7 Manfaat Tanaman Hias di Dalam Rumah

Tanaman hias dalam ruangan sudah menjadi tren populer di kalangan masyarakat, terutama semenjak pandemi COVID-19. Banyak orang mulai menghiasi rumah atau kamar mereka dengan aneka tanaman hias. 

Ada yang tujuannya untuk mempercantik ruangan. Ada pula yang tujuannya untuk meningkatkan kesehatan mental. Selain memberikan keindahan visual pada ruangan, tanaman hias di dalam ruangan juga memberikan sejumlah manfaat yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. 

Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

7 Manfaat Meletakkan Tanaman di Dalam Rumah

Tanaman Hias

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat meletakkan tanaman di dalam ruangan.

1. Menyegarkan udara

Tanaman hias dapat membantu menyaring udara di dalam ruangan dari polutan berbahaya seperti benzena dan formaldehida. Beberapa jenis tanaman seperti bromelia bisa menghilangkan lebih dari 80% senyawa organik yang mengalami penguapan dalam kurun waktu 12 jam.

Ada lagi tanaman dracaena yang dapat menghilangkan aseton hingga 94%. Jadi, menempatkan beberapa tanaman hias dengan ukuran sedang hingga besar di beberapa sudut rumah bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah.

2. Menambah kenyamanan ruangan

Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan tak hanya untuk mempercantik ruangan tersebut tetapi juga untuk meningkatkan kenyamanan ruangan. Tanaman-tanaman hias bisa membuat udara di dalam ruangan lebih lembab, mengurangi kebisingan, dan juga menutupi area ruangan yang kurang menarik.

Tak hanya itu, tanaman hias juga bisa membuat ruangan terasa lebih teduh karena dapat menghalau masuknya sinar matahari yang terlalu terik. Dengan begitu, suhu di dalam ruangan menjadi lebih nyaman meskipun tanpa pendingin.

3. Membantu meningkatkan kesehatan mental

Fungsi tanaman hias di dalam ruangan lebih dari sekadar penambah visual, tetapi juga bisa berdampak positif terhadap kesehatan mental penghuninya. Sebuah riset telah menunjukkan bahwa meletakkan tanaman di bangsal rehabilitasi jantung dan paru-paru di rumah sakit Norwegia mampu meningkatkan kesejahteraan mental pasien. Ini lantaran tanaman hias di dalam ruangan bisa memberikan efek penenang sehingga dapat mengurangi stres penghuninya, terutama bila penghuni ruangan tidak bisa keluar ruangan karena satu atau dua hal.

4. Membantu mengurangi stres

Sebuah riset yang dipublikasikan di Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman di dalam ruangan mampu membuat penghuninya merasa lebih nyaman dan tenang. Dalam penelitian tersebut, partisipan diberi dua pekerjaan berbeda yakni menyelesaikan tugas singkat menggunakan komputer atau melaporkan kondisi tanaman di dalam ruangan.

Setelah tugas selesai, para peneliti kemudian mengukur kondisi biologis partisipan terkait dengan stres. Para peneliti menemukan bahwa pekerjaan yang berhubungan dengan bertanam di dalam ruangan mampu menurunkan stres pada peserta. Sebaliknya, pekerjaan komputer membuat partisipan mudah stres yang mana dilihat dari meningkatnya tekanan darah dan denyut jantung.

5. Menjadi alat terapi

Bagi orang-orang yang mengalami kondisi kesehatan mental, bertanam di dalam ruangan bisa memberikan efek terapi. Para peneliti menggunakan terapi dalam bentuk cocok tanam hortikultura.

Hasilnya, pasien dengan gangguan depresi, demensia, kecemasan, dan kondisi mental lainnya mengalami peningkatan perasaan sejahtera. Salah satu klinik di Manchester, Inggris bahkan senantiasa menyarankan pasien mereka dengan gejala depresi atau kecemasan untuk memiliki tanaman pot dalam rumah.

