Kelebihan dan Tantangan Memiliki Rumah Minimalis

Kelebihan dan Tantangan Memiliki Rumah Minimalis
Sumber : Unsplash

Garis-garis yang bersih, rapi, reduktif, monokromatik dan sederhana adalah beberapa istilah yang langsung terlintas saat membicarakan tentang gaya minimalis. Desain rumah minimalis memang terkesan seperti sesuatu yang simpel. Namun kadang kesalahan pemilihan perabotan dan penataan bisa membuat ruangan terasa dingin dan kurang hidup.

Untuk kamu yang ingin membangun rumah dengan gaya minimalis, ada berbagai hal yang perlu diketahui dan dipertimbangkan. Mari kita bahas selengkapnya dalam artikel ini!

Ciri-ciri Desain Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
Sumber : Unsplash

Secara umum, desain rumah minimalis adalah tentang memprioritaskan hal-hal yang penting. Desain bangunan, objek atau interior minimalis biasanya mengedepankan fungsi dengan menggunakan material terbatas, warna-warna netral serta bentuk yang sederhana. 

Desain minimalis juga biasanya menghindari penggunaan ornamen berlebih untuk mencapai keanggunan sejati. Meskipun ekspresi akhir dari desain minimalis mungkin tampak sederhana dan effortless, tapi untuk bisa menampilkan sesuatu yang simpel namun kuat bukanlah hal yang mudah. 

Lantas, apa saja ciri-ciri desain minimalis? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Kesederhanaan dalam Bentuk dan Fungsi

Desain rumah minimalis harus sederhana, efisien dan lugas. Minimalisme menciptakan kejelasan dan kesederhanaan dalam desain serta membuat area dan ruang tidak rumit dan dapat diprediksi. Ini bisa diwujudkan dengan bentuk-bentuk yang simpel, tampilan dinding interior yang berkesan minimalis, lantai besar dan terbuka, serta area penyimpanan yang sederhana.

Penggunaan Warna Monokrom

Minimalisme juga tentang menghindari warna-warna cerah dan berani. Skema warna monokromatik seperti putih, krem dan abu-abu adalah konsep reduktif yang menjadi esensi dari gaya minimalis.

Finishing Dinding yang Tidak Rumit

Dalam gaya minimalis, penutup dinding dibuat dengan gaya sederhana dan tidak rumit. Daya tarik visual disampaikan dengan mengekspresikan karakteristik fisik bahan yang digunakan serta teksturnya.

Ruang Bersih, Terbuka dan Penuh dengan Cahaya

Desain minimalis selalu memiliki ruang yang bersih, terbuka dan memiliki pencahayaan yang baik. Penggunaan palet warna netral, nada warna terang untuk dinding serta detail dan aksesori modern yang simpel adalah daya tarik terbaik dari rumah minimalis.

Ruangan dengan interior minimalis terasa luas dan bercahaya, tidak berantakan namun tetap terkesan artistik. Di dalamnya hanya ada benda-benda yang penting. Makanya, saat berada di dalamnya kamu akan merasa lega, nyaman dan hangat.

Tips Mendesain Rumah dengan Gaya Minimalis

desain rumah minimalis
Sumber : Unsplash

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rumah dengan gaya minimalis memang sekilas terkesan sederhana dan effortless. Tapi untuk bisa mewujudkan gaya minimalis yang artistik dan tidak terkesan dingin seperti berada di rumah sakit, itu tidak mudah. Simak beberapa tips mendesain rumah dengan gaya minimalis berikut ini!

Pilih Perabotan dengan Fungsi Ganda

Rumah minimalis biasanya tidak memiliki banyak perabotan di dalamnya. Namun dengan berbagai kebutuhan, kamu mungkin akan sulit menentukan perabotan mana yang harus dibeli dan mana yang tidak. Solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan membeli perabotan dengan fungsi ganda.

Misalnya saja coffee table dengan laci buku di bawahnya, ranjang dengan laci pakaian di bagian kolongnya atau ottoman yang bisa jadi tempat penyimpanan. Menggunakan perabotan berfungsi ganda akan memberikan lebih banyak ruang di rumahmu sehingga kesan minimalis akan semakin terasa.

