Meromantisasi Hidup: Cara Mudah untuk Menemukan Kebahagiaan

Di tengah kesibukan sehari-hari, sering kali kita melupakan banyak hal-hal kecil yang sebenarnya bisa membawa kebahagiaan. Terlebih kita sekarang hidup di era digital yang menuntut semua orang untuk selalu bisa beradaptasi dengan perubahan yang cepat. Akibat terlalu fokus pada rutinitas yang bersifat “autopilot”, kebahagiaan yang seharusnya menjadi prioritas dalam hidup pun akhirnya terabaikan.

Definisi tentang kebahagiaan itu sendiri sangatlah subjektif, tetapi bisa diciptakan dan dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan meromantisasi hidup.

Apa Itu Meromantisasi Hidup?

Meromantisasi Hidup

Meromantisasi hidup adalah konsep menghargai apa yang dimiliki dan dijalani serta membuat setiap momen sederhana menjadi lebih indah dan berkesan. Konsep ini bukan soal melakukan hal-hal yang bersifat mewah atau mahal, melainkan tentang menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil dan sederhana.

Beberapa orang mungkin masih menganggap bahwa meromantisasi ada kaitannya dengan tindakan-tindakan romantis yang ditujukan kepada orang-orang terkasih. Memang benar, tetapi tindakan romantis juga bisa dilakukan kepada diri sendiri. Dengan meromantisasi setiap hal sederhana dalam hidup, kebahagiaan bisa tercipta.

Banyak riset menunjukkan bahwa kebahagiaan bersifat subjektif dan tidak melulu soal apa yang kamu punya atau kamu capai. Namun kebahagiaan juga soal sikap kamu, hubungan yang kamu jalin dengan orang lain, dan bagaimana kamu memandang dan berinteraksi dengan lingkungan sekelilingmu.

Misalnya, mensyukuri semua hal baik dalam hidupmu sangat erat kaitannya dengan kebahagiaan. Banyak riset menunjukkan bahwa orang yang selalu bersyukur adalah orang-orang yang bahagia, optimis, dan sehat secara fisik dan mental. Kebahagiaan bisa diciptakan melalui hal-hal kecil yang mungkin selama ini kamu anggap sepele. Itulah yang dinamakan meromantisasi hidup.

Cara Meromantisasi Hidup Agar Bahagia

Meromantisasi Hidup

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk meromantisasi hidup agar lebih bahagia.

1. Membuat playlist lagu sesuai suasana hati

Musik telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Alunan melodi yang merdu dapat memengaruhi perasaan dan emosi dalam tingkat yang cukup mendalam. Seorang ahli psikologi musim, Daniel J. Levitin berpendapat bahwa musik mampu mengubah mood atau suasana hati melalui stimulasi otak dan dapat memengaruhi bagian otak yang berhubungan dengan emosi, perhatian, dan ingatan.

Membuat playlist yang sesuai dengan mood atau preferensi lagu bisa menjadi cara sederhana untuk menciptakan kebahagiaan dan ketenangan. Secara garis besar, musik adalah alat yang kuat untuk meromantisasi hidup karena membawa kamu menuju pada kenangan indah atau bahkan menginspirasi pikiran-pikiran positif melalui irama, lirik, dana nada.

2. Memakai pakaian favorit

Tak ada salahnya untuk memakai pakaian favorit meskipun hanya di rumah. Pakaian yang kamu sukai bisa menciptakan mood yang positif dan memberikan rasa percaya diri. Merasa nyaman dan bahagia dengan apa yang kamu pakai juga bisa membuat hari-hari dalam hidup terasa lebih menyenangkan. Terlebih pakaian tak hanya soal fungsi, tetapi juga bentuk ekspresi diri yang dapat memperkuat identitas sekaligus rasa puas terhadap diri sendiri.

3. Melakukan hobi

Mengejar ambisi yang berkaitan dengan karier atau pendidikan bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan fisik maupun mental. Dengan meluangkan waktu untuk melakukan hobi atau kegiatan yang kamu sukai, hati akan lebih bahagia dan pikiran terasa lebih rileks.

Menjalani hobi juga menjadi cara sederhana untuk mengisi kembali energi yang habis. Kamu juga bisa melakukannya untuk mengembalikan semangat dalam hidup. Tak hanya itu, hobi yang ditekuni juga bisa membantu kamu meningkatkan kreativitas, memperluas koneksi, dan bahkan menemukan tujuan baru yang membuat hidup lebih bermakna.

4. Bersih-bersih rumah atau kamar

Rumah atau kamar yang rapi dan teratur bisa meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan. Merapikan rumah, menata ulang kamar tidur, dan lain sebagainya bisa menjadi aktivitas untuk merilekskan pikiran. Di samping itu, ruangan yang bersih dan rapi juga bisa membuat ruangan terasa seperti baru dan lebih segar. Ruangan yang rapi dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan emosional.

5. Menikmati kondisi alam sekitar

Menghabiskan waktu di alam dapat memberikan efek yang menenangkan. Kegiatan seperti berjalan-jalan di taman, jalan-jalan melihat sawah, duduk di tepi pantai, atau menyaksikan matahari terbit bisa membantu mengurangi stres dan menjaga kondisi pikiran agar tetap positif.

Alam sendiri memiliki kekuatan yang seolah dapat menyegarkan jiwa dan memberikan perspektif baru mengenai hidup. Interaksi dengan alam juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, meningkatkan suasana hati, dan bahkan memperbaiki kualitas tidur. Dengan berada di alam, seseorang bisa merasakan betapa ajaibnya dunia yang kerap kali terlupakan karena kesibukan sehari-hari.

6. Merayakan hal-hal kecil

Tak harus menunggu ulang tahun atau mendapat pencapaian tertentu untuk merayakan momen dalam hidup. Merayakan pencapaian sederhana seperti menyelesaikan pekerjaan, bisa mencapai target tabungan, atau bahkan berhasil melalui hari yang sulit bisa memberikan perasaan bahagia.

Perayaan kecil juga bisa menjadi bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Sekecil apa pun itu, menghargai pencapaian diri tanpa harus meminta validasi dari orang lain adalah bagian penting dari mencintai diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan belajar akan belajar untuk lebih menghargai proses dan perjalanan, bukan hanya hasil akhir. Cara ini bisa membantu kamu untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur dan merasa puas dalam jangka waktu yang lebih lama.

7. Fokus pada saat ini

Kekhawatiran tentang masa depan atau penyesalan tentang masa lalu bisa membuat seseorang sulit untuk menikmati hidup saat ini. Dengan meromantisasi apa yang sedang kamu lakukan saat ini juga, maka kamu bisa menikmati setiap momen yang ada.

Dengan fokus pada saat ini, hidup akan terasa lebih penuh dan memuaskan. Kamu juga akan belajar merasakan keindahan atau keajaiban dari hal-hal yang selama ini kamu anggap biasa atau bahkan sepele.

Jadi, itulah beberapa cara untuk meromantisasi hidup agar lebih bahagia. Meromantisasi hidup adalah soal menemukan kebahagiaan dalam setiap momen, sekecil apa pun itu. Dengan menghargai dan menikmati hal-hal sederhana dalam aktivitas sehari-hari, maka kamu bisa menciptakan rasa puas yang lebih mendalam dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Reply