Kelebihan Dan Kekurangan Beli Rumah Syariah Untuk Masa Depan

1

Beli rumah Syariah bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin mendapatkan rumah tanpa riba. Dalam kata lain, pembelian rumah akan menggunakan aturan hukum Islam yang sesuai. Dengan begitu juga membantu Anda dalam mengurangi terjadinya kerugian. 

Akan tetapi, sama halnya dengan produk pembiayaan rumah yang lainnya, di mana akan ada kekurangan dan kelebihannya. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan yang bisa Anda perhatikan sebagai pertimbangan.

Kelebihan Dan Kekurangan Beli Rumah Syariah Untuk Masa Depan

  1. Dari segi cicilan

Jika dilihat dari segi cicilannya, kelebihannya adalah cicilan ini akan bersifat tetap dan tidak tergantung dengan suku bunga bank Indonesia. Jadi Anda tidak perlu membayar biaya lagi dengan bunga yang berubah-ubah atau tanpa menggunakan bunga. Sedangkan kekurangannya adalah Anda menjadi tidak bisa menikmati keuntungan ketika bunga banknya menurun. 

  1. Pembayaran

Kelebihan pembiayaan rumah Syariah adalah Anda bisa melakukan pembayaran lebih awal jika ingin lunas. Dalam bank Syariah tidak akan menggunakan atau mengenakan denda dalam pembayarannya. Hal ini berbeda dengan bank konvensional lainnya. 

Akan tetapi, kekurangannya adalah jika Anda melakukan keterlambatan tertentu, maka ada denda yang harus dibayarkan. Selain itu, jika dilihat dari segi jumlah juga akan lebih besar atau banyak daripada dengan bank konvensional. 

  1. Prosesnya

Mungkin ada beberapa orang yang baru mengenal pembiayaan dana rumah secara Syariah. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena kelebihan dari penggunaan KPR ini adalah memiliki proses yang tepat dan juga jelas. Selain itu, juga persyaratan yang digunakan juga sudah sesuai dengan prinsip Syariah. Jadi dalam segi agama juga akan lebih nyaman. 

Sedangkan hal ini terkadang bisa menjadi kekurangan. Persyaratan yang dibutuhkan biasanya akan lebih banyak dan lebih spesifik. Namun Anda tidak perlu ragu karena ada beberapa hal yang bisa membuat KPR Syariah ini lebih aman dan nyaman untuk Anda ikuti.

  1. Perencanaan

Jika dilihat dari segi perencanaan, pembiayaan dana rumah ini bisa menjadi keuntungan atau kelebihan untuk keluarga baru. Hal ini karena sifat cicilannya yang sudah tetap. Jadi Anda bisa mengalokasikan dana yang lain untuk kebutuhan yang lain juga. 

Akan tetapi kekurangannya adalah angka DPnya biasanya akan lebih besar di bagian awal. Jadi ketika Anda memutuskan untuk menggunakan KPR rumah Syariah, pastikan jika Anda sudah memiliki dana yang cukup untuk melakukan DP awal. Melakukan KPR Syariah atau beli rumah Syariah ini bisa membantu untuk Anda yang tidak ingin terkena bunga bank. Selain itu dari segi cicilan juga akan lebih nyaman karena menggunakan cicilan tetap. Akan tetapi, pastikan Anda juga sudah mengalokasikan dana yang cukup sebagai uang muka di awal. Dengan demikian akan memperlancar prosesnya sehingga bisa mendapatkan keuntungan dengan lebih maksimal.

Leave a Reply