Batasi Penggunaan Warna-warna

Warna-warna terang seperti putih bersama dengan warna netral yang bersahaja seperti pastel adalah kunci penting untuk menampilkan kesan minimalis. Kamu bisa saja menambahkan warna lain yang lebih cerah. Tapi agar kesan minimalis tidak hilang, hindari menggunakan lebih dari 2 warna cerah dengan aplikasi yang terbatas.

Lakukan Decluttering

Decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang tidak terlalu penting dan tidak dibutuhkan juga harus kamu lakukan agar nuansa minimalis yang diinginkan bisa tercapai.

Untuk menghindari kesan kacau dan berantakan, kamu harus memilih dengan cermat apa saja yang ingin ditampilkan di atas meja atau rak. Ingat bahwa hal-hal esensial adalah yang terpenting dalam desain minimalis. Pilih yang paling krusial dan simpan sisanya di dalam lemari.

Gunakan Dekorasi Sebagai Aksen

Mendesain rumah dengan gaya minimalis bukan berarti kamu harus menghindari dekorasi dan penggunaan warna-warna cerah. Aturannya adalah cukup dengan menggunakan elemen dekoratif sebagai aksen dan jangan bebani rumah Anda dengan terlalu banyak hal.

Demikian juga jika ingin memilih barang seni. Daripada memilih banyak barang kecil, fokus pada sesuatu yang besar dan menjadi focal point. Sepasang potret atau lukisan di dinding yang kosong akan menjadi titik fokus yang baik untuk mempercantik ruangan Anda.

Gunakan Tanaman Hijau untuk Menghidupkan Suasana

Kesan dingin kerap terasa dalam rumah bergaya minimalis karena penggunaan warna-warna netralnya. Cara termudah untuk menghidupkan suasana adalah dengan meletakkan beberapa ornamen berupa tanaman hijau di beberapa sudut ruangan.

Selain tanaman hijau, kamu juga bisa memasukkan unsur alami lain. Misalnya dengan memilih perabotan berbahan kayu atau meletakkan hiasan berbahan kristal di dalam ruangan. Ini akan membantu meningkatkan estetika ruangan.

Inspirasi Model Rumah Minimalis Terbaru

desain rumah minimalis
Sumber : Unsplash

Desain rumah minimalis sebenarnya bisa diwujudkan lewat perpaduan dengan gaya lain. Jadi, alih-alih hanya berpatokan pada ciri-ciri atau karakteristik yang sudah disebutkan di atas, kamu tetap punya kesempatan untuk bereksplorasi. Simak beberapa inspirasinya berikut ini!

Rumah Minimalis dengan Dinding Bata Ekspos

Dinding bata ekspos kerap dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin membangun rumah dengan gaya vintage atau industrial. Tapi kamu juga bisa memadukannya dengan rumah minimalismu. Mengubah salah satu sisi dinding putih di ruang tamu misalnya, bisa memberikan kesan fresh sekaligus membuatnya jadi lebih artistik. Selain pada ruang tamu, dinding bata ekspos juga bisa diaplikasikan di dapur, kamar tidur bahkan kamar mandi.

Rumah Minimalis dengan Konsep Open Plan

Konsep open plan atau minim sekat biasanya diaplikasikan pada rumah maupun apartemen dengan ruang terbatas. Jadi alih-alih menggunakan dinding untuk memisahkan fungsi antar ruang, dengan konsep open plan, kamu membiarkannya menyatu. Misalnya saja membiarkan area ruang keluarga dengan ruang makan di satu area. Ini juga merupakan konsep yang bisa diaplikasikan pada rumah minimalis kamu.

Penggunaan konsep open plan akan membuat ruangan terasa lebih airy. Cahaya akan masuk dengan optimal dan kesan minimalis yang kamu harapkan lebih mudah tercapai.

Itu dia beberapa tips dan inspirasi untuk kamu yang ingin membangun rumah dengan gaya minimalis. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa berkonsultasi dengan desainer interior dan arsitektur sebelum memulai proses pembangunan.

Ingin membangun rumah minimalis atau merenovasi rumah menjadi bergaya minimalis namun terbentur dana? Kamu bisa mengajukan pendanaan lewat Danasyariah. Danasyariah menyediakan pembiayaan berupa Dana Rumah dan Dana Renovasi untuk kamu yang ingin membangun maupun merenovasi rumah. Cek detail selengkapnya di sini.

Leave a Reply