10 AI Tools untuk Membantu Produktivitas Kerja

ChatGPT adalah salah satu AI tool yang paling populer saat ini. Pasalnya, kecerdasan buatan satu ini bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan banyak tugas dan pekerjaan. Namun selain ChatGPT, masih ada banyak AI tools lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

10 AI Tools untuk Membantu Produktivitas Kerja

AI Tools

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah AI tools yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja.

1. ChatGPT

ChatGPT merupakan AI tool yang paling banyak digunakan di Indonesia. Menurut data, hampir setengah atau sekitar 45% pekerja dan penguasa di Tanah Air menggunakan aplikasi AI dan ChatGPT digunakan oleh sebanyak 52% partisipan riset.

ChatGPT sendiri sudah seperti asisten virtual canggih yang bisa menjawab pertanyaan, membantu menyelesaikan pembuatan dokumen seperti laporan dan presentasi, hingga mempercepat proses komunikasi. 

2. Perplexity AI

Perplexity AI menawarkan asisten virtual berbasis AI untuk menyediakan informasi dan menjawab pertanyaan dengan cepat dari berbagai sumber. Tool satu ini bisa digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan, merangsang ide-ide kreatif, dan mengotomatisasi tugas-tugas administratif yang sifatnya berulang. Dengan akses ke sumber informasi yang luas dan kemampuan analisis yang mumpuni, Perplexity AI memastikan informasi yang dibutuhkan pengguna bisa didapatkan dengan cepat dan akurat.

3. Bard

Bard adalah asisten AI buatan Google dan tool ini bisa sangat berguna bagi tim yang membutuhkan inspirasi dan bantuan dalam mengembangkan ide-ide menarik. Bard juga bisa digunakan untuk melakukan analisis data dan memprediksi tren, membantu sesi brainstorming, serta manajemen proyek sekaligus perencanaan yang strategis. Dengan Bard, tim bisa mengidentifikasi adanya peluang dan risiko dengan lebih cepat, menciptakan ide-ide inovatif, dan memastikan target serta tenggat waktu tercapai dengan efektif dan efisien.

4. Stable Diffusion

Stable Diffusion merupakan AI tool yang bisa digunakan untuk mengubah deskripsi teks menjadi gambar. Alat ini memungkinkan pengguna untuk bisa membuat gambar dengan cepat dan inovatif. AI ini bisa sangat berguna bagi yang tidak memiliki kemampuan desain grafis tetapi memerlukan solusi cepat untuk kebutuhan grafis. Stable Diffusion juga bisa digunakan untuk personalisasi konten dan inovasi dalam presentasi dan pembuatan laporan yang mengandung elemen visual sehingga lebih menarik.

5. DALL-E 2

DALL-E 2 merupakan AI tool dari OpenAI yang fungsinya sama seperti Stable Diffusion, yakni untuk mengubah deskripsi teks menjadi gambar yang menarik dan unik. Alat ini bisa digunakan untuk menghasilkan aset visual yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemasaran, desain produk, maupun media sosial.

Hanya saja penggunaan gambar AI untuk tujuan komersialisasi menimbulkan banyak pro dan kontra. Para seniman digital sangat menyayangkan penggunaan gambar AI karena hasil gambar yang diproduksi AI pada dasarnya dibuat menggunakan data atau karya para seniman tanpa seizin mereka. Namun tak ada salahnya bila gambar AI digunakan untuk pribadi dan bukan untuk dikomersialkan.

6. Jasper

Jasper adalah salah satu AI tool yang bisa digunakan untuk membantu pembuatan konten berupa tulisan, baik itu tulisan pemasaran, blog, atau media sosial. Alat ini bisa digunakan oleh tim pemasaran maupun kreator konten untuk menciptakan konten dengan cepat, menjaga kualitas sekaligus konsistensi brand voice, dan juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Di samping itu, Jasper bisa dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kecepatan dan kualitas pembuatan konten, brainstorming ide, hingga otomatisasi email.

7. Copy AI

Bagi penulis, khususnya copywriter, Copy AI bisa menjadi AI tool yang dapat diandalkan. Alat satu ini bisa menghemat waktu dan sumber daya yang umumnya digunakan dalam proses penulisan kreatif.

Bila digunakan secara benar, Copy AI bisa menghasilkan teks seperti copy iklan, konten media sosial, maupun deskripsi produk. Alat ini juga bisa membantu memperbaiki SEO dan meningkatkan keterlibatan target audiens yang pada akhirnya bisa berimbas pada peningkatan penjualan dan juga branding.

Namun apa yang dihasilkan oleh Copy AI masih membutuhkan polesan manusia. Pasalnya, hasil tulisan dari AI, seperti Copy AI, sering kali tidak memiliki ‘nyawa’ atau ‘human touch’ layaknya tulisan yang murni ditulis oleh manusia.

8. Eleven Labs

Eleven Labs adalah salah satu AI tool yang bisa digunakan untuk membantu pembuatan konten audio seperti podcast atau voice over untuk konten video. Dengan kemampuannya untuk menghasilkan suara yang jernih dan alami, Eleven Labs bisa meningkatkan kualitas produksi audio dan memperkaya pengalaman audiens.

9. Midjourney

AI tool selanjutnya yang dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja adalah Midjourney. Sama seperti beberapa AI tool di atas, Midjourney dapat membantu menghasilkan konten visual kreatif dari deskripsi teks. Alat ini bisa menjadi pilihan ideal untuk menggarap proyek-proyek presentasi atau pembuatan dokumen yang memerlukan visualisasi ide maupun konsep dengan cara yang menarik dan inovatif.

Bila digunakan dengan bijak, Midjourney bisa membantu tim dalam melakukan brainstorming konsep kreatif, peningkatan materi komunikasi, hingga mempercepat proses desain. Dengan begitu, tim bisa menghasilkan produk visual dalam waktu singkat tanpa harus mengorbankan kualitas. Namun ingat, jangan pernah menggunakan AI untuk membuat elemen visual dengan tujuan komersial. Kamu bisa menggunakan alat seperti Midjourney untuk membantu visualisasi presentasi atau konsep penjabaran agar terlihat lebih menarik.

10. Word AI

Terakhir, ada Word AI yang juga bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja, khususnya untuk pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan dan penyuntingan. Dokumen seperti proposal bisnis, laporan, hingga konten pemasaran bisa diperbaiki secara otomatis menggunakan Word AI. Kesalahan dalam ejaan maupun tata bahasa bisa diperbaiki dengan mudah menggunakan Word AI sehingga bisa meningkatkan kualitas dan profesionalisme teks. Dengan Word AI, maka pengguna bisa menghemat waktu dan tenaga yang biasanya dihabiskan untuk menyunting teks.

Itulah beberapa AI tools yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas, menghemat waktu, dan meningkatkan kualitas pekerjaan. AI tools seperti yang disebutkan di atas bisa digunakan dalam berbagai aspek kerja, mulai dari penulisan, desain visual, hingga analisis data. Dengan begitu, karyawan bisa fokus pada pekerjaan yang lebih kompleks. Namun penggunaan AI tetap harus sesuai dengan regulasi yang berlaku dan tidak melanggar ketentuan.

Leave a Reply