6. Meningkatkan konsentrasi

Adanya tanaman di dalam ruangan dapat menciptakan interaksi antara manusia dan alam. Pada akhirnya, hal ini bisa membantu penghuni rumah dalam meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.

Lebih lanjut, keberadaan tanaman di dalam rumah juga bisa membuat penghuni rumah lebih jarang sakit. Dengan begitu, mereka tetapi bisa berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan kantor maupun rumah.

7. Memunculkan perasaan pencapaian

Dalam suatu penelitian, memelihara tanaman dalam pot di dalam rumah bisa meningkatkan kualitas hidup penghuni rumah. Manfaat ini bisa didapatkan karena saat kamu rutin memelihara tanaman dan melakukan proses perawatannya sendiri, kamu akan merasakan suatu pencapaian atau rasa bangga karena tanaman tersebut tumbuh dengan baik.

Perasaan itulah yang membuat hidup terasa lebih bahagia. Sama halnya dengan memelihara binatang, kamu juga bisa memperlakukan tanaman hias sebagai teman. 

7 Jenis Tanaman yang Cocok di Dalam Rumah

Tanaman Hias

Bagaimana, sudah paham kan apa saja manfaat tanaman di dalam ruangan? Nah, berikut ini ada beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah atau ruangan.

1. Spider plant

Spider plant atau tanaman laba-laba merupakan jenis tanaman hias dengan daun hijau panjang yang cenderung menjuntai. Tanaman cantik ini dipercaya mampu menyerap zat-zat kimia yang berasal dari perabotan rumah tangga seperti kulit dan karet.

2. Lidah mertua

Lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang paling populer. Pasalnya, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan bisa tetap hidup dalam kondisi minim air dan cahaya. Di samping itu, tanaman ini juga efektif membantu menyaring zat-zat berbahaya seperti formalin, karbondioksida, dan benzena yang terkandung dalam udara.

3. Pachira

Pachira atau yang biasa dikenal dengan sebutan money plant merupakan tanaman hias yang kerap dikaitkan dengan keberuntungan finansial. Tanaman ini mampu memproduksi oksigen pada malam hari sehingga membuat ruangan terasa lebih sejuk dan segar. Perawatannya juga relatif mudah, hanya perlu disiram paling tidak seminggu sekali.

4. Palem kuning

Palem kuning merupakan jenis palem yang memiliki pelepah daun panjang. Bentuk daunnya ini dapat memberikan nuansa tropis di dalam ruangan. Perawatannya mudah dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari langsung. Tanaman ini hanya perlu diberi pupuk secara berkala agar tetap hidup.

5. Peace lily

Peace lily merupakan jenis tanaman hias berbunga yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari langsung. Tanaman ini memiliki daun hijau besar dengan bunga berwarna putih, cocok sekali digunakan untuk memperindah ruangan. Selain itu, tanaman bunga ini juga mampu menyerap zat kimia beracun yang berasal dari cat dinding.

6. Asparagus fern

Asparagus fern merupakan tanaman hias dengan bentuk yang unik dan cocok bila ditanam dalam pot gantung untuk menambah keindahan ruangan. Tanaman ini juga mampu menyerap senyawa berbahaya seperti formalin dari udara yang biasanya terdapat pada furnitur kayu.

7. Philodendron

Philodendron adalah salah satu tanaman hias yang dapat menambah estetika ruangan. tanaman dengan daun berbentuk hati ini bisa tetap tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya redup dan efektif untuk membersihkan udara dalam ruangan.

Nah, itulah manfaat meletakkan tanaman hias di dalam rumah atau ruangan. Menempatkan tanaman hias dalam ruangan bukan hanya tren semata, tetapi juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental penghuni rumah. Buat kamu yang baru mau mulai bertanam di dalam rumah, pilih jenis tanaman hias yang mudah perawatannya seperti beberapa yang disebutkan di atas.

Leave a Reply