Cara Cerdas Mengatur Anggaran Liburan Tanpa Utang

Cara Cerdas Mengatur Anggaran Liburan Tanpa Utang

Musim liburan telah tiba dan kini saatnya kamu menyiapkan anggaran untuk berlibur bersama orang-orang terkasih. Namun, berlibur saat peak season membutuhkan bujet yang lebih mahal dibanding saat low season. Sebab, harga tiket akomodasi dan tempat wisata bakal naik saat akhir tahun atau musim liburan.

Jangan sampai niat untuk healing malah berujung pusing karena anggaran yang kamu siapkan kurang. Pada dasarnya, agenda liburan seyogianya disesuaikan dengan kemampuan finansial dan anggaran yang ada. Di sisi lain, liburan juga tak harus selalu memakan banyak anggaran karena yang paling utama adalah momen liburan itu sendiri.

Tips Mengatur Anggaran Liburan Tanpa Utang

Mengatur Anggaran Liburan

Membuat anggaran khusus untuk liburan merupakan kunci untuk bisa mendapatkan momen liburan yang mengesankan. Dengan menggunakan anggaran pula, kamu terbebas dari yang namanya utang. Jelas tidak ada yang mau dong berutang untuk bujet liburan.

Untuk itu, kamu wajib tahu bagaimana caranya membuat anggaran liburan agar kamu tidak perlu pusing berutang atau menghabiskan banyak uang. Mau tahu caranya? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tentukan bujet maksimum

Menyusun anggaran untuk liburan tidak boleh disesuaikan dengan destinasi liburan yang kamu mau. Sebab, beberapa objek wisata bisa saja lebih mahal dari perkiraan, mulai dari biaya transportasi, akomodasi, hingga makan.

Jadi, alangkah baiknya bila kamu menetapkan bujet maksimum yang sesuai dengan kemampuan finansial. Dengan begitu kamu bisa menentukan tujuan wisata yang cocok dengan bujet yang sudah kamu tetapkan. Selanjutnya, lakukan riset singkat untuk mendapatkan tawaran terbaik, misalnya dengan menggunakan platform travel tertentu atau kode diskon yang biasanya ditawarkan oleh influencer.

Sementara itu, untuk mengetahui apakah bujet maksimum yang kamu tentukan sudah tepat atau belum, ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yakni:

  • Menyiapkan anggaran berdasarkan anggaran bulanan: Cari tahu berapa banyak penghasilan yang bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan tabungan liburan. Selanjutnya, kalikan nominal dana dengan jumlah bulan dari awal kamu menabung hingga liburan tiba.
  • Menyiapkan anggaran berdasarkan pendapatan tahunan: Total seluruh penghasilan bulanan selama setahun dan tentukan berapa persen yang mau kamu gunakan untuk liburan. Itulah anggaran maksimum untuk liburan.

2. Pilih tujuan wisata

Tak sedikit orang yang tergoda dengan promo tiket pesawat saat ingin pergi liburan. Hal ini bisa saja membuat kamu melenceng dari agenda liburan yang sudah kamu rencanakan jauh-jauh hari. Jadi, sebaiknya tahan diri untuk tidak tergoda dengan murahnya tiket maskapai penerbangan bila bujet liburan kamu belum sepenuhnya terkumpul.

Pilihlah tujuan wisata yang sesuai dengan bujet yang kamu siapkan. Gunakan Google dan ketik “liburan budget sekian”, misalnya 1 juta atau mungkin lebih dari itu. Hal ini bisa menjadi cara praktik dan tepat untuk mendapatkan inspirasi liburan yang menarik dan sesuai kantong. 

3. Total biaya

Setelah menentukan tujuan liburan, kamu harus mencari tahu rata-rata anggaran yang diperlukan untuk menuju ke tempat wisata tersebut. Hal ini termasuk jenis dan biaya untuk transportasi serta penginapan.

