Ide Renovasi Dapur Minimalis, Estetis, dan Fungsional

Ide Renovasi Dapur Minimalis, Estetis, dan Fungsional

Renovasi adalah suatu proses yang penting untuk dilakukan guna memperbarui, memperbaiki, atau mengubah tampilan dan fungsi rumah. Renovasi tak harus dilakukan secara besar-besaran. Kamu bisa memilih ruangan yang memang perlu diperbaiki atau diperbarui terlebih dahulu, contohnya dapur.

Dapur merupakan bagian penting dalam suatu hunian. Tak hanya sebagai tempat memasak maupun menyiapkan makanan, dapur juga bisa menjadi tempat untuk berkreativitas. Buat kamu yang kebetulan punya rumah kecil, merenovasi dapur dapat menjadi tantangan sendiri. Terlebih lagi, kalau kamu butuh dapur yang tak hanya enak dipandang tetapi juga fungsional.

Ide Renovasi Dapur Minimalis dan Tetap Fungsional

Ide Renovasi Dapur

Desain renovasi yang tepat untuk menyiasati dapur yang kecil adalah desain minimalis. Secara umum, desain minimalis adalah desain yang menghapus elemen-elemen tidak penting dan hanya meninggalkan elemen yang krusial saja.

Namun, ada juga yang mendefinisikan desain minimalis sebagai konsep desain yang mengombinasikan kesederhanaan dan estetika. Jadi, hasilnya adalah dekorasi yang cukup luwes dan tentunya tidak berlebihan.

Nah, buat kamu yang lagi butuh ide renovasi dapur dengan desain minimalis tanpa harus mengorbankan sisi fungsionalnya, berikut beberapa yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Memaksimalkan ruang kosong pada lantai dan langit-langit dapur

Salah satu kunci utama dalam mewujudkan dapur minimalis adalah memaksimalkan penggunaan ruang, khususnya pada bagian lantai dan langit-langit. Untuk langit-langit, kamu bisa memasang rak gantung atau kabinet (kitchen set) tempel untuk menyimpan panci, wajan, piring, dan alat masak serta alat makan lainnya.

Kamu juga bisa menambahkan lemari khusus untuk bagian bawah dapur. Agar dapur terlihat longgar dan rapi, kamu bisa memilih lemari yang memiliki banyak laci. Laci-laci tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan beragam perlengkapan dapur. Pastikan pula untuk memilih warna yang sesuai dengan desain minimalis yang kamu kehendaki.

2. Tambahkan kitchen island atau kitchen bar

Kalau area dapur di rumah kamu tidak begitu sempit, pertimbangkan untuk menambahkan kitchen island atau kitchen bar. Kitchen island memiliki fungsi ganda, yakni sebagai meja kerja tambahan dan juga untuk area makan. Namun, kalau ukuran dapur kamu tak begitu luas, coba pertimbangkan untuk menempatkan kitchen bar.

Baik kitchen island maupun kitchen bar sama-sama dapat kamu manfaatkan sebagai meja makan maupun area untuk menyiapkan makanan. Jadi, kamu tinggal menambahkan beberapa kursi bar di sekelilingnya. Untuk modelnya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan konsep dapur minimalis.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa kitchen island atau kitchen bar yang kamu pilih memiliki desain minimalis dengan fitur kabinet di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan peralatan dan perlengkapan dapur, seperti telenan, pisau, dan alat masak lainnya. Jadi, kamu tak perlu lagi menambahkan kabinet tambahan yang bisa memakan ruang.

3. Buat area makan yang nyaman

Kalau area dapur kamu terbatas dan tidak memungkinkan untuk menambahkan kitchen island atau kitchen bar, kamu masih bisa lho menciptakan area makan yang nyaman di sana. Salah satu caranya adalah kamu membeli kitchen set minimalis berbentuk huruf L. Nah, bagian table top pada kitchen set tersebut bisa kamu gunakan sebagai area makan.

