Liburan Produktif: 7 Ide Kegiatan Sosial Selama Liburan

Liburan Produktif: 7 Ide Kegiatan Sosial Selama Liburan

Ada banyak cara untuk membuat momen liburan menjadi lebih produktif. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan sosial. Sederhananya, kegiatan sosial merupakan agenda yang dilakukan oleh sekelompok individu terhadap elemen tertentu dalam masyarakat maupun lingkungan. Banyak sekali jenis kegiatan sosial yang bisa dilakukan selama liburan. Mau tahu apa saja jenis kegiatannya? Simak terus uraian berikut ini.

Pentingnya Melakukan Kegiatan Sosial

Ide Kegiatan Sosial

Pada dasarnya, kegiatan sosial adalah bentuk kepedulian individu atau kelompok terhadap orang lain maupun kelompok yang memiliki keterbatasan. Ada banyak sekali faktor yang mendorong seseorang untuk mau melakukan kegiatan sosial.

Pertama adalah faktor values, yakni faktor yang membuat seseorang bisa mendapatkan bentuk penghargaan dari Tuhan. Faktor yang kedua adalah community concern atau kepedulian terhadap sesama tanpa memandang suku, ras, etnik, maupun kepercayaan tertentu. Dalam community concern ini juga terdapat attachment, yakni perasaan bahagia ketika seseorang melakukan tindakan baik.

Selain itu, ada juga faktor personal development, yakni membantu orang lain menjadi salah satu cara untuk mengembangkan diri. Terakhir adalah faktor understanding people, yakni memahami kultur lain sebagai motivasi untuk melakukan kegiatan sosial. 

Itulah faktor-faktor yang mendorong seseorang memiliki keinginan untuk melakukan kegiatan sosial. Namun apa sebenarnya manfaat dari melakukan kegiatan sosial itu sendiri? Berikut di antaranya:

1. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi

Secara tidak sadar, kemampuan berkomunikasi dapat meningkat seiring dengan banyaknya interaksi yang kamu lakukan. Nah, interaksi itu sendiri bisa kamu lakukan dengan mengikuti kegiatan sosial karena kamu diharuskan untuk selalu berkomunikasi dengan relawan lain atau target kegiatan sosial agar kegiatan berjalan dengan lancar.

2. Membangun kepercayaan diri

Kegiatan sosial menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri. Mengapa bisa demikian? Jawabannya simpel, dengan menyelesaikan suatu pekerjaan, seseorang akan merasa ikut andil dalam pekerjaan tersebut. Sebab itu, dengan melakukan kegiatan sosial, kamu akan memiliki perasaan bangga terhadap diri kamu sendiri karena telah berkontribusi terhadap masyarakat. Pada akhirnya, kegiatan tersebut membuat kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri.

3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

Mengikuti kegiatan sosial memungkinkan kamu untuk bisa menambah pengetahuan dan keterampilan baru, seperti cara menggalang dana hingga memimpin sebuah kelompok. Melalui kegiatan ini pula kamu bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah kamu miliki, utamanya ketika tugas yang kamu emban sesuai dengan keterampilan kamu.

4. Menambah koneksi

Aktif dalam kegiatan sosial memungkinkan kamu untuk bisa memperluas koneksi. Koneksi yang luas akan membantu kamu untuk mengembangkan kompetensi secara personal maupun profesional. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membuat kamu mengenal lebih banyak orang dengan berbagai macam karakter dan latar belakang.

5. Menjadi pribadi yang lebih bahagia

Aktif dalam kegiatan sosial dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih banyak bersyukur, terlebih saat kamu melihat banyak orang kesulitan akhirnya bahagia setelah mendapatkan bantuan. Dengan bersyukur pula, kamu akan lebih mudah merasa senang atau bahagia dengan hal-hal kecil di sekeliling kamu.

7 Ide Kegiatan Sosial Selama Liburan

Ide Kegiatan Sosial

Ada banyak sekali ide kegiatan sosial yang bisa kamu gunakan untuk mengisi liburan. Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 ide kegiatan sosial yang cocok dilakukan selama liburan.

1. Kerja bakti

Aktivitas satu ini sudah turun-temurun dilakukan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Bagi kamu kawula muda yang jarang bergaul dengan lingkungan sekitar, cobalah sesekali untuk ikut melakukan kerja bakti.

