10 Ide Dekorasi DIY Buat Rumah Makin Estetik

10 Ide Dekorasi DIY Buat Rumah Makin Estetik

Ada banyak cara untuk membuat rumah impian menjadi tempat ternyaman dalam hidupmu. Salah satu caranya adalah dengan mendekorasi rumah sesuai dengan konsep desain yang kamu kehendaki. Untuk mendekorasinya sendiri, kamu bisa loh menerapkan konsep Do It Yourself (DIY) atau secara harfiah berarti swakarya.

Sederhananya, DIY merupakan suatu aktivitas membuat atau memodifikasi berbagai benda seorang diri. Kreasi DIY bisa beragam, mulai dari pakaian hingga perabotan rumah tangga. Umumnya, bahan-bahan yang digunakan untuk proyek DIY adalah barang-barang tidak terpakai, tetapi ada juga barang baru.

10 Ide Dekorasi DIY Buat Rumah Makin Menarik

Ide Dekorasi DIY

Buat kamu yang gemar membuat kerajinan tangan, membuat dekorasi DIY patut untuk dicoba. Nah, berikut ini adalah beberapa ide dekorasi DIY untuk membuat rumah makin menarik dan estetik.

1. Membuat galeri seni DIY

Kamu pecinta seni? Wajib banget untuk menjajal ide kreasi DIY satu ini. Galeri seni DIY di sini bisa berisi foto-foto keluarga dalam warna hitam putih yang dibingkai dengan figura estetik. Selain foto keluarga, bisa juga foto-foto spesial atau objek lain yang menurut kamu memiliki makna mendalam.

Pajang foto-foto tersebut pada dinding ruang keluarga atau ruang tamu secara rapi agar terlihat menarik secara visual. Kalau memungkinkan, tambahkan sedikit deskripsi untuk memberikan sentuhan khusus pada setiap foto tersebut. Dengan begitu, galeri DIY tak hanya menarik secara visual, tetapi juga memiliki makna.

2. Membuat kedai kopi dalam rumah

Buat kamu yang hobi ngopi atau ngafe, coba bawa kafe ke dalam rumah kamu. Tak perlu ribet, cukup dengan menambahkan wallpaper dan rak built-in pada bagian kitchen bar atau ruang khusus di rumah, kamu bisa menciptakan tempat ngopi estetik ala-ala kafe di rumah.

Berikan pula sentuhan unik dari berbagai desain interior, seperti desain vintage, rustic, kontemporer, dan lain sebagainya. Sentuhan-sentuhan tersebut bisa kamu ciptakan dalam bentuk dekorasi dinding atau perlengkapan untuk ngopi seperti mug.

3. Pajangan tanaman pot

Membawa vegetasi ke dalam rumah merupakan cara ideal untuk mengikuti tren dekorasi masa kini sekaligus membawa kesegaran baru dalam rumah. Kamu bisa memanfaatkan rak kayu yang sudah dicat dengan warna-warna pilihan dan sesuai dengan interior rumah.

Kemudian, tambahkan tanaman dalam pot-pot kecil atau tanaman khusus di dalam rumah dan letakkan di rak-rak tersebut. Kamu juga bisa memadukannya dengan tumpukan buku agar terlihat lebih estetik. Dekorasi semacam ini cocok untuk ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga.

4. Cermin dinding

Cermin dinding menjadi salah satu proyek DIY yang paling modis untuk menambah elemen dekoratif pada bagian dinding rumah. Kamu bisa menggunakan lem tembak dan tali goni untuk memberikan sentuhan handmade pada cermin.

Sementara itu, bingkai pada cermin bisa dibuat lebih artistik juga agak makin menarik. Dengan menggantung cermin di dinding, bukan hanya fokus visual yang kamu ciptakan, tetapi juga memberikan suasana kreatif pada seluruh ruangan.

5. Gantungan dream catcher

Gantungan dream catcher menawarkan keindahan sekaligus sentuhan mistis yang unik dalam ruangan. Dengan menggunakan teknik makrame, kamu bisa menciptakan gantungan yang sesuai dengan preferensi kamu.

Gantungan ini bukan hanya dekorasi semata, tetapi dipercaya dapat membawa nuansa tenang dan damai dalam rumah. Dengan kehadiran gantungan dream catcher, ruangan akan dipenuhi dengan energi positif  dan keindahan.

6. Selotip warna untuk hiasan dinding

Mau ide DIY yang mudah tetapi estetik? Cuma hias dinding rumah kamu dengan selotip warna tetapi pastikan dekorasi ini dipasang pada dinding yang benar-benar kosong. Pilih warna selotip yang mampu menciptakan harmoni visual di dalam rumah. Untuk desainnya sendiri bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kreativitas kamu agar hasil DIY tak hanya menarik, tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri dalam hati.

7. Bingkai tanaman atau bunga kering

Kamu bisa menghadirkan keindahan bunga kering ke dalam ruangan rumah dengan membingkainya. Kamu bisa menempelkan bunga kering pada latar putih kemudian dibingkai dengan figura kayu dan kaca bening.

Pilih bunga favorit kamu dan atur dengan indah untuk menciptakan dekorasi yang menarik. Selain bunga, kamu juga bisa menggunakan dedaunan kering atau bahkan serangga yang sudah dikeringkan. Proyek DIDY ini memungkinkan kamu untuk bisa merayakan keindahan alam tanpa khawatir soal perawatan atau ketahanan tanaman.

8. Hiasan dinding dari bohlam bekas

Punya banyak bohlam lampu bekas? Jangan langsung dibuang, kamu bisa mengubahnya menjadi dekorasi menarik dan unik. Caranya adalah dengan membersihkan bagian dalam bohlam dan diisi dengan bunga kering, batu hias, atau tanaman hijau. Kemudian, letakkan bohlam-bohlam tersebut di atas rak kayu atau tempat lain yang sudah kamu persiapkan.

Kamu juga bisa menggantungnya di langit-langit kamar atau diletakkan di atas meja untuk memberikan sentuhan artistik yang unik dan menarik. Proyek ini tak hanya membuat ruangan memiliki nuansa artistik, tetapi juga memiliki atmosfer yang penuh dengan kreativitas.

9. Membuat bingkai foto dari hanger

Punya hanger nganggur? Coba sulap hanger baju tersebut menjadi bingkai foto DIY yang tak hanya kreatif tetapi juga unik. Jangan lupa untuk ditambahkan tali rami dan ornamen lainnya sehingga setiap bingkai memiliki kesan personal yang unik.

Selain ekonomis, proyek DIY ini juga menjadi cara kreatif untuk mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai. Hal ini menunjukkan bahwa dekorasi rumah tak selalu harus beli dan harus mahal.

10. Cat ulang dinding dengan bentuk lengkungan

Cat ulang dinding di dalam rumah dengan warna baru. Agar makin menarik, kamu bisa membuat bentuk-bentuk khusus, seperti lengkungan. Dengan latar dinding seperti ini, kamu memiliki peluang untuk menambah ornamen lain, seperti foto dalam bingkai, gantungan rendah, pot bunga, dan lain sebagainya. Dinding yang dicat dengan bentuk lengkungan ini akan menjadi daya tarik tersendiri pada ruangan.

Itulah beberapa ide dekorasi DIY yang bisa kamu terapkan untuk membuat suasana rumah makin estetik. Selain untuk mendekorasi rumah, DIY juga bisa menjadi aktivitas yang dapat meningkatkan kreativitas kamu.

Leave a Reply