7 Artis Ibu Kota Ini Tekuni Bisnis Properti, Siapa Saja?

7 Artis Ibu Kota Ini Tekuni Bisnis Properti, Siapa Saja?

Properti adalah salah satu industri penggerak perekonomian negara. Di Indonesia, industri properti kian berkembang pesat setelah diterjang badai pandemi. Kini, banyak individu tertarik terjun ke dunia properti. Tak hanya dari kalangan pengusaha, artis ibu kota pun turut meramaikan pasar properti Tanah Air.

Artis-artis tersebut membuktikan bahwa popularitas dan kreativitas mereka tak hanya sebatas di panggung hiburan, tapi juga di ranah bisnis properti. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tujuh artis Indonesia yang menggeluti bisnis properti.

7 Artis Indonesia yang Memiliki Bisnis Properti

Bisnis Properti

Berikut adalah tujuh artis ibu kota yang memiliki bisnis properti.

1. Raffi Ahmad

Siapa sih yang tidak mengenal Raffi Ahmad? Artis yang selalu meramaikan layar kaca televisi Indonesia ini ternyata juga memiliki bisnis properti. Kabarnya, Raffi mengaku tertarik dengan dunia properti sebagai persiapan finansial untuk hari tua nanti.

Sebelum terjun ke properti, Raffi sempat menjajal bisnis otomatif. Mengingat harga kendaraan cenderung fluktuatif, dia lalu beralih ke properti. Sebab, properti lebih bisa menghasilkan pendapatan stabil dan bebas inflasi.

Salah satu proyek properti milik Raffi ialah Hardy Land Property and Resort di Nusa Dua, Bali. Raffi memilih Bali dengan alasan bahwa provinsi tersebut memiliki pertumbuhan properti yang baik setiap tahunnya. Dia juga membangun dua bangunan berarsitektur khas Bali dengan sentuhan modern yang mewah untuk menarik pembeli.

Selain di Bali, Raffi juga memiliki sejumlah unit apartemen di Forzaland, One Azzure, dan One Casablanca Residence yang berlokasi di Jakarta Selatan. Dia membeli sejumlah properti saat belum dijual secara resmi atau tahap pre-launch untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Nah, selain di Jakarta, Raffi juga memiliki beberapa investasi properti di Lembang, Bandung.

2. Tukul Arwana

Tukul Arwana adalah pelawak andal yang sering berseliweran di televisi swasta Tanah Air. Meskipun kini Tukul jarang muncul di televisi karena kondisi kesehatannya, ternyata Tukul masih memiliki pemasukan tetap dari bisnis propertinya.

Melalui kanal YouTube Atta Halilintar, Tukul blak-blakan bahwa dia memiliki sekitar 200 kontrakan yang tersebar di sejumlah lokasi di Jabodetabek. Selain di Jabodetabek, Tukul diketahui memiliki kontrakan di daerah Bintaro dan Ciledug. Dia juga mengaku memiliki lahan di kawasan Grand Kahuripan dan Sawangan Golf.

Keputusan Tukul untuk terjun ke dunia properti tak hanya membantu memitigasi risiko kerugian dari bisnis hiburan yang cenderung fluktuatif. Namun keputusannya tersebut juga membawanya menuju ke arah diversifikasi portfolio investasi yang cerdas.

3. Nikita Willy

Artis ibu kota selanjutnya yang memiliki bisnis properti adalah Nikita Willy. Artis yang pernah membintangi banyak judul sinetron sukses ini terjun ke dunia properti dengan dukungan ibunya. Nikita memilih untuk mengalokasikan sebagian pendapatannya dari dunia hiburan untuk membeli tanah yang kemudian diubah menjadi properti hunian untuk bisa dijual kembali.

Beberapa proyek yang dimiliki Nikita berlokasi di kawasan Jatiwaringin, Jakarta Timur. Nikita menghadapi tantangan dalam mengelola bisnis tersebut hingga akhirnya memutuskan untuk membangun kompleks perumahan yang bernama Winona Residence.

Nikita sendiri aktif terlibat dalam perancangan desain perumahannya. Sementara ibunya memantau proses pembangunan hingga pemasaran. Dalam perancangannya sendiri, Nikita bekerja sama dengan arsitek lulusan ITB sehingga menghasilkan desain perumahan yang indah dan fungsional.

