Mengenal Jenis Akad yang digunakan oleh Fintech Danasyariah.id

Blog-B_30
Fintech Syariah

Penerapan ekonomi syariah di Indonesia semakin marak dan semakin dikenal oleh masyarakat. Ekonomi syariah merupakan alternatif yang dapat dipilih oleh masyarakat yang menginginkan setiap muamalah dilakukan bebas dari unsur-unsur yang dilarang agama Islam. Dalam bermuamalah, umat Islam berusaha menggunakan akad-akad yang diperbolehkan dalam Islam, akad-akad tersebut antara lain Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah.

Dana Syariah dalam hal ini menggunakan akad Murabahah, akad murabahah dalam istilah fiqh merupakan suatu bentuk jual beli atas objek yang dilakukan ketika penjual menyatakan biaya perolehan barang dan tingkat keuntungan yang diinginkan diawal. Murabahah masuk dalam kategori jual beli muthlaq dan jual beli amanat, disebut jual beli muthlaq karena obyek jual-beli barang nya sudah disepakati dengan sesuatu yang sebagai alat pertukaran, sedangkan disebut amanat karena dalam proses transaksinya penjual diharuskan dengan jujur menyampaikan harga perolehan dan keuntungan yang diambil ketika akad.

Maksud dalam jual beli murabahah tersebut merupakan konsep dan praktik murabahah yang banyak dituangkan dalam berbagai literatur klasik, dimana barang yang menjadi obyek murabahah tersedia dan dimiliki penjual pada waktu akad jual beli berlangsung. Kemudian dijual kepada pembeli dengan menjelaskan harga pembelian dan keuntungan yang akan diperoleh.

Sebagai salah satu Fintech Syariah, Danasyariah.id yang kini berorientasi untuk pembiayaan properti, turut menjalankan dan mematuhi kaidah-kaidah pendanaan dan pembiayaan berbasis Syariah. Pendanaan-pembiayaan berbasis Syariah melalui Danasyariah.id tidak hanya menguntungkan aspek duniawi, Insha Allah juga menjadi jalan keberkahan dan memberikan pemberdayaan bagi sesama. Yuk, tunggu apa lagi? Bersama Danasyariah.id #AyoHijrahFinansial

Leave a Reply