Pembiayaan Properti Online: Peluang Investasi Jangka Panjang yang Menarik

Pembiayaan Properti Online: Peluang Investasi Jangka Panjang yang Menarik

Industri properti di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat setelah melalui keterpurukan akibat pandemi COVID-19. Perkembangan ini diwarnai dengan pembiayaan properti yang makin menggeliat.

Kini, pembiayaan kepemilikan properti residensial tidak lagi hanya bergantung pada institusi perbankan konvensional, tetapi juga melibatkan platform P2P lending. Jenis fintech satu ini juga telah mengubah cara masyarakat yang melek teknologi dalam melakukan investasi properti. 

Nah, dalam artikel kali ini, kamu akan mempelajari konsep pembiayaan properti online dan mengapa ini menjadi peluang untuk investasi jangka panjang. Jadi, simak terus ya artikel berikut!

Apa Itu Platform Pembiayaan Properti Online?

Pembiayaan Properti Online

Platform pembiayaan properti online adalah suatu inovasi dalam sektor finansial dan teknologi. Inovasi ini terbukti telah mengubah lanskap pembiayaan properti yang umumnya hanya bisa didapatkan dari lembaga perbankan konvensional.

Bagi masyarakat yang tergolong unbanked atau underbanked, keberadaan pembiayaan properti online ibarat udara segar bagi mereka. Sebab, mereka bisa mendapatkan pembiayaan yang kurang lebih sama dengan pembiayaan dari bank konvensional. Beberapa perusahaan pembiayaan bahkan berani menawarkan keunggulan lain yang tidak ada di bank konvensional.

Sementara itu, dari sudut pandang investor, pembiayaan properti online dapat menjadi wadah bagi investor yang ingin melakukan investasi properti dengan cara lebih efisien. Sebab, biasanya orang melakukan investasi properti dengan cara membeli properti. Namun berbeda dengan investasi di pembiayaan properti online. Mau tahu bagaimana cara kerjanya? Simak terus ya!

Cara Kerja Platform Pembiayaan Properti Online

Pembiayaan Properti Online

Seperti disebutkan sebelumnya, platform pembiayaan properti online di sini merupakan perusahaan fintech peer-to-peer lending. Dengan kata lain, perusahaan pembiayaan berfungsi sebagai wadah atau perantara bertemunya pengembang properti dan investor atau pendana.

Pengembang properti membutuhkan dana untuk memulai properti mereka. Sementara itu, investor atau pendana mencari peluang investasi yang menguntungkan. Investor akan memilih proyek-proyek mana yang menurut mereka menarik untuk diberi pendanaan. Selanjutnya, perusahaan pembiayaan akan bertindak sebagai penghubung kedua belah pihak.

Pengembang properti akan mengajukan proyek mereka kepada perusahaan pembiayaan. Proyek mereka akan ditampilkan pada situs resmi atau platform pembiayaan online. Lewat platform inilah investor dapat memilih proyek yang sesuai dengan preferensi dan tujuan investasi mereka.

Investor kemudian berkontribusi terhadap pembiayaan proyek dengan berinvestasi dalam bentuk uang dalam jumlah dan kurun waktu tertentu. Imbal hasilnya adalah keuntungan dari pendapatan proyek, peningkatan nilai properti, atau lainnya tergantung kebijakan perusahaan pembiayaan.

Sementara itu, pihak pengembang properti bisa memperoleh sumber pembiayaan tambahan untuk menyelesaikan proyek tanpa harus bergantung pada pinjaman dari bank konvensional. Dalam kegiatan ini, pihak perusahaan pembiayaan tentunya juga mendapatkan keuntungan, yakni dari imbal balik pembiayaan yang disalurkan kepada para pengembang.

Pembiayaan Properti Online Sebagai Peluang Investasi Jangka Panjang

Pembiayaan Properti Online

Sudah paham kan apa itu pembiayaan properti online? Pembiayaan properti semacam ini merupakan fenomena yang kian populer dan menarik dalam dunia investasi. Model bisnis ini memungkinkan investor, termasuk investor pemula, untuk berpartisipasi dalam pasar properti tanpa harus membeli properti fisik.

