Milad Ke-7 Danasyariah: Mengukir Prestasi di Setiap Langkah

Seiring dengan berjalannya waktu, PT Dana Syariah Indonesia terus mengukir prestasi sebagai salah satu platform keuangan berbasis syariah yang memberikan kontribusi besar dalam perkembangan pembiayaan syariah di Indonesia. Pada momen spesial ini, Danasyariah merayakan milad yang ke-7, sebuah pencapaian yang tentunya penuh dengan keberkahan.

Dengan komitmen kuat dalam menerapkan prinsip-prinsip keuangan syariah, Danasyariah senantiasa membuktikan diri sebagai mitra tepercaya. Khususnya kepercayaan dalam menyediakan pembiayaan berbasis syariah di bidang properti.

Sejarah Singkat Danasyariah

Danasyariah

PT Dana Syariah Indonesia pertama kali berdiri pada tahun 2017, sebagai solusi praktis dan halal bagi masyarakat yang ingin menjalankan pendanaan atau pembiayaan di bidang properti sesuai dengan prinsip syariah.

Sejak berhasil mengantongi izin operasional pada tahun 2018, platform financial technology ini terus tumbuh dengan pesat. Kini, Danasyariah menjadi salah satu pemain utama dalam industri fintech berbasis syariah di Tanah Air. 

Danasyariah hadir membawa tujuan mulia, yakni menyediakan layanan finansial yang sesuai dengan prinsip syariah dan tetap berpegang teguh pada kebijakan dan regulasi yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Dalam sebuah wawancara bersama Bapak Taufiq Aljufri selaku pimpinan Danasyariah, menyampaikan bahwa prinsip-prinsip syariah sangat dijunjung tinggi dalam operasionalnya. “Kami memiliki dua Dewan Pengawas Syariah yang menjaga setiap praktik operasional Danasyariah agar sesuai dengan hukum syariah,” ungkapnya. Dengan adanya fondasi yang kuat ini, Danasyariah terus tumbuh dan berkembang serta menjadi solusi bagi banyak pihak yang membutuhkan pembiayaan halal.

Pencapaian Utama Selama 7 Tahun

Danasyariah

Selama tujuh tahun perjalanannya, Danasyariah berhasil mencapai beberapa pencapaian penting. Salah satu yang menonjol adalah jumlah pemilik dana atau lender yang telah menyentuh angka lebih dari 180 ribu orang.

Lender-lender tersebut menyalurkan dana kepada lebih dari 10 ribu borrower, termasuk pelaku usaha, konsumen, dan tentunya pengembang properti. Hingga September 2024, Danasyariah berhasil menyalurkan total dana mencapai lebih dari 3,5 triliun rupiah.  Pencapaian ini tentunya tak hanya soal jumlah dana yang berhasil disalurkan, tetapi lebih dari itu, dampak sosial yang dirasakan penerima pendanaan dan pemilik dana juga signifikan.

Danasyariah tak hanya membantu memproduktifkan aset likuid pemilik dana secara syariah, tetapi juga memberikan peluang pembiayaan bagi banyak penerima pendanaan yang sebelumnya mungkin kesulitan untuk mendapatkan akses keuangan syariah. “Alhamdulillah, 3,5 triliun rupiah telah memberi manfaat bagi banyak orang, baik pemilik dana maupun borrower yang memperoleh pembiayaan syariah,” ungkap Bapak Taufiq Aljufri.

Dampak Sosial dan Ekonomi Danasyariah

Danasyariah

Seperti yang disampaikan, keberadaan Danasyariah tak hanya memberikan dampak positif pada sektor keuangan, tetapi juga dampak sosial dan ekonomi yang cukup signifikan. Pembiayaan yang disalurkan oleh Danasyariah berhasil membantu mewujudkan impian banyak orang untuk mendapatkan hunian layak melalui skema pembiayaan kepemilikan properti syariah dan mendukung berbagai proyek pembangunan, baik untuk pengembang properti maupun sektor usaha lainnya.

Di samping itu, Danasyariah juga memberikan kontribusi positif dalam membuka lapangan pekerjaan melalui berbagai proyek pembangunan yang didanai. Dampak ini tentunya sangat bisa dirasakan, terutama oleh pelaku usaha kecil. “Kami berusaha memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik pemilik dana yang ingin  memproduktifkan dananya sesuai syariah, maupun pihak borrower yang membutuhkan pembiayaan dengan skema syariah,” tambah Bapak Taufiq Aljufri.

Dengan pendekatan tersebut, Danasyariah berhasil membangun kepercayaan yang solid di tengah masyarakat. Keterlibatan aktif dalam pembiayaan syariah ini telah membawa PT Danasyariah Indonesia menjadi platform fintech yang mampu menjadi jembatan kebutuhan keuangan dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Visi dan Rencana ke Depan

Danasyariah

Tujuh tahun perjalanan panjang Danasyariah bukanlah akhir, melainkan awal dari visi yang lebih besar. Dalam lima tahun ke depan, Danasyariah berencana untuk meningkatkan jangkauan layanannya ke berbagai daerah di Indonesia. Saat ini, Danasyariah masih fokus di Pulau Jawa dan sebagian Sumatera. Namun, ke depannya Danasyariah berencana untuk menjangkau lebih banyak wilayah dengan menjalin kerja sama sinergis bersama mitra-mitra lokal.

Selain itu, Danasyariah juga terus mengembangkan produk-produk finansial baru yang relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Bapak Taufik menyatakan, “Kami ingin sekali memperbanyak produk pembiayaan syariah yang jauh lebih bervariasi, termasuk untuk pelaku UKM, dengan jaminan fixed asset property.” Dengan strategi ini, Danasyariah berupaya untuk meningkatkan daya manfaat dan menawarkan solusi pembiayaan halal yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia.

Namun di balik cita-cita mulia tersebut, ada tantangan yang saat ini dihadapi oleh Danasyariah, yakni pembatasan regulasi OJK yang hanya memperbolehkan lembaga keuangan untuk memberikan pembiayaan maksimal 2 miliar rupiah per borrower. Kendati demikian, Bapak Taufik selaku pimpinan Danasyariah optimis bahwa ke depan regulasi ini akan mengalami penyesuaian dan harapannya Danasyariah bisa memberikan pembiayaan hingga 10 miliar per borrower untuk meningkatkan manfaatnya bagi penerima dana.

7 Tahun Danasyariah: Survive, Sustain, Growth

Danasyariah

Milad ke-7 PT Dana Syariah Indonesia menjadi bukti nyata bahwa platform fintech ini telah berhasil melewati beragam tantangan dengan cukup baik. Dengan berbagai pencapaian yang telah diraih, Danasyariah tak hanya membuktikan diri sebagai perusahaan fintech yang mampu survive, tetapi juga sustain dan terus tumbuh secara konsisten.

“Tujuh tahun membuktikan kita punya daya tahan yang bagus, kita bisa survive, sustain, dan alhamdulillah growth,” ujar Bapak Taufiq dengan penuh rasa syukur.

Melalui komitmennya pada prinsip-prinsip keuangan syariah, Danasyariah berharap untuk dapat terus memberikan keberkahan, tak hanya bagi masyarakat, tetapi juga semua pihak-pihak yang terlibat, termasuk mitra bisnis dan karyawan. Di usia yang ketujuh ini, Danasyariah telah menunjukkan jati dirinya sebagai mitra keuangan syariah yang tepercaya, dengan visi besar yang mulia untuk masa depan lebih cerah.

Leave a Reply