibawa oleh One UI 6.1.1:

1. Listening Mode di Interpreter

Fitur ini memungkinkan gadget Samsung untuk menerjemahkan bahasa asing secara real-time melalui suara. Listening Mode juga menawarkan terjemahan satu arah yang tentunya sangat berguna bagi pengguna yang kerap melakukan perjalanan ke luar negeri atau bekerja dengan menggunakan bahasa asing. Pengguna bisa langsung mengaktifkan fitur baru ini dan mendengarkan hasil terjemahan dalam bahasa yang dikehendaki.

2. Chat Assist dengan Composer 

Fitur Chat Assist adalah salah satu fitur andalan gadget Samsung yang mendapatkan pembaruan. Fitur ini kini diperbarui dengan fitur Composer, yang memungkinkan pengguna untuk bisa membuat kalimat teks secara otomatis sesuai masukan.

Fitur ini bisa dibilang sangat membantu ketika pengguna harus menulis email, pesan di akun media sosial, atau bahkan komentar dengan cepat tanpa harus mengetik secara manual. Dengan adanya Composer, pengguna bisa menghasilkan tulisan seperti tulisan personal dan sesuai dengan gaya pengguna.

3. Suggested Replies di Galaxy Watch 

Dengan adanya update One UI 6.1.1, fitur Suggested Replies yang awalnya hanya tersedia di perangkat Galaxy Z Flip 6, kini mulai hadir di Galaxy S24 series. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa membalas pesan singkat langsung dari Galaxy Watch yang sebelumnya sudah terhubung ke perangkat mereka sehingga memudahkan pengguna untuk membalas pesan dengan cepat tanpa harus membuka smartphone.

4. Note Assist dengan Fitur Transkrip

Bagi pengguna yang sering mencatat materi dalam bentuk suara, fitur transkrip di Note Assist akan sangat berguna. Fitur ini bisa mengubah rekaman suara menjadi teks secara otomatis. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengetik ulang catatan mereka. Di samping itu, ada juga fitur PDF Overlay Translation, yang bisa digunakan oleh pengguna menerjemahkan teks di dokumen PDF secara langsung.

5. Sketch to Image

Pengguna bisa memanfaatkan fitur Sketch to Image untuk menyulap gambar sketsa menjadi gambar AI yang menarik. Fitur ini cocok bagi mereka yang tidak memiliki keterampilan menggambar atau desain tetapi membutuhkan gambar digital dengan cepat menggunakan perangkat mereka.

6. Portrait Studio dan Instant Slow-mo

Pengguna yang suka mengabadikan momen dengan kamera smartphone tentunya akan senang dengan hadirnya fitur Portrait Studio. Fitur ini bisa digunakan untuk mengubah foto selfie menjadi gambar berbasis AI. Sementara itu, fitur Instant Slow-mo memungkinkan pengguna untuk membuat video slow-motion berkualitas tinggi tanpa harus menurunkan kualitas gambar.

7. Circle to Search dan Sound Search

Fitur selanjutnya yang ada di One UI 6.1.1 adalah Circle to Search untuk mencari sesuatu dengan lebih cepat. Selain itu, ada pula fitur Sound Search untuk mencari lagu atau suara tertentu yang didengar oleh perangkat. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa dengan mudah mencari judul lagu yang mereka dengar di sekitar hanya dengan mengaktifkan fitur ini.

Daftar Seri Samsung yang Kebagian One UI 6.1.1

Belum semua perangkat Samsung mendapatkan pembaruan One UI 6.1.1. Namun, beberapa perangkat flagship dari Samsung dipastikan akan mendapatkan pembaruan ini secara bertahap. Melansir laman Sammobile, berikut ini adalah daftar perangkat yang akan kebagian One UI 6.1.1:

1. Galaxy S24 Series

Galaxy S24, S24+, dan S24 Ultra menjadi yang perangkat Samsung pertama yang mendapatkan pembaruan One UI 6.1.1. Update ini sudah mulai digulirkan di Korea Selatan sejak 5 September 2024 dan kabarnya akan segera menyusul di Amerika Utara serta Eropa. Pengguna Galaxy S24 Series di wilayah lain juga akan segera merasakan pembaruan ini dalam beberapa minggu ke depan.

2. Galaxy S23 Series

Selain Galaxy S24, pengguna Galaxy S23 Series juga bisa menikmati fitur-fitur terbaru dan canggih dari One UI 6.1.1. Samsung memastikan bahwa pengguna Galaxy S23, S23+, dan S23 Ultra akan segera merasakan pengalaman menggunakan One UI 6.1.1 ini dalam waktu dekat.

3. Galaxy S23 FE

Selain seri flagship, Samsung juga tidak melupakan seri nyaris flagship, yakni Galaxy S23 FE. Varian Fan Edition ini akan mendapatkan One UI 6.1.1 dengan fitur-fitur barunya  yang tentu bisa membuat perangkat lebih responsif dan kaya akan fitur canggih.

4. Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5

Smartphone lipat Samsung yang ikonik, seperti Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5, juga masuk dalam daftar perangkat mobile yang akan mendapatkan update One UI 6.1.1. Pengguna perangkat lipat ini akan dimanjakan dengan fitur-fitur multitasking dan AI yang lebih canggih.

5. Galaxy Tab S9 Series

Selain untuk para pengguna smartphone Samsung, pengguna tablet Samsung seperti Galaxy Tab S9 Series juga akan kebagian update One UI 6.1.1. Perangkat ini akan menjadi makin ideal untuk kebutuhan produktivitas dan hiburan dengan adanya fitur-fitur baru berbasis AI dan peningkatan kinerja yang dihadirkan dalam pembaruan ini.

Itulah beberapa informasi terbaru terkait One UI 6.1.1. Bagi pengguna perangkat di atas, kamu bisa mengecek apakah sudah mendapatkan pembaruan atau belum. Pengguna bisa membuka menu Settings di perangkat yang digunakan, lalu pilih Software Update, dan tekan Download and Install. Pastikan perangkat juga memiliki cukup ruang penyimpanan dan baterai yang cukup sebelum memulai proses pembaruan.

Leave a Reply