4. Tamara Bleszynski

Tamara Bleszynski adalah salah satu artis papan atas Indonesia. Kini, Tamara jarang muncul di televisi karena menetap di Bali untuk mengasuh anak dari pernikahnya dengan Mike Lewis. Di Bali, Tamara memiliki bisnis properti komersial berupa vila.

Tamara mengaku sudah menetap di Pulau Dewata Bali sejak 2012 untuk menjalankan bisnis properti dan restoran. Dia diketahui memiliki sejumlah lahan dan beberapa penginapan di Sanur, Bali.

Kepiawaian Tamara dalam mengurus bisnis properti bukanlah hal yang baru. Kemampuannya tersebut ternyata menurun dari ayahnya, Zbigniew Bleszynski yang kabarnya adalah salah satu pendiri Hotel Bukit Indah Puncak.

5. Cynthiara Alona

Cynthiara Alona terungkap juga memiliki bisnis di bidang properti. Artis kelahiran Aceh tersebut memulai usaha properti pada tahun 2009 dengan modal seadanya. Bisnis yang dia dirikan berupa indekos bernama Kia Residence.

Sukses dengan indekos pertama, Cynthiara mengembangkan bisnisnya dengan membuka indekos kedua di Jakarta dan Bali. Dia juga membeli lahan untuk dijadikan vila di Bali. Tak hanya itu, kabarnya Cynthiara juga memiliki sejumlah unit apartemen khusus untuk disewakan.

Hingga kini, Cynthiara bisa dibilang telah berhasil meraih kesuksesan dalam bidang properti. Meskipun demikian, usahanya tersebut tak lepas dari berbagai tantangan akibat kondisi pasar properti maupun hal lainnya. 

6. Titi Kamal dan Christian Sugiono

Titi Kamal dan Christian Sugiono adalah salah satu pasangan selebritas ternama di Indonesia. Titi dan Tian, begitu panggilan mereka, juga berhasil meraih kesuksesan di bidang properti. Pasangan ini telah mengembangkan banyak proyek properti komersial di berbagai daerah di Tanah Air, seperti Jakarta, Bandung, dan Bali.

Titi dan Tian berkolaborasi dengan pengembang properti dan arsitek berpengalaman untuk mewujudkan visi dan misi bisnis properti mereka. Hasilnya, produk properti mereka menjadi salah satu pilihan menarik di pasaran.

Titi dan Tian menjadi contoh lain bahwa kreativitas dan inovasi dalam bisnis properti tak kalah pentingnya daripada di dunia hiburan. Keberhasilan mereka dalam bisnis properti menjadi ilham bagi banyak orang untuk memandang selebritas tak hanya sebagai figur publik, tapi juga sebagai pengusaha yang serius.

7. Maia Estianty

Maia Estianty adalah figur publik Tanah Air yang mencapai ketenaran sebagai penyanyi dari anggota grup musik terkenal. Maia memang sudah tidak aktif sebagai penyanyi tapi lebih aktif sebagai pebisnis. Salah satu bisnis yang dia geluti adalah properti, khususnya produk properti mewah seperti apartemen.

Maia tidak membangun properti apartemen, melainkan membelinya kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Bedanya, unit apartemen yang dia jual belikan memiliki interior mewah dan elegan karena ditujukan untuk masyarakat menengah ke atas.

Jadi, tak heran bila keuntungan yang didapatkan Maia bisa mencapai ratusan juta dari hasil menjual satu unit apartemen saja. Di sisi lain, Maia dekat dengan para artis sosialita dan pebisnis sukses di Indonesia. Sebab itu, bisnis propertinya mudah dilirik oleh calon konsumen yang prospektif.

Itulah tujuh artis Indonesia yang telah membuktikan bahwa kesuksesan mereka tak berhenti di dunia hiburan saja. Mereka sadar bahwa dunia hiburan adalah ladang bisnis yang fluktuatif. Sebab itu, mereka memproduktifkan pendapatan dari dunia hiburan untuk berbisnis di bidang properti yang terkenal cukup menguntungkan. 

Leave a Reply