4 Pilihan Menu Sehat untuk Sambut Tahun Baru

4 Pilihan Menu Sehat untuk Sambut Tahun Baru

Menyambut tahun baru adalah momen yang istimewa bagi banyak orang. Selain merayakan momen pergantian tahun dengan menyalakan kembang api, momen ini juga biasanya diisi dengan berbagai jenis hidangan lezat yang terkadang rendah nutrisi atau menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Namun tak perlu khawatir karena kamu tetap bisa merayakan tahun baru dengan tetap menjalankan gaya hidup sehat. Kuncinya adalah dengan memilih menu-menu makanan yang sehat bagi tubuh. Kira-kira makanan sehat apa saja ya yang nikmat untuk disantap saat perayaan tahun baru?

Menu Sehat

4 Rekomendasi Menu Sehat untuk Tahun Baru

Melansir Halodoc, menu sehat didefinisikan sebagai menu yang terdiri dari lima jenis makanan utama dalam jumlah yang telah direkomendasikan. Adapun kelima jenis makanan tersebut adalah sayur, buah, karbohidrat, protein, dan susu.

Mengonsumsi kelima kelompok makanan tersebut memberikan manfaat yang signifikan bagi tubuh karena menyediakan nutrisi yang lengkap. Selain itu, jenis makanan tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan sekaligus mengurangi risiko penyakit.

Lantas, makanan apa saja dari lima kelompok makanan utama yang cocok untuk tahun baru? Berikut di antaranya:

1. Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis sayuran yang menjadi hidangan khas saat malam tahun baru atau perayaan lainnya. Makanan satu ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jagung diperkaya dengan nutrisi yang bermacam-macam, seperti protein nabati, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

Saat perayaan tahun baru, biasanya jagung disantap dengan cara dibakar. Apakah cara ini cukup sehat? Mau diolah dengan cara apa pun, termasuk dibakar, jagung tetap bermanfaat bagi tubuh. Hal ini karena jagung memiliki senyawa bioaktif dan kadar antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Makanan laut

Menu makanan malam tahun baru tak akan lengkap tanpa protein hewani. Sebagai pengganti daging, cobalah untuk mengonsumsi makanan laut, seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan lain sebagainya. Menu ini menjadi pilihan yang ideal untuk memeriahkan hidangan saat malam tahun baru.

Makanan laut seperti udang tetap mengandung nutrisi yang cukup lengkap, seperti kalori, protein, kalsium, fosfor, magnesium, omega-6, dan masih banyak lagi. Namun, makanan laut tetap harus dikonsumsi dalam moderasi. Artinya, kamu tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya agar tidak menimbulkan efek samping pada tubuh.

3. Buah

Buah merupakan pilihan tepat untuk menyeimbangkan menu tahun baru kamu. Cara menikmatinya pun beragam, bisa langsung dinikmati, bisa juga dibuat menjadi kreasi yang lebih menarik, seperti salad buah, es kul kul, dan lain sebagainya.

Selain lezat, buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral, dan tentunya serat yang dapat memberikan manfaat cukup signifikan bagi kesehatan tubuh. Agar tidak tersisa sia-sia, pilihlah buah yang memang sesuai dengan selera kamu atau orang-orang yang nantinya juga ikut menikmatinya. 

4. Sayuran panggang

Menu sehat selanjutnya yang cocok untuk disantap saat merayakan malam pergantian tahun adalah sayur-sayuran. Agar sesuai dengan momennya, kamu bisa menghidangkan sayuran dengan cara dipanggang dengan bumbu-bumbu pilihan. Hidangan ini bisa juga disantap bersama menu makanan laut yang sudah kamu siapkan.

Sebagai informasi, sayuran panggang lebih baik dibanding dibakar. Sebab, sayuran yang diolah dengan cara dipanggang memiliki kadar kalori yang lebih rendah tetapi tetap kaya akan nutrisi. Agar tidak salah cara memasaknya, pastikan kamu mencari informasi terlebih dahulu bagaimana caranya agar sayuran panggang matang merata dan tidak terlalu lembek.

Tips Makan Sehat Saat Menyambut Tahun Baru

Mengetahui rekomendasi menu sehat saja tidak cukup untuk menjamin badan tetap sehat setelah perayaan tahun baru. Kamu juga harus tahu bagaimana caranya memastikan keseimbangan menu-menu yang kamu santap. Melansir dari berbagai sumber, berikut tips makan sehat saat menyambut pergantian tahun baru.

1. Batasi porsi makan

Tips pertama adalah membatasi porsi makan. Meskipun orang-orang terkasih sudah menyiapkan banyak hidangan lezat, ada baiknya untuk mengambil porsi kecil dari masing-masing menu untuk menjaga keseimbangan nutrisi. Hal ini juga berguna untuk mengurangi risiko terlalu kekenyangan.

Selanjutnya, pilih hidangan sehat seperti makanan laut. Hindari mengonsumsi menu daging yang melalui terlalu banyak proses masak, seperti dibakar, karena dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

2. Seimbangkan pilihan menu

Selanjutnya, seimbangkan hidangan yang kamu ambil dengan memasukkan kategori makanan sehat seperti sayur dan buah. Selain memberikan varian rasa, sayur dan buah juga membantu memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Jangan lupa juga untuk minum air secukupnya saat menyantap hidangan tahun baru. Air putih sangatlah penting, terlebih bila kamu mengonsumsi minuman yang berkarbonasi. Sebab, air dapat mencegah dehidrasi dan mengurangi efek dari konsumsi minuman berkarbonasi.

3. Hindari makanan olahan tinggi lemak jenuh

Tips sehat berikutnya saat malam tahun baru adalah menghindari makanan olahan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Sebagai gantinya, pilih makanan segar yang tidak terlalu banyak diproses. Misalnya untuk kebutuhan karbohidrat, kamu bisa memilih nasi merah atau olahan gandum utuh alih-alih nasi putih untuk menjaga gula darah agar tetap stabil. 

Selanjutnya, bila ingin menikmati camilan, ada baiknya untuk memilih camilan sehat, seperti kacang-kacangan, buah kering, atau buah segar. Hindari camilan kemasan yang mengandung gula dan kadar lemak tinggi agar tidak menimbulkan dampak buruk pada tubuh.

4. Lengkapi kebutuhan nutrisi

Saat merayakan pergantian tahun baru, sangat mungkin bagi kamu untuk kalap melahap apa saja yang dihidangkan di meja makan, terlebih bila menunya serba daging dan bakar-bakaran. Hidangan tersebut memang lezat, tetapi hanya mengandung lemak dan protein.

Jadi, tetap pastikan asupan nutrisi kamu lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh. Makan sesuai moderasi atau jangan terlalu banyak. Pastikan pula setiap menu makanan yang kamu konsumsi mengandung vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat yang cukup.

Itulah beberapa pilihan menu sehat dan tips makan sehat saat menyambut pergantian tahun baru. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa menikmati momen setahun sekali tersebut tanpa harus khawatir dengan kondisi kesehatan.

Leave a Reply