Biasanya, kerja bakti dilakukan setiap satu minggu sekali, tergantung keputusan RT setempat. Dengan melakukan kegiatan ini, kamu bisa lebih mengenal tetangga sekitar dan ikut berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan. Namun tak semua daerah menerapkan kegiatan sosial ini, biasanya hanya dilakukan oleh mereka yang masih tinggal di wilayah perkampungan.

2. Bakti sosial

Ide kegiatan sosial selanjutnya adalah melakukan bakti sosial. Kegiatan ini umumnya dilakukan bersama organisasi atau institusi tertentu. Dengan menjadi bagian dari organisasi tersebut, kamu bisa membantu melakukan pengumpulan dana yang selanjutnya akan disumbangkan ke panti asuhan, rumah sakit, panti jompo, atau kelompok masyarakat yang membutuhkan bantuan. Bantuan yang bisa diberikan dapat berbentuk donasi, sembako, bantuan perlengkapan sekolah, dan masih banyak lagi.

3. Program belajar gratis

Nah, kegiatan sosial yang berikut ini cocok buat kamu para mahasiswa yang sedang menikmati momen liburan. Kegiatan ini juga bersifat edukatif karena agenda yang dilakukan adalah dengan memberikan pelajaran-pelajaran dasar, seperti menulis, membaca, dan berhitung.

Program belajar gratis akan sangat bermanfaat bagi anak-anak di kawasan pinggiran yang kurang berentung dalam hal akses pendidikan. Bila kamu memiliki buku cerita atau buku pelajar yang sudah tidak terpakai tetapi layak untuk digunakan kembali, bisa loh disumbangkan kepada anak-anak tersebut.

4. Penggalangan dana

Kegiatan sosial yang berikut ini umumnya dilakukan oleh mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam menyalurkan bantuan terhadap kelompok masyarakat yang kurang beruntung. Kamu bisa ikut berpartisipasi dengan organisasi mahasiswa tersebut untuk mengumpulkan dana.

Agar penggalangan dana tidak merugikan pihak tertentu dan terkesan memaksa, ada baiknya penggalangan dana dilakukan dengan menjual sesuatu. Contohnya menjual makanan, kaos, dan lain sebagainya yang mampu menarik calon konsumen. Nah, uang dari hasil penjualan tersebut bisa digunakan untuk membantu target masyarakat yang ingin diberi bantuan.

5. Program kepedulian lingkungan

Buat kamu yang prihatin dengan kondisi bumi, wajib untuk mengikuti kegiatan sosial yang berhubungan dengan kepedulian lingkungan. Kegiatan ini bisa berupa program tanam pohon, membersihkan kawasan bibir pantai, membersihkan sungai dari sampah, dan masih banyak lagi.

Sudah banyak loh organisasi peduli lingkungan di Indonesia yang aktif mengkampanyekan pentingnya menjaga bumi. Kamu bisa bergabung dengan organisasi-organisasi tersebut untuk terlibat secara aktif dalam menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan.

6. Pemberdayaan masyarakat

Kegiatan pemberdayaan masyarakat bisa menjadi cara produktif untuk menikmati liburan. Kegiatan ini bisa berupa pemberian pelatihan keterampilan, lokakarya, atau seminar dengan topik tertentu yang kamu kuasai. Kegiatan semacam ini dapat memberikan kesempatan bagi kelompok masyarakat tertentu untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kualitas hidup mereka.

7. Seminar kesehatan

Kegiatan sosial yang berikut ini dapat dilakukan oleh mahasiswa dari fakultas kedokteran yang sedang melakukan KKN atau kegiatan lainnya. Seminar kesehatan gratis merupakan agenda di mana pelaksana program memberikan edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat tanpa dikenai biaya. Tujuannya tak lain agar masyarakat lebih memahami kesehatan tubuh mereka sendiri.

Nah¸ itulah beberapa kegiatan sosial yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan. Seperti yang disinggung sebelumnya, kegiatan sosial umumnya dilakukan secara berkelompok, baik itu dari organisasi kampus, lembaga kemasyarakatan, maupun perusahaan. Jadi, buat kamu yang ingin aktif secara sosial, jangan segan-segan untuk bergabung dengan organisasi yang rutin mengadakan kegiatan sosial, ya.

Leave a Reply