8 Ide Dekorasi Rumah untuk Tahun Baru

8 Ide Dekorasi Rumah untuk Tahun Baru

Perayaan menyambut tahun baru adalah momen spesial bagi hampir sebagian besar orang. Perayaan ini juga menjadi momen yang pas untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Biasanya orang merayakan pergantian tahun baru dengan mengadakan pesta kecil-kecilan di rumah.

Tentu saja, pesta perayaan tahun baru tidak akan lengkap tanpa dekorasi. Nah, dekorasi rumah yang menarik dan kreatif bisa membuay perayaan tahun baru menjadi lebih berkesan. Buat kamu yang butuh ide dekorasi rumah untuk menyambut tahun baru, artikel ini buat kamu.

8 Ide Dekorasi Rumah untuk Tahun Baru

Ide Dekorasi Rumah

Tanpa bertele-tele, berikut beberapa ide dekorasi rumah yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk menghias rumah dalam acara pesta tahun baru.

1. Dekorasi dengan balon angka

Dekorasi tahun baru jelas tidak akan lengkap tanpa adanya sentuhan hiasan balon angka sesuai dengan angka pergantian tahun. Dengan menggunakan balon angka sebagai tema dekorasi, ruangan jelas bakal terlihat lebih menarik. Warna balonnya bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing, tetapi umumnya, tahun baru identik dengan warna emas.

Selanjutnya, gantung atau tempel balon-balon angka di dinding sebagai latar belakang. Hal ini ditujukan agar suasana perayaan tahun baru terasa jauh lebih hidup. Balon-balon semacam ini bisa kamu dapatkan di toko buku atau bahkan toko online. Agar makin menarik dan meriah, tambahkan hiasan balon dan ornamen lainnya.

2. Dekorasi ala tahun 90an

Dekorasi ala tahun 90an menjadi pilihan yang menarik untuk pesta perayaan tahun baru. Dekorasi semacam ini memang terlihat jadul, tetapi justru populer kembali dalam beberapa tahun terakhir. Gaya dekorasi dengan sentuhan tahun 90an tak hanya menciptakan nostalgia, tetapi juga menghadirkan kembali banyak kenangan manis bagi mereka yang sekarang sudah berusia 25 tahun ke atas.

Untuk menciptakan dekorasi khas 90an, kamu bisa menggunakan beberapa properti klasik, seperti walkman, game boy, atau radio. Bisa juga memajang poster-poster album musisi tahun 90an. Agar makin meriah, tamu pesta juga harus berpakaian sesuai dengan gaya tahun 90an, seperti memakai flanel, pakaian longgar, rompi jeans, dan lain sebagainya.

3. Dekorasi tahun baru dengan tema pastel

Buat kamu para kaum perempuan yang mungkin akan merayakan tahun baru dengan besties, bisa loh memilih dekorasi dengan tema pastel. Sesuai namanya, dekorasi lebih difokuskan pada penggunaan warna-warna pastel yang lembut, hangat, dan menenangkan. Tema ini bisa dimasukkan ke dalam pilihan ornamen, seperti peralatan makan, pajangan dinding, hingga warna makanan.

Untuk menambah sentuhan lucu nan menggemaskan, jangan lupa untuk menambahkan balon-balon di lantai atau dinding rumah. Tidak lupa, balon angka sesuai tahun juga bisa memperkuat tema pastel pada perayaan tahun baru. Dengan menggunakan tema dekorasi ini, acara penyambutan tahun baru akan terasa lebih hangat dan santai.

4. Dekorasi tahun baru dengan tema pesta kebun

Punya halaman cukup luas di rumah? Dekorasi dengan tema pesta kebun bisa menjadi pilihan yang pas untuk menyelenggarakan perayaan tahun baru bersama keluarga atau teman. Pesta dengan tema kebun juga bisa loh diadakan di rooftop atau halaman belakang rumah bila ada.

Persiapan dekorasinya cukup sederhana, kamu hanya membutuhkan meja dan kursi kayu, lampu LED atau lampu tumblr di setiap sudut taman. Jangan lupa juga untuk menambahkan balon dengan berbagai warna yang bisa digantung di beberapa area taman. Tak boleh ketinggalan adalah balon angka atau mungkin ornamen tulisan “Happy New Year” agar dekorasi makin ciamik. 

5. Dekorasi dengan tema pajamas party

Buat kamu para cewek, ada satu lagi nih ide dekorasi untuk menyambut tahun baru bersama teman-teman perempuan kamu. Ya, benar, tema pajamas party memang menarik buat kamu yang ingin menyambut tahun baru secara lebih intim. Konsep ini memungkinkan kamu untuk merayakan acara tahun baru cukup hanya dengan di kamar dan menunggu detik-detik pergantian tahun dengan sesi karaoke atau mungkin nonton film bareng.

Persiapannya pun tak memerlukan banyak perlengkapan. Kamu hanya perlu menyiapkan kostum piaya yang menggemaskan dan ornamen-ornamen dengan tulisan “Happy New Year” di dinding kamar. Agar suasana makin hidup dan terkesan intim, tambahkan lampu-lampu tumblr atau LED di setiap dinding ruangan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan bean bags atau bantal untuk teman-teman kamu.

6. Dekorasi dengan nuansa emas

Warna kuning emas menjadi salah satu warna yang kerap dijadikan tema perayaan tahun baru. Untuk menciptakan suasana pesta yang khas dan selaras dengan tema ini, kamu bisa mengintegrasikan warna kuning emas ke berbagai dekorasi ruangan. Misalnya dengan menggunakan balon, tirai folik, kain, dan lain sebagainya.

Sentuhan warna emas ini tak hanya menciptakan keindahan visual, tetapi juga memberikan atmosfer mewah dan hangat yang sempurna untuk menyambut pergantian tahun baru. Dengan menghadirkan elemen-elemen ini pula, kamu bisa menciptakan suasana yang memikat bagi para tahu yang hadir dalam pesta.

7. Dekorasi pinata

Pada dasarnya, pinata identik sebagai ornamen dalam perayaan pesta ulang tahun. Namun tak ada salahnya untuk menghadirkan pinata dalam perayaan tahun baru, terlebih bila kamu mengundang keluarga atau teman-teman dekat. Jadi, acara tahun baru tak hanya diisi dengan makan malam atau menghitung mundur detik pergantian tahun baru saja, tetapi juga diisi dengan permainan memecahkan pinata.

Selain mudah untuk dibuat, dekorasi pinata juga menciptakan kegembiraan, terutama saat proses memecahkannya. Isi dari pinatanya sendiri bebas, bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing, misalnya cokelat, permen, confetti, jajanan ciki, dan lain sebagainya.

8. Aksesoris khas tahun baru

Apapun tema pesta tahun baru yang kamu adakan, wajib hukumnya untuk memberikan sentuhan kreatif dengan menggunakan aksesories khas tahun baru. Sebagai contoh, kamu bisa menyediakan topi tahun baru dengan aksen khusus, serbet makan dengan hiasan tahun baru, atau mungkin peralatan makan yang dihiasi dengan glitter.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan confetti sticks. Dekorasi ini bisa digunakan tepat saat pergantian tahun baru. Pilih pula confetti sticks dengan model warna-warni agar selaras dengan atmosfer tahun baru yang penuh dengan kegembiraan.

Nah, itulah beberapa ide dekorasi rumah untuk menyambut tahun baru. Agar suasana menyambut tahun baru makin meriah dan terasa hangat, ajak teman-teman atau keluargamu untuk bergotong royong mendekorasi rumah.

Leave a Reply