Pencapaian Danasyariah Selama 2023

Pencapaian Danasyariah Selama 2023

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, keuangan syariah memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia. Kendati jumlah penyelenggara keuangan syariah tak sebanyak lembaga keuangan konvensional, masyarakat mulai tertarik dengan produk dan layanan lembaga syariah, termasuk peer-to-peer lending.

Sebagai fintech peer-to-peer lending syariah di bidang pembiayaan properti, PT Dana Syariah Indonesia (Danasyariah) terus mengalami pertumbuhan yang membanggakan selama tahun 2023. Segala bentuk pencapaian Danasyariah selama 12 bulan terakhir membuktikan bahwa fintech syariah satu ini hadir sebagai inovator yang relevan bagi masyarakat. Kira-kira apa saja ya pencapaiannya?

Penyaluran Pembiayaan Danasyariah di 2023

Danasyariah

Sejak berdiri hingga akhir 2023, platform fintech Danasyariah berhasil menyalurkan pendanaan properti hingga Rp2,73 triliun. Angka tersebut berasal dari pendana yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yakni mencapai 108.622 pendana.

Total pendanaan tersebut disalurkan ke lebih dari 8.400 penerima yang terdiri dari institusi yang bergerak di bidang properti dan nasabah individu untuk pembiayaan pemilikan properti. Lebih lanjut, Danasyariah memiliki 1.513 penerima aktif dan 655 penerima unik atau dengan kondisi tertentu.

Sementara itu, selama 12 bulan terakhir, Danasyariah telah menggelontorkan pendanaan mencapai Rp1,68 triliun. Jika dibandingkan dengan periode 2022, jelas ada kenaikan yang cukup signifikan dalam jumlah pendanaan. Pada 2022, Danasyariah mampu menyalurkan pembiayaan hingga mendekati angka Rp1,2 triliun. Artinya, ada kenaikan jumlah pendanaan mencapai hampir 4%. 

Kinerja Solid: TKB90 Danasyariah Tetap di Atas 99%

Danasyariah

Kinerja Danasyariah juga dapat dikatakan makin solid selama 2023. Per Desember 2023, fintech syariah satu ini masih mempertahankan TKB90-nya di atas 99%. Ini artinya, tidak terjadi kenaikan yang begitu signifikan pada pembiayaan bermasalah di tengah meningkatnya penyaluran pendanaan.

Kendati masih ada beberapa penundaan pembayaran angsuran, jumlahnya tak begitu signifikan. Terlebih, pembiayaan tersebut dapat kembali lancar sebelum batas waktu 90 hari berakhir. Hingga saat ini, Danasyariah aktif mengantisipasi risiko naiknya Non Performing Financing (NPF) pada pembiayaan properti yang merupakan kebutuhan mendasar, contohnya hunian rumah pertama. Hal ini ditujukan untuk menjaga operasional Danasyariah di tengah kondisi ekonomi yang fluktuatif.

Kontribusi Aktif Danasyariah di Berbagai Event

Danasyariah

Pencapaian Danasyariah tak hanya terbatas pada kenaikan jumlah penyaluran pendanaan dan penerima pembiayaan. Selama 2023, Danasyariah juga aktif terlibat dalam berbagai event tingkat daerah maupun nasional.

Sebagai salah satu fintech syariah yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Danasyariah turut andil dalam perayaan Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023. Dalam acara tahunan tersebut, Danasyariah berkolaborasi dengan sejumlah asosiasi fintech di Tanah Air dan perusahaan properti, seperti 99.co untuk menghadirkan sejumlah agenda. Adapun agenda yang dimaksud antara lain adalah webinar, talkshow, seminar di kampus UPN Veteran Jakarta, Mini Stage Edutainment pada puncak BFN 2023, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, Danasyariah juga aktif memeriahkan acara-acara lainnya yang berkaitan dengan keuangan digital. Adapun acara yang dimaksud antara lain seperti Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023, Muslim Properti Fest 2023, Halal Fair, dan masih banyak lagi.

Sementara, pada acara-acara tingkat daerah, Danasyariah aktif mendukung penyelenggaraan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Pengembangan Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) di sejumlah provinsi di Indonesia. Dalam agenda tersebut, Danasyariah memberikan masukan pada pemerintah daerah agar lebih serius dalam menerapkan regulasi terkait Program Sejuta Rumah.

Program Sejuta Rumah merupakan program yang dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat terpinggirkan dalam hal ekonomi, untuk bisa memiliki hunian dengan harga terjangkau. Bila program tersebut berjalan dengan lancar, otomatis banyak masyarakat tertarik untuk mengajukan pembiayaan pemilikan rumah baik secara konvensional maupun syaria yang pada akhirnya memungkinkan adanya peningkatan jumlah penerima pendanaan Danasyariah.

Berbagai Penghargaan untuk Danasyariah di 2023

Danasyariah

Selama 2023, Danasyariah juga berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam bidang financial technology dan properti. Adapun penghargaan yang berhasil dibawa pulang oleh PT Dana Syariah Indonesia adalah:

1. Penghargaan The First Sharia Fintech of Property Industry

Dalam dua acara award Indonesia Property  & Bank Award-XVI dan  Indonesia myHome Award-V yang diselenggarakan pada 24 Februari 2023, Danasyariah berhasil memenangkan satu penghargaan. Penghargaan yang dimenangkan ialah The First Sharia Fintech of Property Industry dalam kategori Special Award. Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan motivasi bagi Danasyariah untuk terus menjadi lebih baik dalam memberikan layanan fintech properti syariah.

2. Penghargaan Fintech Syariah Peduli Perumahan Rakyat

Penghargaan selanjutnya yang berhasil disabet oleh Danasyariah pada 2023 adalah penghargaan Fintech Syariah Peduli Perumahan Rakyat. Penghargaan tersebut diberikan dalam kegiatan Kongres Himperra ke-2 pada tanggal 6 hingga 8 Desember 2023 di Ballroom Hotel Rafles Jakarta.

Penghargaan ini menjadi wujud apresiasi sekaligus pencapaian yang luar biasa bagi PT Dana Syariah Indonesia. Pasalnya, Himperra adalah salah satu asosiasi developer properti terbesar di Tanah Air. Hal ini diharapkan dapat memperkuat dan memperluas kerja sama Danasyariah dan Himperra dalam hal pembiayaan properti yang lebih merata bagi masyarakat.

Kesimpulan

Sebagai salah satu fintech peer-to-peer lending syariah yang terdaftar di OJK, Danasyariah telah menorehkan sejumlah pencapaian cemerlang selama 2023. Dengan total pendanaan mencapai Rp2,73 triliun dan partisipasi lebih dari 108.622 pendana semenjak pertama kali berdiri, Danasyariah telah dan terus memperluas jangkauan pembiayaan properti di seluruh wilayah Indonesia.

Keberhasilan Danasyariah juga tercermin dalam TKB90 yang tetap solid hingga Desember 2023, yakni bertahan di atas 99%. Tak hanya itu saja, Danasyariah juga aktif dalam berbagai event yang berkaitan dengan industri properti dan keuangan digital. Kontribusi aktif tersebut ditambah dengan kinerja yang optimal, Danasyariah berhasil meraih dua penghargaan, seperti Fintech Syariah Peduli Perumahan Rakyat dan The First Sharia Fintech of Property Industry.

Leave a Reply