Pentingnya Memiliki Asuransi Properti: Ini yang Perlu Diketahui

Pentingnya Memiliki Asuransi Properti: Ini yang Perlu Diketahui
Sumber : Envato

Properti seperti tanah, rumah hunian, dan bangunan komersial adalah harta yang berharga. Mengingat nilainya yang cenderung terus bertambah, setiap orang berusaha untuk melindungi properti mereka. Sebab itu, tidak sedikit dari mereka yang menggunakan asuransi properti.

Apa Itu Asuransi Properti? 

Pentingnya Asuransi Properti
Sumber : Envato

Sesuai namanya, asuransi properti adalah jenis asuransi yang dibeli oleh nasabah untuk memberikan ganti rugi bila terjadi kerusakan pada aset properti yang diasuransikan. Properti yang dimaksud, antara lain apartemen, rumah, gedung perkantoran, ruko, dan lain sebagainya.

Jenis asuransi ini biasanya dibeli oleh pemilik properti yang berada di kawasan rawan kerusuhan, banjir, kebakaran, tsunami, dan bencana alam lainnya. Lantas, apa pentingnya jenis asuransi ini? Asuransi properti memiliki peran yang cukup penting dalam menanggung biaya kerugian properti yang tentunya tidak murah.

Misalnya saja, produk properti komersial–seperti gedung perkantoran dan pabrik, keduanya memiliki nilai properti yang cukup besar. Jadi, bila terjadi kerusakan, nilai ganti ruginya pun akan sangat fantastis.

Jenis Asuransi Properti

Pentingnya Asuransi Properti
Sumber : Envato

Ada dua jenis asuransi properti di Indonesia, yakni asuransi pribadi (apartemen/rumah susun dan rumah tapak) serta asuransi bisnis (gedung, ruko, pabrik, dan lainnya). Adapun penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Asuransi properti pribadi

Apartemen, rumah susun, dan rumah tapak, ketiganya lebih dari sekadar hunian tempat Anda beristirahat, tetapi juga menjadi harta yang berharga dengan nilai tinggi. Agar nilai properti Anda terus terjaga, kondisi rumah juga harus terjaga dari segala risiko.

Nah, di sinilah peran asuransi properti, yakni untuk melindungi properti pribadi dari kerusakan akibat bencana maupun kerusuhan. Tidak hanya ditujukan pada bangunannya saja, tetapi juga furnitur dan perabot seisinya.

Melansir laman OJK, asuransi properti pribadi terbagi menjadi dua kategori, yakni:

  • Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI): Produk asuransi ini ditujukan untuk menjamin risiko bencana kebakaran untuk rumah tapak, rumah susun, apartemen, dan/atau beserta seluruh isinya. Merujuk pada PP No. 4 Tahun 1988, rumah susun dan apartemen wajib untuk diasuransikan. Rumah yang dibeli dengan program KPR juga wajib untuk diasuransikan.
  • Polis Asuransi Property All Risk: Polis ini menjamin risiko bencana alam, pencurian, kebakaran, dan risiko lainnya yang tercantum dan kebijakan serta ketentuan polis untuk rumah tapak, rumah susun, apartemen, dan/atau beserta seluruh isinya.

2. Asuransi properti bisnis

Sesuai namanya, jenis asuransi yang satu ini dikhususkan untuk memberikan perlindungan pada produk properti komersial, contohnya ruko, toko, pabrik, rumah sakit, gedung perkantoran, dan masih banyak lagi.

Sama seperti asuransi properti pribadi, asuransi bisnis juga terbagi ke dalam dua kategori, yakni:

  • Asuransi properti nonindustri/bukan industri besar: Asuransi ini digunakan untuk bidang usaha jasa atau nonindustri. Jenis polisnya all risk dan ditujukan untuk memberikan jaminan berupa ganti rugi untuk properti, seperti sekolah, gedung perkantoran, dan rumah sakit.
  • Asuransi properti industri/industri besar: Kalau yang satu ini digunakan oleh bisnis skala besar atau industri, contohnya produsen makanan, tekstil, perlengkapan rumah tangga, dan lain sebagainya. Jaminan yang diberikan adalah ganti rugi kerusakan properti dan seisinya bila terjadi musibah.

