7 Cara Menghemat Listrik Dengan Cerdas di Rumah

Rupanya ada banyak cara menghemat listrik di rumah sehingga tagihan bulanan tidak membengkak. Simak selengkapnya di sini!
Cara-Menghemet-Listrik

Tagihan bulanan membengkak? Salah satu taktik menyikapinya ialah dengan cara menghemat listrik. Meski terdengar sulit, namun rupanya ada banyak sekali kiat-kiat sederhana yang bisa dilakukan. Sehingga pemakaian daya akan secara otomatis berkurang bahkan tanpa disadari.

Inilah cara menghemat listrik yang bisa diterapkan di rumah

  1. Gunakan hanya lampu LED

Meski harganya lebih mahal, sebenarnya memakai lampu LED jauh lebih menghemat pemakaian listrik sebesar 30-40 persen dibandingkan lampu biasa. Hal tersebut dikarenakan energi listrik yang diterima LED dimaksimalkan untuk pembentukan cahaya dengan hanya meninggalkan sedikit panas.

Berbeda dengan lampu pijar biasa di mana energi yang diterima sebagian besar diubah menjadi panas sehingga konsumsi listriknya lebih boros. Bandingkan, lampu LED berdaya 3 watt saja sudah setara dengan lampu pijar biasa dengan daya 40 watt.

Selain itu, lampu LED juga sangat awet sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama. Kekuatannya pun patut diacungi jempol. Dengan bodi yang tangguh membuat LED tidak cepat rusak dan tahan banting. Jadi memakai LED merupakan cara menghemat listrik di rumah.

  1. Memaksimalkan penggunaan ventilasi udara

Memang terlihat sepele, namun memaksimalkan penggunaan ventilasi udara akan membuat sirkulasi dalam ruangan lebih lancar. Hal ini bisa mengurangi pemakaian AC sehingga tagihan listrik tidak membengkak. 

Selain itu ventilasi juga bisa menjadi sarana masuknya cahaya sehingga ruangan mendapat penerangan alami. Dengan begitu otomatis pemakaian lampu juga bisa lebih dihemat tanpa disadari.

  1. Cabut kabel-kabel yang masih tercolok di saklar

Ternyata mencolok saklar meski tidak terhubung ke perangkat akan tetap membuat daya mengalir sehingga tagihan listrik bengkak. Cara menghemat listrik di kehidupan sehari-hari bisa dengan segera lepas charger laptop atau smartphone ketika daya sudah terisi penuh. 

  1. Jadwalkan pencucian baju

Mencuci baju terlalu sering tentu juga akan membuat tagihan listrik boros apalagi jika menggunakan mesin cuci. Jadi sebaiknya buatlah jadwal mencuci pakaian agar bisa dicuci sekalian dalam jumlah banyak. Dengan begitu baik pemakaian listrik mau pun air bisa dihemat.

  1. Matikan perangkat elektronik di malam hari

Perangkat elektronik yang dibiarkan menyala selain memancarkan radiasi yang mengganggu kualitas tidur juga cukup boros listrik. Jadi matikan perangkat seperti smartphone, tablet, atau pun televisi di malam hari ketika menjelang tidur. Dengan begitu tagihan listrik bisa dipastikan akan berkurang.

  1. Menaikkan suhu kulkas

Pemilik disarankan menaikkan suhu kulkasnya sedikit di atas standar. Dengan harapan semua bahan tetap terjaga dingin dan segar namun pemakaian listrik bisa dihemat tanpa terasa. 

  1. Bijak menggunakan AC

Di perkotaan yang panas memang penggunaan AC seolah sudah menjadi suatu kewajiban. Namun ternyata AC berisiko menaikkan tagihan listrik yang sangat signifikan. Tetapi dengan menggunakan sedikit cara menghemat listrik AC, pemilik bisa mengirit tagihan pengeluaran daya bulanan, yaitu:

  • Bersihkan saringan secara rutin

Saringan adalah komponen paling penting dalam sebuah AC. Jika filtrasi penuh debu karena tidak dibersihkan maka AC akan bekerja keras menurunkan suhu ruangan. Kinerjanya pun menjadi tidak maksimal dan daya listrik yang dibutuhkan akan meningkat.

  • Pakai AC berteknologi inverter

Inverter merupakan teknologi yang bisa membuat AC mampu menyesuaikan temperatur sesuai dengan suhu ruangan. Jenis ini sangat pas digunakan pada pemakaian terus menerus sepanjang hari karena tidak ribet dalam pengaturan suhunya.

  • Jangan sering dihidup matikan

Menghidup matikan AC berkali-kali dalam sehari malah akan membuat tagihan listrik bengkak. Sebaiknya jika hendak mengeluarkan ruangan dalam waktu sebentar, tidak perlu mematikan AC tapi cukup atur temperaturnya ke suhu ruang saja yakni 25 Celsius.

  • Aktifkan kipas blower pada AC

Biasanya AC juga dilengkapi blower bawaan di dalamnya. Pilihlah suhu ideal kemudian aktifkan kipasnya untuk mengurangi pemakaian listrik. Caranya dengan mengaktifkan tombol fan pada remote, maka suhu ruangan pun bisa tetap sejuk dan nyaman meski pada suhu ruang.

Tips di atas bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun yang terpenting dibutuhkan komitmen untuk benar-benar melakukannya. Tidak hanya melegakan urusan kantong, tetapi mengirit daya juga merupakan salah satu langkah peduli lingkungan.

Yuk ajukan pembiayaan untuk renovasi melalui Danasyariah, tersedia tenor hingga maksimal 10 tahun terbuka untuk berbagai kalangan (syarat & ketentuan berlaku). Silahkan tanya-tanya terkait program pembiayaan renovasi melalui Danasyariah, bisa melalui website ataupun mobile apps. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi melalui kana-kanal resmi Danasyariah.  

Leave a Reply