Solusi selanjutnya adalah menggunakan meja lipat yang bisa kamu lipat saat sedang tidak digunakan. Sementara itu, untuk tempat duduknya, kamu bisa memilih kursi yang tidak memakan banyak ruang dan mudah untuk dipindah-pindahkan. Jadi, kalau mau masak, kamu bisa melipat meja dan menggeser kursi agar tidak menghambat pergerakan di dapur minimalis kamu.

4. Ubah tampilan dinding dapur dengan warna netral

Salah satu cara paling simpel untuk memperbarui tampilan ruangan adalah dengan mengecat ulang dinding. Hal ini juga berlaku pada area dapur kamu. Kalau kamu memiliki dapur dengan ukuran mungil, usahakan untuk menghindari menggunakan cat dengan warna-warna gelap. Pilihlah warna netral, seperti putih, abu-abu muda atau krem untuk dinding dapur kamu.

Warna netral merupakan salah satu elemen yang dapat kamu unggulkan untuk menciptakan ruangan dengan konsep minimalis. Selain dengan mengecat dinding, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memasang wallpaper khusus dapur.

Pilihlah wallpaper dengan motif yang tidak terlalu ramai dengan warna dasar netral. Tujuannya tak lain agar dapur kamu tetap terlihat minimalis, estetis, dan bersih. Oh iya, perhatikan juga bahan wallpaper yang mau kamu pilih, ya. Kamu bisa memilih wallpaper dari bahan PVC atau vinyl karena keduanya terkenal awet dan mudah dibersihkan.

5. Ubah tata letak furnitur dan perabot dapur

Kalau kamu bosan dengan tampilan dapur atau mungkin dapur terlihat sempit, coba tata ulang furnitur dan peralatan di dapur kamu. Mulailah dengan menyingkirkan peralatan dapur yang sudah benar-benar tidak kamu gunakan. Sebab, alat-alat tersebut hanya akan membuat dapur kamu terlihat penuh dan ini tidak sesuai dengan konsep minimalis yang kamu inginkan.

Kalau sudah, tata ulang furnitur-furnitur yang ada di dapur mungil kamu. Sebelum memulainya, kamu bisa membuat sketsa atau rencana tata letak terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu bisa meletakkan setiap elemen dapur di tempat yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan area masak, mencuci, dan menyimpan bahan makanan terorganisasi dengan baik dan mudah untuk dijangkau oleh siapa saja. Hindari menggabungkan area bersih dan kotor agar ruang dapur kamu tetap higienis dan bebas kontaminasi silang.

6. Tata ulang pencahayaan

Pencahayaan memainkan peran penting dalam mewujudkan dapur dengan konsep minimalis. Kamu bisa mengganti lampur dapur kamu yang lama dengan lampu LED atau jenis lampu hemat energi lainnya. Lampu LED dapat membuat area dapur kamu memiliki pencahayaan yang terang dan jelas.

Selain lampu utama, kamu juga bisa menambahkan lampur baca di bagian bawah kabinet gantung. Lampu ini akan memberi kamu cahaya tambahaan saat memasak. Pasalnya, beberapa jenis lampu utama sering kali tidak cukup untuk menerangi area memasak.

7. Rombak ubin

Ide renovasi yang terakhir adalah dengan merombak ubin dapur. Ide ini bisa kamu terapkan kalau dapur kamu memiliki ubin yang sudah terlihat tidak menarik lagi atau rusak. Kamu bisa menggantinya dengan ubin baru yang memiliki warna dan motif yang menarik tetapi tetap tidak terlalu berlebihan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ubin backsplash yang cantik untuk memberikan sedikit sentuhan dekoratif pada dapur minimalis kamu. Tak hanya sebagai dekorasi, ubin backsplash juga bisa melindungi dinding dapur kamu dari percikan minyak dan noda-noda memasak lainnya. 

Itulah beberapa ide renovasi untuk dapur minimalis, estetis, dan tentunya tetap fungsional. Jangan pernah merasa ragu untuk bereksperimen dengan desain dan tata letak dapur kamu. Tujuannya agar kamu memiliki dapur yang sesuai dengan preferensi gaya dan kebutuhan rumah kamu. Selamat mencoba!

Leave a Reply