Intip Cara Hitung Biaya Desain Interior Sesuai PUPR dan HDII

Menentukan estimasi biaya desain interior memudahkan perencanaan anggaran hunian idaman. Lalu bagaimana cara hitungnya? Simak!
Biaya-Design-Intrrior

Menginginkan rumah yang estetik tentunya tidak lepas dari peran jasa arsitek. Jika pemilik ragu menggunakan tenaga ahli karena alasan minim biaya, maka ada baiknya ketahui dahulu perhitungan biaya desain interior. Dengan begitu akan diperoleh gambaran estimasi harga demi menyiapkan anggaran yang sesuai.

Sebetulnya sudah ada suatu ketetapan besaran biaya desain berdasarkan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Kita saja bahas di bawah ini.

Biaya desain interior menurut PUPR dan HDII

  1. Persenan komisi terhadap total anggaran

Tipe komisi memperhitungkan biaya maksimal yang boleh dipatok oleh seorang desainer interior. Umumnya persentase yang ditetapkan sekitar 2-5 persen dari total biaya produksi. Namun pada arsitek terkenal yang memang sudah sangat ahli di bidangnya bisa mematok harga 10 persen dari keseluruhan pembangunan. 

Tidak hanya tergantung dari keahlian desainer, tetapi ukuran dan luas ruangan pun mempengaruhi persentase. Biasanya jika luas area semakin besar, maka persentase harga akan semakin diturunkan.

Contoh kasus, misalkan seorang desainer diminta mendesain ruangan seukuran 500 m2 dengan biaya senilai 5miliar. Adapun biaya desainer yang dibebankan sebesar 2 persen. Maka Rp5.000.000.000 x 2% = Rp100.000.000. 

  1. Memperhitungkan tiap meter persegi ruangan

Berdasarkan aturan ini maka desainer interior menghitung tarif berdasarkan per meter persegi proyek yang dikerjakannya. Biasanya antara Rp200.000 sampai Rp1.000.000 tergantung dari kredibilitas arsitek. Jadi semakin terkenal seorang desainer maka akan semakin mahal pula harga rancangannya.

Cara menghitung biaya desain interior arsitek cukup sederhana. Misalkan seorang desainer mematok tarif Rp600.000 per m2 dan ukuran ruangan yang akan didesain mencapai 20x10m. Maka total harga yang harus dibayar yakni: Rp600.000 x (20×10) m = Rp12.000.000. 

  1. Biaya jasa berdasarkan biaya gambar desain

Ada juga cara menghitung biaya desain interior yang mematok harga berdasarkan gambar yang dibuat. Semakin rumit penggambaran, maka otomatis harganya akan semakin mahal. Misalnya harga pembuatan desain gambar rumah minimalis yang hanya berisi beberapa perabot saja tentu akan lebih murah dibanding ruangan kompleks.

  1. Biaya jasa build and design 

Desainer ini tidak hanya mematok biaya gambar saja, tetapi akan langsung menangani pembuatannya. Biasanya mencakup pemasangan lantai, pengaturan pencahayaan ruangan, pengecatan plafon, dinding, dan lain-lain. Cara perhitungan seperti inilah yang disebut dengan build and design.

Jadi untuk pemilik yang ingin menyelesaikan pekerjaan dengan satu arsitek saja maka sangat cocok memilih desainer jenis ini. Ia akan langsung terjun mengurusi pengisian furnitur hingga seluruh proses pengisian benar-benar selesai.

Nantinya perhitungan gambar akan ditambah dengan seluruh kebutuhan akan furnitur, biaya tukang, dan lain sebagainya.

  1. Desain interior dengan tarif per jam

Seiring pesatnya kemajuan teknologi, maka bidang arsitektur pun juga tidak mau ketinggalan ikut menikmatinya. Kini hadir jasa desain interior online yang memberikan penawaran tarif per jam. Tidak hanya praktis karena tidak perlu keluar rumah, biayanya pun cukup terjangkau.

Keunggulan yang ditawarkan layanan desainer online yakni:

  • Konsultasi bisa dilakukan via online dengan menggunakan berbagai platform digital seperti chatting, video call, telepon, dan lain-lain.
  • Merencanakan penempatan furnitur.
  • Membuat daftar belanja beserta estimasi harga terhadap furnitur tersebut.
  • Penentuan konsep desain interior yang diminati.
  • Dokumen yang disajikan berupa data digital sehingga mudah dibagikan. 

Untuk tarif desainer interior online sangat bervariasi belum ada regulasi yang mengatur patokannya. 

  1. Perhitungan biaya-biaya lainnya

Tidak hanya memperhatikan biaya desain interiornya, namun ada hal penunjang lainnya yang tidak kalah penting. Komponen tersebut misalnya: harga dekoratif, harga tenaga ahli, harga furnitur, harga elektronik, dan lain-lain. 

Cara menghemat budget desain interior

  1. Buat dahulu estimasi RAB yang dibutuhkan

Buatlah ancang-ancang RAB secara sederhana untuk memberikan estimasi harga kepada desain interior mengenai budget yang disiapkan.

  1. Gunakan barang-barang lama

Untuk membuat biaya desain interior terjangkau tidak ada salahnya memasukkan barang-barang lama yang masih layak dipakai pada ruangan. Item tersebut nantinya bisa dipadukan ke dalam desain interior baru.

  1. Mengetahui konsep furnitur yang diinginkan

Ketahui dahulu konsep desain yang diinginkan untuk mempercepat proses diskusi dengan desain interior.

Yuk ajukan pembiayaan untuk renovasi melalui Danasyariah, tersedia tenor hingga maksimal 10 tahun terbuka untuk berbagai kalangan (syarat & ketentuan berlaku). Silahkan tanya-tanya terkait program pembiayaan renovasi melalui Danasyariah, bisa melalui website ataupun mobile apps. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi melalui kana-kanal resmi Danasyariah.  

Leave a Reply