Kolaborasi Inspiratif: Danasyariah dan AFSI Ikut Ramaikan BFN 2023

Kolaborasi Inspiratif: Danasyariah dan AFSI Ikut Ramaikan BFN 2023

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan financial technology (fintech) menjamur di Indonesia. Alasan utamanya karena fintech mampu memberikan akses keuangan terhadap masyarakat yang tidak bisa mendapatkan akses perbankan konvensional. Tren ini kemudian menjadikan fintech sebagai salah satu penggerak roda keuangan dan ekonomi negara.

Guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan fintech di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sejumlah asosiasi fintech Indonesia menyelenggarakan Bulan Fintech Nasional (BFN). BFN menjadi platform utama bagi banyak pelaku industri fintech untuk memberikan edukasi kepada masyarakat umum terkait produk dan layanan yang mereka tawarkan. BFN juga menjadi media untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat serta mendorong terciptanya inovasi dalam sektor keuangan digital dalam negeri.

Dalam hal ini, Danasyariah yang merupakan fintech P2P berbasis syariah dan Asosiasi Fintech Syariah (AFSI) berkolaborasi untuk memeriahkan BFN 2023. Kolaborasi inspiratif ini lebih dari sekadar sinergi antara dua entitas, melainkan juga sebagai bentuk komitmen untuk mengedukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat terkait peran fintech, khususnya fintech syariah.

Webinar BFN 2023: Milenial Susah Punya Rumah?

Kolaborasi Inspiratif

Webinar BFN 2023 yang digelar pada 16 November 2023 melalui kanal YouTube AFSI merupakan agenda pembuka dari seluruh rangkaian kegiatan Danasyariah dan AFSI. Dengan mengangkat isu yang berkembang di antara generasi milenial, yakni problematika terkait sulitnya memiliki rumah, webinar ini menyajikan diskusi komprehensif tentang perencanaan keuangan dan mencari pembiayaan yang ideal untuk mewujudkan kepemilikan rumah.

Webinar dibawakan oleh para ahli, antara lain Bapak Muhammad Ismail Riyadi selaku Kepala Grup Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah OJK, Ibu Mahaning Riyana selaku Direktur Eksekutif AFSI, dan Bapak Janoerato Alamsyah selaku Direktur Bisnis Danasyariah. Video lengkap webinar dapat diakses kembali melalui kanal YouTube AFSI

Danasyariah & AFSI Goes to Campus di UPN Veteran Jakarta

Selanjutnya pada 22 November 2023, Danasyariah dan AFSI melangsungkan agenda kedua dalam rangka memeriahkan BFN 2023, yakni Danasyariah & AFSI Goes to Campus. Seminar tersebut digelar di UPN Veteran Jakarta dengan tema “Akselerasi Ekonomi dan Keuangan Syariah Melalui Financial Technology.”  

Diikuti oleh para mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis UPN Veteran Jakarta, agenda ini terbagi dalam dua acara, yakni Babak Final National Islamic Fintech Olympiad (NIFO) 2023 dan seminar. Seminar ini mengangkat topik pembahasan terkait fintech syariah dan perannya dalam meningkatkan literasi serta inklusi keuangan. 

Topik-topik tersebut dibawakan secara komprehensif oleh Bapak Aidil Akbar selaku Kepala Eksekutif Edukasi dan Literasi AFSI dan Bapak Maheso Jenar selaku Marketing Communication Danasyariah.

Mini Stage Edutainment di Indonesia Fintech Summit & Expo (IFS) 2023

Kolaborasi Inspiratif

Agenda puncak kolaborasi antara Danasyariah dan AFSI akan ditutup dengan Mini Stage Edutainment. Agenda ini diselenggarakan pada acara 5th Indonesia Fintech Summit & Expo 2023 pada 24 November di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Dengan mengusung tema “Milenial Susah Punya Rumah? Temukan Solusinya dengan Fintech Syariah”, acara ini dihadiri oleh brand ambassador Danasyariah, Dude Harlino dan Bapak Janoearto Alamsyah selaku Direktur Bisnis Danasyariah.

Acara ini bisa diikuti oleh masyarakat umum secara gratis. Di dalamnya, pengunjung bisa mengunjungi booth dari berbagai perusahaan fintech ternama di Indonesia dan booth UMKM. Selain itu, pengunjung yang hadir juga mendapatkan e-sertifikat dari co-host Asosiasi Fintech.

Dengan kolaborasi inspiratif ini, Danasyariah dan AFSI ikut memberikan kontribusi positif dalam perayaan Bulan Fintech Nasional 2023 dengan mengedukasi masyarakat terkait fintech syariah dan mendorong literasi serta inklusi keuangan, khususnya di kalangan generasi milenial.

Leave a Reply