7 Ide Desain Dapur Bergaya Japandi

Gaya desain interior Japandi telah menjadi tren yang cukup populer selama beberapa tahun terakhir. Gaya ini merupakan perpaduan harmonis antara elemen-elemen dalam desain interior Jepang yang tenang dan gaya minimalis khas Skandinavia yang memiliki nilai fungsional tinggi. Tak hanya cocok untuk ruang tamu atau kamar tidur, gaya Japandi juga sangat cocok untuk diterapkan di dapur.

Sekilas Tentang Gaya Desain Japandi

desain dapur bergaya Japandi

Gaya desain Japandi merupakan gabungan dari kata “Jap” yang merujuk pada Jepang dan “andi” yang merujuk pada kata Skandinavia. Melansir laman BINUS, kedua gaya ini memiliki filosofi yang sama yakni kesederhanaan, harmoni, dan penggunaan elemen-elemen alami. 

Filosofi ini tercermin dengan kuat dalam penggunaan warna-warna netral, material alami seperti kayu, serta furnitur yang minimalis dan fungsional. Gaya desain Japandi sendiri juga mengedepankan kepraktisan tanpa harus mengorbankan estetika sehingga menjadi pilihan yang ideal untuk desain dapur.

Japandi juga mengutamakan ketenangan dan kenyamanan dalam sebuah ruangan. Penggunaan cahaya alami sebanyak mungkin dan tata letak ruang dengan konsep terbuka menjadi dua karakteristik utama dari gaya ini.

Di samping itu, Japandi juga mendorong penggunaan furnitur yang hemat ruang dan multifungsi sehingga bisa menjadi pilihan ideal untuk hunian dengan luas terbatas. Dengan menggabungkan elemen-elemen tersebut, dapur bisa menjadi tempat yang menawarkan suasana tenang dan harmonis sehingga makin nyaman untuk memasak dan berkumpul bersama keluarga.

7 Ide Desain Dapur Bergaya Japandi

desain dapur bergaya Japandi

Melansir dari berbagai sumber, di bawah ini adalah beberapa ide desain dapur bergaya Japandi yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk merenovasi dapur kesayangan kamu.

1. Dapur dengan sentuhan alam

Referensi desain yang satu ini mengutamakan penggunaan sentuhan-sentuhan yang bersifat alam. Seperti yang dijelaskan, unsur alam adalah salah satu karakteristik utama dari desain Japandi. Hal ini lantaran konsep desain ini terinspirasi dari alam dan juga menerapkan filosofi Zen. Zen sendiri merupakan prinsip penting dalam gaya Japandi karena mewujudkan estetika dari gaya Jepang dan Skandinavia.

Kamu bisa fokus pada desain kitchen island yang mengandung unsur alam. Dengan begitu, dapur bisa terasa lebih luas tetapi tetap fungsional dengan elemen-elemen modern yang melekat di area dapur.

2. Dapur Japandi dengan kesan maskulin

Buat kamu yang menginginkan tampilan dapur dengan gaya desain Japandi tetapi terlihat lebih maskulin, maka kamu bisa fokus pada penggunaan warna. Kamu bisa menggunakan warna-warna netral seperti abu-abu, putih, dan cokelat.

Penggunaan warna bisa kamu terapkan pada dinding dapur atau bahkan pilihan furnitur. Pastikan pula furnitur yang akan kamu gunakan memiliki desain sederhana dan tetap fungsional. Di samping itu, kamu juga bisa menambahkan pencahayaan lembut untuk menciptakan suasana dapur yang hangat dan nyaman menggunakan lampu gantung.

3. Dapur Japandi dengan tema monokrom

Referensi dapur dengan gaya Japandi berikutnya adalah dengan mengaplikasikan tema monokrom. Ini artinya kamu harus memilih warna-warna netral, seperti hitam dan abu-abu. Penggunaan warna ini bisa kamu terapkan pada kitchen island, kabinet, dinding dapur, hingga perabotan dapur.

Untuk bagian-bagian tersebut kamu bisa memilih warna hitam yang dipadukan dengan warna putih sebagai aksen. Kamu juga bisa menambah elemen kayu pada bagian kitchen island untuk memperkuat gaya Japandi yang ingin kamu tampilkan pada dapur kamu.

4. Dapur dengan suasana homey

Gaya desain Japandi bisa menyulap ruangan menjadi area yang nyaman, tenang, dan terasa homey. Hal ini bisa kamu terapkan pada dapur kesayangan kamu agar menjadi lebih homey. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan material alam seperti batu bata ekspos untuk bagian dinding. 

Kamu juga bisa menggunakan keramik backsplash yang mengkilap untuk memberikan sentuhan yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan rak dapur multifungsi dan pencahayaan yang baik agar dapur menjadi salah satu ruang ternyaman di rumahmu.

5. Dapur Japandi dengan penerangan alami

Penerangan yang baik adalah salah satu kunci utama dalam mewujudkan desain Japandi. Hal ini tentunya juga bisa kamu terapkan pada interior dapur kamu. Kamu bisa menggunakan pencahayaan alami dari jendela besar.

Selain itu, lampu gantung dengan desain minimalis juga bisa menjadi penerangan yang baik saat malam hari. Dengan penerangan yang optimal, maka dapur akan terasa lebih luas dan lega meskipun ukuran dapur kamu cukup sempit. Itulah sebabnya gaya desain Japandi cocok untuk ruangan yang sempit karena mengutamakan pencahayaan yang cukup.

6. Dapur Japandi dengan nuansa cokelat muda

Inspirasi desain dapur Japandi yang berikutnya adalah dengan menggunakan warna-warna natural seperti cokelat muda yang dipadukan dengan putih. Kedua warna ini merupakan kombinasi warna yang paling sering ditemui dalam desain-desain yang mengutamakan kesederhanaan, seperti gaya desain minimalis.

Desain dapur dengan warna cokelat dan putih bisa sangat mencuri perhatian meskipun dapur kamu berukuran kecil. Sebab, kombinasi warna ini membuat dapur terlihat cantik dan begitu nyaman. Perpaduan warna cokelat dan putih bisa diterapkan pada pemilihan kabinet dapur, dinding, dan lain sebagainya. Tambahkan pula beberapa tanaman hias dalam pot kecil untuk membuat dapur terlihat lebih segar.

7. Dapur Japandi dengan gaya modern

Beberapa tahun terakhir, referensi desain interior Japandi yang paling diminati oleh masyarakat adalah yang mengusung konsep modern. Kamu juga bisa menerapkan pilihan gaya satu ini pada dapur kesayangan kamu.

Untuk menonjolkan kesan modern pada dapur, kamu bisa fokus pada pewarnaan, material, hingga perlengkapan dapur dengan kesan modern. Kamu bisa menggunakan warna-warna cerah yang kemudian disesuaikan dengan pilihan furnitur yang kamu kehendaki agar menciptakan harmoni yang apik. Pencahayaan juga harus menjadi perhatian utama pada dapur desain Japandi modern agar terlihat lebih stylish.

Nah, itulah beberapa inspirasi desain dapur dengan gaya Japandi. Dengan gaya ini, maka dapur bisa memancarkan keseimbangan antara fungsionalitas dan visual yang begitu indah. Dengan menggabungkan elemen-elemen dari gaya Jepang dan Skandinavia pula kamu bisa menciptakan dapur yang tak hanya indah tetapi juga nyaman dan fungsional.

Leave a Reply