Beli Rumah Kredit, Bisa Tetap Tenang? Ini Caranya!

Memiliki rumah sendiri adalah salah satu target dan impian banyak individu, baik yang sudah maupun belum menikah. Adanya layanan beli rumah kredit pun jadi solusi untuk mewujudkan cita-cita ini terutama di tengah harga properti yang terus meningkat.

Namun, beberapa orang merasa ragu untuk melakukan pembelian rumah secara kredit kendati penyedia KPR terus bertambah dan cara beli rumah KPR makin mudah. Mereka pun memilih untuk mengumpulkan dana untuk membeli rumah secara tunai sehingga merasa lebih tenang.

Tips Beli Rumah Kredit dengan Tenang 

Beli Rumah Kredit
Sumber : Envato

Membeli rumah secara tunai memang cenderung membuat perasaan lebih tenang karena tak ada beban yang harus ditanggung. Anda pun dapat fokus mengatur keuangan dan membagi pos-pos pengeluaran untuk hal-hal lainnya.

Walau begitu, beberapa hal yang kerap jadi pertimbangan membeli rumah secara tunai adalah:

  • Anda harus menabung dalam kurun waktu cukup lama.
  • Nilai inflasi yang cenderung meningkat setiap tahun.
  • Harga properti (termasuk rumah) yang relatif meningkat tiap tahun.

Maka dari itu, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk beli rumah kredit. Anda pun bisa tetap menjalani hari dengan tenang dengan mengikuti beberapa hal berikut ini.

1. Sesuai Kebutuhan 

Sebetulnya, tidak ada waktu terlambat untuk memiliki sebuah hunian sendiri. Anda pun tidak harus berpatokan pada standar yang dibentuk oleh masyarakat mengenai kapan waktu ideal harus memiliki rumah.

Belilah rumah sesuai kebutuhan Anda. Seperti contoh, jika saat ini Anda telah memutuskan untuk menetap di suatu daerah dan perlu memiliki tempat tinggal yang tetap bersama keluarga (apalagi jika si kecil juga sudah memasuki usia sekolah), maka membeli rumah bisa jadi sudah termasuk kebutuhan. 

Tak dapat dimungkiri, makin awal memiliki rumah akan lebih baik karena biaya yang terus naik. Meski demikian, selalu kembalikan pada kondisi dan prioritas Anda. Jangan sampai Anda hanya membeli rumah lantaran mengikuti bisikan orang lain sementara sebetulnya ada kebutuhan lain yang harus Anda prioritaskan terlebih dahulu.

Satu hal penting lainnya adalah belilah rumah sesuai kebutuhan Anda. Seperti contoh Anda saat ini hanya membutuhkan kamar tidak sebanyak dua ruangan, maka tak perlu memaksa diri membeli rumah dengan lima kamar tidur. Sebagai alternatif, Anda bisa membeli rumah dengan konsep tumbuh.

2. Atur Biaya dan Kemampuan 

Salah satu cara membeli rumah dengan KPR agar cepat disetujui adalah dengan menyiapkan dana dan perencanaan keuangan yang cukup. Pasalnya, salah satu alasan umum KPR ditolak adalah penghasilan yang tidak cukup.

Cari tahu besarnya biaya rumah yang Anda inginkan beserta biaya-biaya lainnya. Setelah itu, Anda bisa membuat perhitungan besarnya uang muka alias DP yang harus dibayarkan (dan beberapa biaya di awal seperti uang tanda jadi) serta cicilan sesuai masa tenor yang tersedia.

Makin besar DP yang Anda bayarkan, makin kecil cicilan yang harus dilunasi. Makin lama masa tenor yang dipilih, makin kecil biaya cicilan per bulannya. Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan apakah mampu untuk melunasi cicilan dalam jangka waktu tersebut.

Di sisi lain, ingat bahwa Anda juga masih memiliki kebutuhan lain yang tak mungkin ditinggalkan begitu saja, seperti biaya makan, listrik, dan air bulanan, iuran asuransi, biaya sekolah anak, dan masih lainnya.

3. Perhatikan Aspek Kualitas 

Kini ada banyak pengembang yang menawarkan beli rumah kredit murah. Namun, tak sedikit pula pembeli yang kemudian mengeluhkan berbagai masalah, mulai dari detail pengerjaan yang tidak rapi, dinding tipis, dan sebagainya.

Selain bangunan rumah, lingkungan sekitar juga perlu Anda perhatikan; cek apakah area tersebut bebas banjir, longsor, dan sebagainya. Sistem drainase di lingkungan tersebut juga jangan sampai terlewat untuk Anda perhatikan.

Tak ketinggalan, keamanan lingkungan tempat tinggal harus jadi prioritas Anda pula. Seperti contoh, ada berapa pintu atau akses jalan untuk mencapai lingkungan perumahan, bagaimana kondisi dari rumah menuju daerah pusat kota lainnya, bahkan penerangan di area sekitar perlu Anda pertimbangkan dengan matang.

4. Gunakan Kredit Syariah 

Terakhir, gunakan layanan kredit syariah sebagai cara membeli rumah KPR agar pikiran dan hati tetap tenang. Dengan berlandaskan prinsip-prinsip sesuai ketentuan agama, Anda tak perlu khawatir adanya riba yang melanggar syariat Islam.

Hal ini karena kredit rumah syariah tidak menggunakan dan bergantung pada suku bunga Bank Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir biaya cicilan yang tiba-tiba naik. Dengan begitu, Anda bisa memperhitungkan dan mempersiapkan lebih matang biaya pelunasan rumah.

Jika Anda melunasi di awal sebelum tempo selesai, maka tak ada denda yang akan dikenakan. Dengan begitu, hati jadi jauh lebih tenang tanpa harus mengeluarkan biaya berlebihan.

Untuk membantu Anda beli rumah kredit dengan tenang tanpa melanggar syariat, Dana Syariah hadir dengan layanan pembiayaan Dana Rumah. Prosesnya mudah dan cepat; Anda bahkan bisa melakukan pengajuan DP 0%.

Download gratis Dana Syariah di Play Store atau App Store sekarang dan ajukan pembiayaan syariah untuk hunian idaman Anda.

Beli rumah kredit

Leave a Reply