Mending Jual Rumah Sendiri atau Pakai Jasa Agen Properti? Ini Jawabannya!

Mending Jual Rumah Sendiri atau Pakai Jasa Agen Properti? Ini Jawabannya!

Rumah adalah aset berharga dengan likuiditas tinggi. Maksudnya, rumah tak mudah untuk dijual agar bisa dicairkan menjadi uang tunai. Meskipun semua orang pada dasarnya butuh rumah, sulit untuk bisa memilikinya. Jadi, bila kamu sedang butuh dana cepat dan rencananya mau jual rumah, kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan: jual sendiri atau pakai jasa agen.

Kedua opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengeksplorasi keduanya dari perspektif yang berbeda untuk menemukan opsi paling pas buat kamu.

jasa agen properti

Kelebihan dan Kekurangan Jual Rumah Melalui Agen 

Tak perlu malu mengakui bahwa tak semua orang punya pengetahuan cukup mengenai jual beli rumah. Bagi yang tidak ingin repot, cara termudah untuk memasarkan properti adalah lewat jasa agen. Berikut ini adalah beberapa kelebihan menjual rumah melalui agen:

1. Agen lebih profesional

Umumnya, agen properti yang sudah memiliki lisensi mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai pasar properti, tren harga, dan preferensi pembeli. Mereka bisa memberikan informasi luas mengenai cara agar rumah kamu mampu menarik minat pembeli yang potensial.

Di sisi lain, agen properti juga memiliki area kerja mereka masing-masing. Mereka biasanya memilih lokasi tertentu untuk memasarkan suatu produk properti dengan pemahaman harga dan lingkungan yang cukup baik. 

Hal tersebut tentunya akan sangat mempermudah calon pembeli saat bertanya mengenai kondisi lingkungan dan keuntungan investasi dari properti terkait. Sementara itu, pemilik rumah juga tak perlu repot menjelaskan semuanya sendiri ke calon pembeli karena sudah ada agen.

2. Efisien dan fokus pada hal-hal yang penting

Dengan menggunakan jasa agen profesional, kamu bisa menghemat waktu kamu dalam mencari calon pembeli. Kamu bisa menyerahkan semuanya ke agen yang sudah kamu rekrut. Mulai dari memasarkan properti hingga menerima kontak dari calon pembeli, semuanya adalah tugas agen.

Tugas kamu hanyalah melakukan kontak lanjutan atau follow up untuk calon pembeli yang memang prospektif. Selain itu, kamu juga wajib hadir dalam prosesi pengecekan rumah bila calon pembeli menghendakinya.

3. Mempercepat penjualan

Agen properti profesional memiliki strategi jitu guna memasarkan produk properti yang dipercayakan pada mereka. Tak hanya memiliki strategi pemasaran yang efektif, mereka juga memiliki koneksi yang luas. Umumnya, mereka juga saling bertukar informasi dengan sesama agen untuk mempercepat proses penjualan.

Di sisi lain, agen properti juga memiliki koneksi dengan banyak pihak legal, seperti notaris. Jadi, kamu tak perlu mencari notaris sendiri. Serahkan saja ke agen agar semua prosedur administrasi hukum bisa selesai dengan benar.

Eits, jangan terlalu fokus ke sisi keuntungannya saja. Menjual rumah lewat agen properti juga ada kekurangannya, lho. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Harus bayar komisi

Bila menggunakan jasa agen properti, berarti kamu harus siap membayar biaya komisi. Jumlahnya minimal 2% dari harga jual rumah dan hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 33/M-DAG/PER/8/2008. Jumlah pastinya bisa dinegosiasikan di awal perjanjian.

2. Risiko penipuan

Agen properti mengurus semua hal terkait jual beli rumah, tak terkecuali dokumen resmi. Kalau kamu memilih agen yang tidak kredibel, bisa jadi agen tersebut akan meminta sertifikat rumah kamu dan bahayanya, sertifikat akan diselewengkan seperti digadaikan. Untuk itu, usahakan untuk selektif dalam memilih agen.

3. Ketergantungan

Ketika kamu menggunakan jasa agen untuk menjual rumah, otomatis kamu harus mengandalkan agen untuk melakukan mayoritas proses penjualan. Jadi, jika ada pembeli yang menghubungi kamu tanpa lewat agen, proses jual beli tetap harus melalui agen yang kamu rekrut.

Kelebihan dan Kekurangan Jual Rumah Tanpa Agen

Tentunya ada beberapa keuntungan yang akan kamu rasakan bila menjual rumah tanpa lewat agen properti. Adapun keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Kendali penuh

Saat menjual rumah sendiri, kamu bisa memiliki kendali penuh atas seluruh proses penjualan. Mulai dari harga, strategi pemasaran, waktu penjualan, hingga mengubah harga jual, semua bisa kamu tentukan sendiri tanpa harus menghubungi pihak manapun.

2. Tak perlu menanggung biaya komisi

Kalau pakai jasa agen, kamu tentu harus membayar komisi. Beda ceritanya jika tidak pakai agen, kamu tak perlu repot-repot membayar komisi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari hasil penjualan rumah.

3. Keterlibatan langsung dengan calon pembeli

Tanpa adanya pihak ketiga, kamu bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Pihak pembeli juga akan merasa diuntungkan karena bisa bertemu langsung dengan pemilik properti. Kamu sebagai penjual juga bisa lebih selektif dalam memilih mana pembeli yang potensial dan mana yang tidak.

Nah, bila kamu memutuskan untuk menjual rumah tanpa perantara, kamu wajib memahami beberapa kekurangannya, di antaranya:

1. Waktu dan upaya ekstra

Bila menjual rumah tanpa agen, berarti kamu harus mengurus semuanya sendiri. Mulai dari memasarkan rumah, mencari pembeli potensial, bolak-balik menghubungi pembeli yang potensial, hingga mengurus dokumen legal, semua harus kamu kerjakan sendiri. Dengan kata lain, kamu harus siap mengeluarkan waktu dan tenaga ekstra untuk menjual rumah kamu.

2. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, orang menggunakan jasa agen karena pada dasarnya tidak memiliki cukup pengetahuan mengenai jual beli rumah. Nah, kalau kamu tidak memiliki pengalaman dalam bidang jual beli rumah, mungkin kamu akan kewalahan sendiri. Rumah kamu tidak akan cepat laku karena sulit mencari pembeli dan kamu sendiri mungkin akan bingung menangani proses negosiasi.

Jadi, Pakai Jasa Agen atau Tidak?

Memilih antara menjual rumah tanpa perantara atau menggunakan jasa agen adalah keputusan yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Kalau kamu punya waktu, pengetahuan, dan keterampilan yang cukup mumpuni dalam bidang jual beli properti, menjual rumah sendiri adalah opsi yang tepat.

Namun, bila kamu butuh pembeli cepat dan tidak mau pusing dengan proses yang rumit, menggunakan jasa agen profesional adalah pilihan yang bijaksana. Penting untuk diingat bahwa setiap situasi penjualan rumah bisa berbeda-beda dan tidak ada satu jawaban yang benar untuk semua penjual rumah.

Jadi, pilihlah opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Pertimbangkan pula untuk berkonsultasi dengan ahli properti atau orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menjual rumah sendiri. Dengan pertimbangan yang matang, kamu pasti bisa mendapatkan calon pembeli yang potensial agar rumah kamu segera laku.

Leave a Reply