4 Gaya Pilihan Terbaik Rumah Milenial, Simpel dan Adem!

4 Gaya Pilihan Terbaik Rumah Milenial, Simpel dan Adem!
Sumber : Envato

Milenial adalah target pasar paling potensial untuk bisnis properti. Pasalnya, kelompok usia ini merupakan salah satu kelompok yang mendominasi demografi dan sedang dalam periode usia mencari hunian tempat tinggal. Sebagai pengembang, Anda tentu harus tahu pilihan terbaik rumah milenial yang bakal banyak dicari agar tak melewatkan kesempatan ini begitu saja.

Pilihan Terbaik Rumah Milenial
Sumber : Envato

Rumah vs Apartemen: Mana yang Lebih Prospek?

Berbeda dari anggapan yang banyak beredar, milenial ternyata lebih tertarik untuk memiliki rumah dibandingkan apartemen. Alasan milenial lebih memilih rumah dibandingkan apartemen yang utama adalah karena dinilai lebih aman dan luas properti yang lebih lega.

Kendati begitu, tak dimungkiri bahwa terjadi peningkatan sewa hunian apartemen selama beberapa tahun terakhir. Hal inilah yang membuat bisnis properti apartemen juga tak kalah menjanjikan terutama jika menyasar pada kelompok urban. 

Selengkapnya, berikut adalah beberapa hal yang kerap jadi pertimbangan milenial saat menentukan jenis properti untuk hunian.

  • Jarak dari tempat tinggal menuju beberapa destinasi (terutama yang biasa dikunjungi secara rutin), seperti kantor, pusat kota dan hiburan, stasiun atau titik hubung transportasi publik, dan sebagainya
  • Fasilitas yang ditawarkan, baik fasilitas untuk masing-masing unit properti maupun fasilitas umum
  • Status kepemilikan
  • Biaya perawatan dan pemeliharaan unit dan lingkungan sekitar
  • Keamanan area tinggal
  • Harga

Umumnya, apartemen dipilih oleh milenial yang belum menikah atau baru menikah. Di kawasan Jabodetabek khususnya, apartemen dipilih karena memiliki harga yang tak jauh berbeda dibandingkan rumah, tetapi menawarkan beberapa poin plus seperti:

  • Jarak yang dekat dengan kawasan perkantoran, stasiun, dan pusat kota (lokasi strategis)
  • Menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk kebutuhan mereka, seperti gym, pusat perbelanjaan, dan sebagainya

Namun, kelompok milenial yang memiliki keluarga kecil dengan kehadiran buah hati cenderung memilih untuk membeli rumah, tanpa menutup kemungkinan mereka yang sejak awal pun memilih rumah dibandingkan apartemen. Beberapa alasannya antara lain:

  • Tidak perlu khawatir dengan hak milik yang berlaku selamanya.
  • Lebih mudah jika akan melakukan renovasi.
  • Memiliki lingkungan yang relatif lebih “hangat” dengan tetangga.
  • Ukuran bangunan dan tanah lebih luas.

Gaya Rumah Favorit Milenial 

Secara umum di berbagai daerah, rumah masih cenderung lebih menarik bagi milenial dibandingkan apartemen. Hal ini juga didukung oleh pemerintah yang menyediakan bantuan, mulai dari pembiayaan melalui lembaga keuangan negara hingga pemberian subsidi.

Sebagai pengembang, tentu sangat disayangkan jika Anda menyia-nyiakan kesempatan ini. Selain menyediakan perumahan yang strategis dengan fasilitas yang memadai serta harga bersaing, hal lain yang harus Anda perhatikan untuk menarik perhatian milenial adalah desain.

Setidaknya, berikut adalah beberapa konsep dan desain rumah untuk milenial yang paling banyak diminati selama beberapa tahun terakhir dan diprediksi tetap banjir peminat di masa depan.

Rumah Tumbuh 

Rumah tumbuh adalah pilihan terbaik rumah milenial saat ini. Sesuai namanya, rumah tumbuh adalah rumah yang dapat dibangun secara bertahap menyesuaikan kondisi pemilik atau penghuni, seperti ketersediaan dan kemampuan biaya, penambahan jumlah anggota keluarga, dan sebagainya.

Struktur rumah tumbuh pun sudah disiapkan sejak awal. Misal, Anda menyediakan rumah satu lantai, tetapi struktur dan kekuatan bangunan sudah sengaja didesain untuk dapat dikembangkan hingga menjadi dua bahkan tiga lantai sedari awal.

Rumah Pintar 

Seperti namanya, smart home alias rumah pintar adalah hunian yang menggunakan beberapa teknologi untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan penghuni rumah. Namun, tak berhenti di situ, lewat teknologi tersebut juga diharapkan bisa mendorong produktivitas dan kebahagiaan orang-orang di dalamnya.

Beberapa contoh penerapan teknologi dalam rumah pintar adalah:

  • penguncian pintu menggunakan bluetooth, RFID, sidik jari, dan sebagainya
  • lampu pintar yang dapat menyala dan mati secara otomatis
  • kran air otomatis
  • penyiram tanaman otomatis

Desain Skandinavian 

Ada cukup banyak rumah milenial murah saat ini yang telah menerapkan desain Skandinavian saking banyaknya peminat desain yang terisnpirasi dari iklim dan alam di negara-negara Skandinavia. Sebut saja, Eropa Utara seperti Denmark, Finlandia, Swedia, Greenland, Islandia, Svalbard, dan Norwegia.

Desain ini mempunyai ciri yang sangat khas, seperti:

  • Penggunaan warna-warna netral (putih, krem, dan warna pucat) sebagai warna utama dan dipadankan dengan warna-warna lembut seperti coklat muda, biru muda, dan warna-warna pastel netral.
  • Penggunaan aksen kayu yang hangat dan memberi kesan natural.
  • Memiliki banyak bukaan sehingga menghadirkan penerangan alami yang baik.
  • Detail minimalis, tidak terlalu banyak dekorasi.
  • Mengedepankan konsep fungsional.

Konsep Terbuka 

Satu lagi pilihan terbaik rumah milenial saat ini adalah konsep terbuka. Maksudnya, rumah dengan desain ini tidak memiliki banyak sekat atau pertisi sehingga memberi kesan ruangan yang lebih lega.

Konsep rumah terbuka sebetulnya sudah ada sejak lama dan menjadi bagian dari arsitektur modern sejak 1990-an. Kini, konsep ini pun jadi makin diminati dan relevan dengan ketersediaan lahan yang cukup terbatas.

Nah, itulah beberapa referensi pilihan terbaik rumah milenial yang bisa Anda pertimbangakan untuk ekspansi bisnis properti. Untuk urusan pembiayaan, Dana Syariah menawarkan pembiayaan Dana Konstruksi yang bisa Anda manfaatkan dalam pembangunan prasarana termasuk rumah contoh.

Hubungi tim Dana Syariah untuk informasi selengkapnya dan download aplikasinya di Play Store dan App Store.

Pilihan terbaik rumah milenial

Leave a Reply