Jenis dan Fungsi Akta Notaris Dalam Jual Beli Rumah

Beragam fungsi akta notaris mampu memberikan legalitas dan perlindungan hukum. Simak selengkapnya berikut ini!
fungsi-akta-notaris

Membeli rumah impian tentunya adalah hal yang sangat dinantikan. Namun, pastikan memenuhi legalitas transaksi yang sedang berlangsung. Jadi mengetahui fungsi akta notaris adalah hal penting yang harus disiapkan sebelum memutuskan membeli sebuah properti.

Jenis dan fungsi akta notaris transaksi rumah

  1. Akta yang dibuat di depan notaris

Dokumen yang tidak langsung dibuat oleh notaris melainkan pihak lain sehingga disebut akta pihak. Namun pengesahan akta dilakukan di depan fungsi akta notaris terpercaya selaku saksi. Isi akta memuat hal-hal mendetail mengenai apa yang diterangkan pihak-pihak terlibat.

  1. Akta yang dibuat langsung oleh notaris

Disebut juga dengan akta berita acara atau akta pejabat. Isi dari dokumen ini yakni pemuatan dokumen yang berisi uraian kegiatan tertentu yang nantinya dibuat dan disahkan oleh notaris. Untuk proses legalisasi ini setidaknya membutuhkan dua orang saksi di tempat kejadian. 

Kewajiban notaris dalam proses fungsi akta

  1. Bertindak berdasarkan kebenaran

Seorang notaris harus mampu bersikap menjunjung tinggi kebenaran berdasarkan hukum yang berlaku. Sikap-sikap tersebut seperti: jujur, mandiri, dan Amanah. Serta yang paling penting mampu bertanggung jawab atas segala pekerjaan yang dilakukan. 

  1. Berada di pihak netral

Seorang notaris harus bersifat netral dalam proses pembuatan akta sehingga kebijakan yang dibuat tidak timpang. Pasal-pasal dalam perjanjian diatur untuk kesepakatan kedua belah pihak yang sama-sama diuntungkan. Tentunya Undang-undang tersebut sudah sesuai fungsi akta notaris menurut ahli.

  1. Tugas administratif

Tidak hanya bertugas membuat akta, seorang notaris juga harus menyimpan salinan dokumen yang dibuatnya. Hal tersebut sudah merupakan protokol mereka dalam bekerja.

  1. Menjaga keamanan klien

Notaris wajib menjaga kerahasiaan data-data klien mereka. Tidak hanya itu, segala keterangan yang diperoleh dalam perjanjian tersebut juga tidak boleh dibocorkan kecuali untuk kepentingan tertentu. Data tersebut hanya bisa diberikan pada pihak yang terkait perjanjian saja.

  1. Perhitungan biaya jasa akta notaris

Penentuan tarif untuk menghitung biaya jasa notaris diatur dalam Undang-undang No.30 Tahun 2004. Isi peraturan tersebut yakni penentuan tarif berdasarkan nilai transaksi yang terlaksana.

Misalkan apabila nilai transaksi berada di bawah 100 juta rupiah, maka akan dipasang tarif ekonomis sebesar 2.5persen dari nilai tersebut. Sedangkan apabila nilai transaksi lebih dari 100juta dan di bawah 1miliar rupiah, maka besarnya persentase tarif sebesar 1.5persen saja. 

Kemudian besarnya tarif akan turun kembali hingga 1persen apabila transaksi bernilai di atas 1miliar. Seluruh biaya tersebut sudah termasuk membayar honor notaris dengan nominal tertinggi mencapai 5juta rupiah.

  1. Jenis akta notaris lainnya

Tidak hanya akta pembuatan transaksi rumah, namun notaris pun juga mampu membuat dokumen-dokumen launnya yakni:

  • Akta notaris berupa hasil rapat perusahaan baik rapat biasa atau pun RUPS
  • Akta notaris yang berisi perjanjian jual beli saham
  • Akta notaris untuk pendirian sebuah badan usaha
  • Akta notaris sebagai landasan pendirian sebuah koperasi
  • Akta notaris yang berfungsi mengubah akta perusahaan sebelumnya
  1. Isi secara umum akta jual beli notaris

Secara sederhana, dokumen fungsi akta notaris rumah ini memuat beberapa hal penting berikut yakni:

  • Adanya kesepakatan jual beli antara pihak yang terlibat langsung.
  • Para pihak yang membuat kesepakatan haruslah sudah benar-benar cakap dan dewasa sehingga segala keputusan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Adanya sesuatu sebab yang baik dan benar dengan tidak melanggar hukum,  norma, atau sejenisnya.
  • Memuat tujuan tertentu dalam ini tujuan untuk melangsungkan perjanjian jual beli rumah.

gimana nih #TemanSyariah udah paham kan fungsi dari akta notaris untuk pembelian rumah itu apa? kalo udah paham yuk, langsung saja dapatkan rumah impian dengan DanaSyariah!

Leave a Reply