Catat satu per satu biaya yang harus kamu keluarkan, misalnya untuk tiket bus, penerbangan, penginapan, dan lain sebagainya. Soal penginapan, pilih yang sesuai dengan gaya liburan kamu. Kalau kamu mau pindah dari satu tempat ke tempat lainnya, mungkin hostel atau hotel murah bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bila kamu hanya ingin liburan di satu wilayah saja, pilih homestay atau villa.

4. Jangan lupakan pengeluaran-pengeluaran kecil

Langkah selanjutnya dalam menyiapkan anggaran liburan adalah mencatat anggaran untuk hal-hal kecil, seperti:

  • Keperluan makan (berat dan ringan)
  • Biaya administrasi seperti visa dan paspor bila diperlukan
  • Tiket untuk masuk ke objek wisata
  • Anggaran untuk oleh-oleh
  • Kebutuhan khusus saat dalam perjalanan

Seluruh kebutuhan di atas termasuk wajar dan memang harus dikeluarkan bila kmu liburan. Jadi, alangkah baiknya untuk menyusun anggaran liburan lebih besar dibanding semuanya harus pas-pasan. Lagi pula, bila ada sisa dari anggaran tersebut, kamu bisa menabungnya kembali untuk kebutuhan liburan di periode selanjutnya.

5. Tentukan waktu untuk menabung

Kalau kamu sudah menetapkan jumlah anggaran dan kapan akan liburan, selanjutnya kamu harus mulai menabung dari sekarang. Setiap bulan, kamu harus mengalokasikan sekian persen dari penghasilan untuk keperluan tersebut.

Sebagai contoh, kamu ingin liburan dengan bujet maksimal Rp10 juta. Ini artinya, kamu harus menabung sebanyak Rp840 ribu per bulan selama satu tahun. Kamu juga bisa loh memulainya dengan nominal besar sehingga kamu bisa memesan tiket akomodasi lebih awal supaya mendapatkan harga murah.

Rekomendasi Liburan Terjangkau Biar Gak Utang

Mengatur Anggaran Liburan

Pada dasarnya, semua orang butuh liburan untuk merilekskan kembali pikiran yang penuh karena aktivitas sehari-hari. Kalau kamu merasa hanya punya bujet pas-pasan, tetapi tetap ingin liburan, ada beberapa rekomendasi liburan terjangkau yang bisa kamu pilih:

  • Mengunjungi keluarga: Buat anak rantau, opsi satu ini bisa menjadi pilihan liburan yang murah. Kalaupun kamu bukan anak rantau, kamu tetap bisa berkunjung ke kerabat yang rumahnya jauh dari tempat tinggal kamu. Kamu bisa mengajak keluarga lainnya agar suasana menjadi lebih seru.
  • Staycation: Kata siapa sih liburan harus keluar kota? Cobalah untuk mengeksplor daerah tempat tinggal kamu sendiri, terutama kawasan-kawasan yang belum pernah kamu kunjungi. Selain hemat di pengeluaran, alternatif liburan ini juga akan membuat kamu bisa lebih mengapresiasi tempat tinggal kamu.
  • Camping: Berkemah juga bisa menjadi salah satu pilihan liburan yang murah meriah, terlebih bila kamu sudah memiliki perlengkapan dan peralatan kemah. Namun, kalau kamu tidak memilikinya, kamu masih bisa menyewa di toko-toko perlengkapan outdoor. Sebagai catatan, opsi liburan satu ini ada baiknya dilakukan saat musim kemarau untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Rekomendasi di atas bisa kamu pertimbangkan bila kamu ingin liburan dengan bujet minim. Namun, kalau kamu ingin mengunjungi suatu tempat yang membutuhkan biaya besar, maka ada baiknya kamu menerapkan tips mengatur anggaran liburan yang sudah dijelaskan di atas. Tujuannya agar kamu terhindar dari yang namanya utang dan kamu bisa lebih menikmati suasana liburan.

Leave a Reply