Daftar 10 Makanan Indonesia Terbaik 2023 Versi TasteAtlas

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, tradisi, dan tentu saja kuliner. Mulai dari Sabang hingga Merauke, setiap daerah memiliki hidangan khasnya masing-masing dan mencerminkan keanekaragaman rempah sekaligus bahan pangan lokal.

Beragam kuliner khas Nusantara pun kerap diakui oleh dunia internasional. Salah satunya adalah melalui laman TasteAtlas yang terkenal dengan ulasan dan peringkat makanan tradisional dari berbagai belahan dunia. Pada 2023, TasteAtlas merilis Top 100 Indonesian Foods berdasarkan penilaian dari ribuan pengguna.

10 Makanan Indonesia Terbarik 2023 Versi TasteAtlas

Makanan Indonesia Terbaik

Artikel kali ini tidak akan membahas 100 makanan Indonesia terbaik versi TasteAtlas, melainkan 10 makanan yang berada di peringkat paling tinggi. Penasaran apa saja makanan tersebut? Simak selengkapnya di sini.

1. Siomay

Siomay menempati posisi teratas dalam daftar makanan Indonesia terbaik versi TasteAtlas. Hidangan ini bisa dibilang merupakan salah satu kudapan atau jajanan kaki lima favorit banyak orang.

Siomay umumnya terdiri dari campuran adonan ikan yang dibentuk menjadi bola-bola dengan ukuran kecil, kemudian dikukus lalu disajikan dengan aneka pelengkap. Biasanya pelengkapnya adalah kentang, tahu, pare, dan telur.

Hidangan ini menjadi makin nikmat karena disiram dengan saus kacang yang gurih, legit, dan sedikit pedas. Popularitas siomay tak hanya di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi sudah mulai dikenal di beberapa negara tetangga.

2. Soto Betawi

Soto Betawi merupakan hidangan soto khas Jakarta yang kaya akan rempah-rempah dan mengandung santan. Soto yang satu ini memiliki isian berupa daging sapi dan jeroan yang sebelumnya sudah diolah dengan bumbu khas seperti kunyit, lengkuas, dan serai. Penggunaan aromatik ini membuat kuahnya kaya rasa dan gurih.

Umumnya, Soto Betawi disajikan dengan emping, tomat, kentang, dan sambal yang memberikan perpaduan rasa yang sangat khas. Soto Betawi sangat populer di kalangan masyarakat lokal dan bahkan wisatawan, menjadikannya salah satu hidangan paling ikonik dari Jakarta.

3. Pempek

Di posisi ketiga ditempati oleh pempek, makanan tradisional yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Hidangan satu ini terbuat dari ikan yang dicampur dengan tepung sagu lalu dibentuk dalam berbagai ukuran dan bentuk. Ada bentuk kapal selam dengan isian telur, bentuk lonjong memanjang, bulat, dan masih banyak lagi. Namun bentuk kapal selam adalah yang paling terkenal.

Umumnya, pempek disajikan dengan kuah cuka yang bercita rasa asam, manis, dan sedikit pedas sehingga memberikan rasa segar pada setiap gigitan. Keunikannya inilah yang membuat pempek menjadi salah satu hidangan yang sangat populer di seluruh daerah Indonesia.

4. Rawon

Rawon merupakan sup daging sapi dari Jawa Timur yang memiliki ciri khas pada kuahnya yang berwarna hitam pekat. Hidangan satu ini bahkan menempati posisi nomor satu sebagai sup terbaik di dunia versi TasteAtlas pada tahun 2023. Warna gelap pada kuah rawon berasal dari penggunaan keluak, buah yang memberikan rasa unik dan sedikit pahit.

Untuk memasak rawon, pertama-tama harus memasak daging sapinya terlebih dahulu dalam kuah yang kaya rempah. Hal inilah yang membuat rawon terasa nikmat, terlebih saat disajikan dengan nasi putih, taoge, telur asin, sambal, dan tentunya kerupuk. Rasa rempah yang begitu kuat membuat hidangan khas ini selalu menempati posisi istimewa dalam dunia kuliner Nusantara.