Perusahaan pembiayaan properti online juga menjadi jembatan yang menghubungkan para investor dan pengembang melalui platform berbasis internet. Dengan kata lain, investor maupun pengembang bisa melakukan investasi dan mengajukan pembiayaan cukup lewat komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet.

Di sisi lain, pembiayaan properti juga memberikan kesempatan bagi para investor untuk melakukan investasi jangka panjang secara mudah dan efisien. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Akses ke proyek properti menarik

Salah satu keuntungan dari berinvestasi lewat perusahaan pembiayaan properti adalah akses yang lebih mudah ke berbagai jenis proyek properti yang menarik. Dalam investasi properti secara konvensional, dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membeli properti secara fisik atau berinvestasi dalam proyek properti skala besar.

Namun, melalui platform pembiayaan properti online, investor dari berbagai level dapat ikut membiayai berbagai jenis proyek properti bahkan dengan modal terbatas. Hal ini tentunya dapat membuka peluang bagi investor untuk mendiversifikasi portofolio investasi mereka.

2. Diversifikasi portofolio

Apa itu diversifikasi portofolio? Istilah ini acap terdengar dalam dunia investasi. Jadi, diversifikasi portofolio merupakan salah satu prinsip penting dalam melakukan investasi karena dapat membantu menekan risiko.

Berinvestasi di perusahaan pembiayaan properti memungkinkan investor untuk melakukan diversifikasi portofolio secara lebih baik. Mereka bisa memilih untuk berinvestasi dalam berbagai jenis proyek properti, seperti properti perumahan, pertokoan, residensial pribadi, dan lain sebagainya.

Dengan berinvestasi pada lebih dari satu sektor properti, investor bisa mengurangi risiko investasi. Terutama risiko yang berkaitan dengan fluktuasi pasar. Dengan begitu, investor dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan imbal hasil yang maksimal.

3. Kendali dan keterlibatan

Investor dalam pembiayaan properti online umumnya memiliki tingkat keterlibatan dan kendali yang lebih besar dalam proyek properti dibandingkan dengan investasi properti pada umumnya. Mereka bisa ikut memantau jalannya proyek secara aktif, mengecek laporan keuangan secara berkala, dan bahkan ikut memberikan suara dalam keputusan penting terkait dengan proyek tersebut. Dengan begitu, investor bisa meminimalkan risiko investasi dan menyusun mitigasi yang sesuai dengan risiko yang kemungkinan muncul.

4. Potensi apresiasi nilai properti

Terakhir, salah satu aspek yang menjadikan investasi properti di pembiayaan online adalah potensi apresiasi nilai properti seiring dengan berjalannya waktu. Dalam konteks pembiayaan online, pihak investor bisa memanfaatkan potensi peningkatan nilai properti saat proyek dijalankan dan mulai menghasilkan keuntungan.

Jadi, ketika proyek properti mengalami apresiasi nilai, otomatis investor dapat merasakan manfaatnya melalui peningkatan nilai investasi mereka. Lebih lanjut, apresiasi nilai dapat membuka peluang untuk memperoleh keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang.

Itulah ulasan seputar pembiayaan properti online sebagai peluang investasi jangka panjang yang menarik bagi investor dari berbagai level. Berinvestasi di perusahaan pembiayaan memang menarik, tetapi jangan sampai lengah. Sebab, semua investasi pasti ada risikonya.

Sebab itu, penting untuk melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi di perusahaan pembiayaan properti online. Berbicara soal perusahaan pembiayaan, Danasyariah adalah salah satu perusahaan pembiayaan di mana kamu bisa bergabung menjadi pendana atau investor secara aman, mudah, dan halal. Untuk info lebih lanjut, klik di sini

Leave a Reply