Manfaat Asuransi Properti

Pentingnya Asuransi Properti
Sumber : Envato

Lantas, apa sih sebenarnya manfaat asuransi properti itu? Bila Anda menyimak poin-poin di atas, Anda tentunya sudah menebak manfaat membeli asuransi untuk properti. Ya, benar, manfaat utamanya adalah untuk memberikan perlindungan dan juga memberikan jaminan ganti rugi bila properti mengalami kerusakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat asuransi properti:

1. Mendapat jaminan ganti rugi

Pada dasarnya, tidak ada satu pun manusia yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di hari esok. Anda pun tidak akan pernah tahu apa kira-kira yang akan terjadi pada harta benda, keluarga, dan bahkan diri Anda sendiri dalam satu jam ke depan.

Bila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, seperti kebakaran, yang membuat Anda kehilangan rumah dan seisinya, pasti Anda akan merasa sangat kehilangan, kan? Belum lagi kondisi finansial sedang tidak stabil, sudah pasti bakal pusing tujuh keliling. Di sinilah pentingnya asuransi properti, yakni sebagai bentuk antisipasi kerugian finansial karena suatu hal.

2. Bebas dari urusan hukum

Siapa sih yang mau berurusan dengan masalah hukum? Pastinya Anda juga tidak mau, kan? Misalnya saja, properti Anda mengalami kerusakan karena bencana alam maupun peristiwa lain yang tidak disengaja. Saat peristiwa tersebut terjadi, ada orang lain di luar anggota keluarga Anda yang terkena dampaknya.

Orang tersebut bisa saja menuntut Anda secara hukum. Biaya berurusan dengan masalah hukum jelas tidak murah. Terkecuali bila Anda membeli polis asuransi properti, tentu Anda akan terlindungi dari tuntutan hukum karena hal-hal seperti yang sudah disebutkan.

3. Nilai properti tetap stabil

Nilai suatu properti dapat menurun bila kondisinya tidak layak pakai atau huni. Nah, inilah salah satu peran penting dari asuransi properti, yakni untuk melindungi nilai properti Anda. Bahkan asuransi bisa membuat nilai properti terkait menjadi lebih tinggi.

Sebagai contoh, rumah atau bangunan komersial milik Anda mengalami kerusakan akibat gempa bumi. Anda tidak perlu khawatir bila nilai bangunan tersebut akan turun. Sebab, polis asuransi yang Anda beli sudah menjamin bahwa nilainya tidak akan turun.

4. Hidup menjadi lebih nyaman dan tenang

Siapa sih yang tidak mau hidup tenang tanpa harus mengkhawatirkan kebutuhan finansial yang tidak terduga? Anda pasti juga mau kan? Siapa pun pasti rela berjuang mati-matian agar hidupnya bebas dari masalah finansial. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memiliki asuransi untuk properti-properti berharga Anda.

Anda tentu tidak mau kehilangan semua yang sudah Anda perjuangkan selama bertahun-tahun hilang begitu saja, bukan? Sebab itu, pertimbangkan untuk membeli asuransi properti agar Anda bebas dari rasa cemas.

Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Asuransi Properti

Pentingnya Asuransi Properti
Sumber : Envato

Asuransi properti memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Kelebihan dari asuransi properti kurang lebih sama seperti manfaatnya, di antaranya:

  • Nilai rumah terlindungi
  • Hidup menjadi lebih tenang
  • Membantu kondisi keuangan menjadi lebih stabil
  • Meminimalkan risiko kerugian akibat musibah
  • Premi terjangkau

Sementara, kekurangan dari asuransi properti adalah sebagai berikut:

  • Dana akan hangus bila nasabah macet membayar premi
  • Pengajuan klaim jaminan sering kali dibuat sulit oleh penyedia asuransi
  • Tidak semua polis menjamin semua tipe bangunan (contohnya rumah dari kayu yang mudah terbakar)
  • Tidak semua polis menjamin kerugian kehilangan harta benda akibat tindakan kriminal

Jadi, itulah pentingnya memiliki asuransi properti. Tidak hanya memberikan jaminan ganti rugi bila terjadi musibah, tetapi juga melindungi nilai properti Anda. Asuransi properti juga bisa membuat hidup Anda menjadi lebih tenang. Nah, kalau Anda tertarik, pilihlah asuransi properti yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Leave a Reply