5. Batagor

Batagor, singkatan dari bakso tahu goreng, merupakan salah satu jajanan kaki lima yang banyak ditemukan di Kota Bandung. Makanan ini terdiri dari bakso ikan yang digoreng, kemudian disajikan dengan saus kacang yang gurih, sedikit manis, dan sedikit pedas.

Teksturnya yang garing di luar tetapi lembut di dalam, dipadukan dengan rasa saus kacang yang nikmat, membuat batagor menjadi salah satu hidangan yang sempurna, baik sebagai kudapan atau bahkan makanan berat.

6. Sambal terasi

Studi yang diterbitkan di Journal of Ethnic Foods menyebutkan bahwa terdapat 110 jenis sambal di Indonesia. Di antara semua jenis sambal, sambal terasi masuk dalam kategori makanan terbaik Indonesia versi TasteAtlas. Sambal sendiri merupakan pelengkap dalam hidangan khas Nusantara.

Khususnya untuk sambal terasi, biasanya digunakan untuk pelengkap ayam goreng, ikan bakar, tahu tempe goreng, dan bahkan bisa langsung dimakan dengan nasi hangat. Selain menambah rasa, sambal terasi juga dapat memberikan sensasi pedas yang membuat banyak orang ketagihan.

7. Ayam goreng

Ayam goreng adalah salah satu makanan yang hampir selalu ada di meja makan dan bahkan warung atau restoran di Indonesia. Ayam goreng di Indonesia dimasak dengan berbagai cara tetapi yang paling populer adalah ayam goreng kuning yang sebelumnya dimarinasi dengan bumbu kuning dari kunyit, lengkuas, dan bawang putih.

Hidangan ini kerap disajikan dengan sambal dan lalap, menciptakan perpaduan rasa yang begitu nikmat. Bahkan ayam goreng Indonesia sering dianggap lebih lezat dari semua jenis olahan ayam goreng yang ada di dunia karena bumbunya yang lengkap dan meresap sempurna ke dalam daging.

8. Bubur ayam

Bubur ayam merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia dan biasa disantap sebagai menu sarapan. Bubur ayam merupakan sajian berupa bubur nasi yang lembut disajikan dengan potongan ayam suwir, cakwe, bawang goreng, dan seledri, serta biasanya disiram dengan kuah, kecap manis, dan sambal. Beberapa orang bahkan juga menambahkan telur rebus dan sate jeroan sebagai pelengkap. Rasanya cukup ringan tetapi kaya akan topping sehingga bisa menjadi menu sarapan yang mengenyangkan.

9. Nasi goreng ayam

Nasi goreng ayam adalah salah satu makanan paling populer dan ikonik di Indonesia. Menggunakan bahan utama nasi yang digoreng bersama bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis, dan telur, nasi goreng ini menjadi pilihan favorit bagi semua kalangan. 

Sesuai namanya, nasi goreng ayam ditambah dengan potongan daging ayam yang memberikan rasa gurih tambahan yang membuatnya makin lezat. Nasi goreng ayam umumnya disajikan dengan acar, kerupuk, dan telur mata sapi, yang menambah kenikmatan pada setiap suapan.

10. Sate kambing

Di posisi kesepuluh ada sate kambing, makanan yang terdiri dari potongan daging kambing yang ditusuk kemudian dibakar di atas arang. Hidangan ini memiliki aroma yang begitu khas dan menggugah selera.

Dagingnya empuk dan berlemak, disajikan dengan bumbu kecap manis atau saus kacang, membuatnya menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Sate kambing sendiri kerap disajikan dengan lontong atau nasi dan juga tambahan bawang merah mentah serta cabai rawit untuk memberikan rasa yang lebih pedas dan segar.

Itulah 10 makanan terbaik Indonesia versi TasteAtlas. Kesepuluh makanan di atas merupakan bukti bahwa Indonesia tidak pernah kehabisan kuliner yang lezat dan kaya rasa. Namun tentunya bukan hanya cita rasa yang menjadi andalan kuliner Indonesia, tetapi juga bisa menjadi simbol keanekaragaman budaya dan tradisi yang ada di Indonesia.

Leave a Reply