Mau Mengajukan KPR? Jangan Lupa Penuhi Syarat-syaratnya

Kredit Rumah Syariah: Syarat, Tahapan Pengajuan, Jenis Akad, dan Keuntungan
Sumber : Envato

Ingin membeli rumah tetapi tidak sanggup bayar tunai? KPR solusinya. Walau bisa mempermudah proses membeli rumah, syarat mengajukan KPR cukup ketat, baik untuk yang syariah maupun konvensional. Hal ini wajar karena bank atau lembaga pendanaan harus yakin terhadap kemampuan nasabah untuk membayar cicilan.

Persyaratan KPR terdiri dari beberapa aspek. Inilah penjelasannya agar persiapan pengajuannya semakin mudah.

syarat mengajukan KPR
Sumber : Envato

Syarat Identitas

Pengajuan KPR di Indonesia mewajibkan calon nasabah untuk memenuhi syarat awal terkait identitas dan latar belakang, yaitu:

Warga Negara Indonesia

Calon nasabah KPR adalah WNI dengan usia minimal 21 tahun. Usia maksimal saat cicilan diperkirakan selesai adalah 55 tahun untuk karyawan dan 65 tahun untuk pengusaha.

Sudah Bekerja atau Mengelola Usaha selama Beberapa Waktu

Calon nasabah yang berstatus karyawan harus sudah bekerja minimal dua tahun di perusahaan yang sekarang. Bagi pengusaha, bisnisnya sudah harus berjalan semalam minimal tiga tahun.

Syarat Dokumen

Cara pengajuan KPR agar bank atau lembaga pendanaan cepat menerimanya adalah memastikan dokumenmu lengkap. Setiap nasabah yang memenuhi syarat awal wajib menyediakan dokumen berupa:

  • KTP yang berlaku beserta fotokopinya
  • Slip gaji atau bukti pemasukan minimal selama masa kerja dua tahun (di tempat yang sama)
  • Salinan rekening koran minimal tiga bulan terakhir
  • Nomor Peserta Wajib Pajak beserta fotokopi kartunya
  • Buku nikah atau surat cerai dan fotokopinya (bagi yang sudah menikah atau cerai secara resmi
  • Fotokopi sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Fotokopi sertifikat pembelian rumah (jika beli dari individu)
  • Fotokopi sertifikat utama dari pengembang (jika beli rumah dari pengembang)

Jika kamu pengusaha, ganti slip gaji dengan dokumen penghasilan bisnis (TDP, SIUP, dan sebagainya) plus laporan keuangan bisnismu minimal tiga bulan terakhir.

Ingat, setiap institusi pendanaan mungkin meminta rincian persyaratan khusus yang sedikit berbeda. Misalnya, ada yang meminta surat izin perpanjangan usaha

Syarat Kondisi dan Lokasi Rumah

Syarat mengajukan KPR rumah ternyata bukan hanya soal latar belakang nasabah dan dokumen. Pihak pendanaan KPR harus memastikan bahwa rumah yang akan kamu tempati memiliki dua ciri utama: tidak berada di lokasi terlarang dan layak huni.

Karakteristik Lokasi Terlarang/Tidak Ideal

Inilah beberapa lokasi yang sebaiknya kamu hindari ketika mengajukan permohonan KPR:

  • Rumah yang berada di tanah sengketa atau memiliki status ilegal
  • Rumah yang jaraknya kurang dari 200 meter dari kuburan atau komplek pemakaman
  • Rumah yang terlalu dekat dengan tempat sampah atau sumber bau busuk
  • Rumah yang posisinya dekat dengan tempat pengolahan limbah atau lokasi berbahaya lainnya
  • Rumah yang posisinya tepat di bantaran sungai atau di bawah menara sutet

Intinya, setiap rumah yang lokasinya berpotensi menimbulkan bahaya atau risiko, baik bagi hunian maupun penghuninya (pihak yang membayar cicilan KPR), biasanya tidak akan dipertimbangkan oleh bank atau lembaga pendanaan.

Karakteristik Rumah Layak Huni

Bagaimana dengan aspek positif dari calon hunianmu?

Untuk mengetahui karakteristik rumah yang mudah lolos pengajuan KPR, kamu bisa merujuk pada karakteristik Rumah Layak Huni (RLH) berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 terkait Perumahan Kawasan dan Permukiman.

Inilah karakteristik RLH yang berlaku di Indonesia:

  1. Tampilan Fisik Lengkap

Secara fisik, Rumah Layak Huni harus memiliki tiga elemen utama: atap, dinding, dan lantai. Ketiga elemen ini menjadi patokan dalam membangun fitur lain.

  1. Memiliki Fasilitas Hidup Layak

Rumah Layak Huni wajib memiliki fasilitas yang memungkinkan penghuninya hidup sejahtera dan layak. Contohnya adalah ruang-ruang yang terpisah sesuai fungsi (kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, dapur, gudang), toilet dan sanitasi, sumber air, sumber penerangan alami dan buatan, dan ventilasi.

  1. Menawarkan Area Tinggal yang Memadai

Bangunan rumah ideal wajib memenuhi kebutuhan penghuni untuk bergerak dan menjaga privasi. “Jatah” satu penghuni minimal 7,2 meter persegi serta tinggi 2,8 meter.

Daftar syarat mengajukan KPR sepintas terlihat rumit. Akan tetapi, jika kamu berhasil memenuhinya, mendapatkan rumah idaman yang layak tanpa harus membayar lunas bukan lagi impian.

Leave a Reply