Halal Lifestyle: Definisi dan Cara Menerapkannya

Halal lifestyle atau gaya hidup halal merupakan konsep gaya hidup yang populer di kalangan umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia yang menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Gaya hidup halal tak hanya mencakup makanan dan minuman yang dikonsumsi. Gaya hidup halal juga mencakup banyak aspek kehidupan lainnya, seperti fashion, keuangan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Halal lifestyle

Apa Itu Halal Lifestyle?

Secara umum, halal lifestyle adalah cara hidup yang sesuai dengan ajaran Islam di mana setiap aspek kehidupan dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip halal. Dalam bahasa Arab, halal memiliki arti “diperbolehkan” atau “sah” menurut hukum Islam.

Gaya hidup ini mencakup segala sesuatu yang dilakukan dan juga digunakan oleh seorang muslim, mulai dari makanan dan minuman, pakaian, hingga produk-produk yang digunakan sehari-hari. Dulu, banyak muslim masih memahami konsep halal hanya pada makanan dan minuman. Namun seiring berjalannya waktu, pengertian ini sudah berkembang.

Kini, halal tak hanya diterapkan pada apa yang masuk ke dalam tubuh, tetapi juga pada produk kesehatan, kosmetik, farmasi, hingga berbagai layanan dan aktivitas lainnya, termasuk dalam bidang keuangan.

Manfaat Halal Lifestyle

Mengadopsi halal lifestyle memberikan banyak manfaat yang tak hanya dirasakan oleh individu yang menjalankan, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari menjalankan gaya hidup halal.

1. Kesehatan menjadi lebih baik

Produk-produk halal, khususnya makanan dan minuman, diproses dengan cara yang higienis, bersih, dan sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Islam. Proses produksi yang sudah sesuai dengan standar halal memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan berkualitas tinggi dan bebas dari senyawa-senyawa berbahaya. Dengan demikian, mengonsumsi produk halal bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah munculnya berbagai jenis penyakit.

2. Memberikan ketenangan batin

Menjalani halal lifestyle juga dapat memberikan ketenangan batin. Hal ini lantaran seorang muslim merasa yakin bahwa apa yang dikonsumsi dan digunakan sudah sesuai dengan ajaran agama Islam. Selain itu, halal lifestyle juga menciptakan rasa aman dan nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

3. Mengajarkan etika dan moral yang tinggi

Gaya hidup halal juga mengajarkan seorang muslim untuk selalu berperilaku etis dan bermoral. Tak hanya dalam mengonsumsi produk makanan dan minuman yang halal, tetapi juga dalam berinteraksi dengan orang lain, menjalankan bisnis, dan bahkan menjalani kehidupan sosial. Prinsip-prinsip halal mendorong umat muslim untuk selalu berusaha berbuat baik, jujur, dan juga adil dalam segala aspek kehidupan.

4. Kontribusi pada lingkungan

Produk-produk halal diproduksi tak hanya dengan memperhatikan prinsip-prinsip Islam, tetapi juga memperhatikan kelestarian lingkungan. Misalnya, industri halal berupaya untuk mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya agar tidak mencemari lingkungan dan beralih ke bahan-bahan yang ramah lingkungan. Sebab itu, gaya hidup halal bisa dibilang juga berdampak positif terhadap upaya pelestarian lingkungan.

Cara Menerapkan Halal Lifestyle

Gaya hidup halal sudah menjadi bagian dari salah satu gaya hidup yang dianut oleh masyarakat modern. Gaya hidup ini juga sudah menjadi tren yang membuka banyak peluang baru di seluruh belahan dunia. Misalnya saja, tren hijab yang muncul sekitar 10 tahun yang lalu. Tren ini melahirkan banyak desainer busana muslim dan berbagai macam gaya busana muslim.

Di Indonesia, gaya hidup halal diyakini akan terus berkembang dan diadopsi oleh banyak masyarakat. Untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari tidak begitu sulit. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mulai menerapkan gaya hidup halal.

1. Pilih makanan dan minuman halal

Langkah termudah untuk mulai menerapkan gaya hidup halal tentu saja adalah dengan memastikan bahwa semua makanan dan minuman yang dikonsumsi adalah halal. Kamu bisa memeriksa label produk makanan dan minuman untuk memastikan kehalalannya. Hindari pula makanan dan minuman yang dilarang dalam agama Islam, seperti alkohol dan makanan yang mengandung babi.

2. Gunakan produk kecantikan dan kesehatan halal

Selain makanan dan minuman, gaya hidup halal juga bisa diterapkan dalam pemilihan produk kecantikan dan kesehatan. Pastikan produk-produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang dilarang dalam ajaran Islam. Produk kecantikan halal umumnya memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan secara resmi oleh lembaga yang berwenang.

3. Kelola keuangan dengan prinsip syariah

Keuangan merupakan salah satu aspek kehidupan yang bisa dijalankan secara halal atau sesuai dengan prinsip syariah. Hindari produk atau layanan keuangan yang menerapkan praktik-praktik yang dilarang dalam prinsip keuangan syariah seperti riba. Kamu bisa memulainya dengan membuka rekening di bank syariah dan menggunakan produk-produk keuangan syariah.

Mau investasi secara halal? Kamu bisa memilih lembaga perbankan maupun non-perbankan yang menawarkan investasi syariah, seperti Danasyariah. Di Danasyariah kamu bisa menjadi pendana atas proyek-proyek properti yang ditampilkan pada portal Danasyariah. Menggunakan skema syariah sehingga prosedur pendanaan bisa dijamin aman, transparan, dan pastinya halal.

4. Berpakaian sesuai dengan etika Islami

Pakaian juga menjadi salah satu bagian dari gaya hidup halal. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan prinsip Islam dan terbuat dari bahan yang halal serta tidak berasal dari sumber-sumber yang diharamkan dalam Islam.

5. Terus edukasi diri dan keluarga

Terakhir, gaya hidup halal perlu dijalankan secara konsisten agar memberikan manfaatkan bagi diri sendiri, keluarga, dan bahkan masyarakat. Untuk itu, penting untuk selalu mengedukasi diri dan orang-orang terdekat terkait gaya hidup halal.

Jadi, halal lifestyle adalah cara hidup yang tak hanya memberikan berkah bagi diri sendiri tetapi juga masyarakat dan lingkungan. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip halal dalam kegiatan sehari-hari, maka kamu tak hanya menjaga kesehatan dan kesejahteraan diri sendiri tetapi juga berkontribusi pada terciptanya dunia yang lebih adil.

Jadi, yuk mulai menerapkan halal lifestyle mulai dari sekarang.

Leave a Reply