Memahami Pentingnya Sustainable Business pada Era Digital

Memahami Pentingnya Sustainable Business pada Era Digital
Sumber : Envato

Setiap pebisnis profesional tentu berharap usahanya menjadi bisnis yang berkelanjutan (sustainable business). Maksudnya, setiap bisnis diharapkan bisa memberikan manfaat jangka panjang, baik bagi lingkungan maupun masyarakat. Namun, apa sebenarnya sustainable business itu? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Apa Itu Sustainable Business?

Sustainable Business
Sumber : Envato

Secara harfiah, sustainable business berarti bisnis (business) yang berkelanjutan (sustainable). Jika dijelaskan, sustainable business adalah bisnis yang dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan dan bukan hanya pada waktu tertentu saja.

Manfaat yang dimaksud di sini tak hanya sebatas keuntungan berupa profit. Suatu usaha dapat dikatakan sebagai sustainable business bila berhasil mencapai visi misi bisnisnya. Selain itu, juga harus bisa tumbuh secara konsisten dan mampu meningkatkan nilainya dalam jangka waktu yang panjang.

Secara umum, bisnis yang berkelanjutan dapat diwujudkan dengan mempertimbangkan tiga unsur utama, yakni:

  • People (masyarakat): Setiap bisnis harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat karena bisnis tak bisa berjalan tanpa adanya dukungan dari masyarakat. Oleh karena itu, harus ada hubungan timbal balik antara pihak pemilik bisnis dan masyarakat.
  • Profit (keuntungan): Tujuan utama berbisnis adalah untuk memperoleh keuntungan. Untuk memperoleh profit, sustainable business bisa meningkatkan produktivitas usaha, menambah biaya modal, maupun memperbaiki manajemen.
  • Planet (lingkungan): Sustainable business harus mampu menjaga lingkungan sekitar dengan baik. Bila lingkungan tetap terjaga, bisnis tak perlu mengkhawatirkan terjadinya keterbatasan sumber daya dan masalah kesehatan lingkungan.

Pentingnya Sustainable Business di Era Modern

Sustainable Business
Sumber : Envato

Banyak tantangan yang dihadapi para pebisnis dalam mewujudkan sustainable business. Tak sedikit individu yang berbisnis tanpa mempertimbangkan konsekuensi di masa mendatang. Alhasil, bisnis pun macet setelah berjalan hanya berjalan beberapa tahun. Namun, mengapa pebisnis harus menerapkan sustainable business? Berikut alasannya.

1. Memastikan perusahaan tetap berjalan

Pada dasarnya, prinsip bisnis yang berkelanjutan adalah sinergi antara unsur utama sustainable business yang sudah disebutkan di atas. Bila prinsip ini tidak ada, bisa dipastikan bisnis hanya akan bertahan dalam jangka waktu yang singkat. Hal ini dikarenakan bisnis semacam ini biasanya hanya fokus pada keuntungan tanpa memperhatikan masyarakat dan lingkungan.

2. Menjaga nama baik perusahaan

Penerapan sustainable business dapat menjaga nama baik perusahaan, khususnya di mata masyarakat. Bila prinsip tersebut berhasil diterapkan, otomatis masyarakat akan percaya pada bisnis tersebut. Dengan begitu, bisnis dapat dikembangkan dan mampu bertahan lebih lama.

3. Meningkatkan keuntungan

Adanya kepercayaan dari masyarakat membuat bisnis bisa terus produktif dalam jangka waktu yang panjang. Dengan demikian, bisnis bisa terus meningkatkan keuntungan yang didapatkan. Terlebih bila produksi semakin efisien, jelas keuntungannya akan semakin besar.

4. Mencegah terjadinya kerusakan lingkungan

Tak hanya meningkatkan profit, sustainable business bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan lingkungan. Di sisi lain, bisnis yang melakukan kegiatan usaha tanpa memperhatikan lingkungan akan merasakan akibatnya. Biasanya, bisnis akan gagal dalam jangka waktu yang singkat karena masalah minimnya sumber daya produksi maupun terkena masalah hukum lingkungan.

5. Meningkatkan kepuasan karyawan

Bisnis yang berkelanjutan umumnya memiliki karyawan dengan tingkat loyalitas dan produktivitas yang tinggi. Perusahaan semacam ini biasanya memberikan banyak benefits yang menguntungkan bagi karyawan. Misalnya mendukung serikat pekerja, adanya banyak peluang promosi, upah yang sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan, dan masih banyak lagi.

Tujuan Utama Sustainable Business

Sustainable Business
Sumber : Envato

Dalam sustainable business, lingkungan kerap menjadi poin yang diutamakan. Padahal bukan hanya itu saja tujuan sustainable business. Berikut tiga tujuan utama bisnis yang berkelanjutan.

1. Meningkatkan efisiensi bisnis

Menjamin kelangsungan suatu bisnis merupakan tujuan dasar sustainable business. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan meningkatkan efisiensi bisnis. Contohnya menekan pengeluaran operasional yang tidak diperlukan. Bisa juga dengan meminimalkan dampak buruk akibat proses produksi.

2. Menambah keuntungan

Seperti yang sudah disebutkan, kepercayaan masyarakat dapat membantu perusahaan meningkatkan profit. Karena masyarakat sudah percaya dengan produk atau jasa yang ditawarkan, otomatis mereka akan senantiasa menggunakan produk dari perusahaan tersebut.

Di sisi lain, kepercayaan masyarakat akan mendorong perusahaan untuk mulai menggunakan alternatif bahan baku yang lebih ramah lingkungan. Bahan yang ramah lingkungan adalah bahan yang berkelanjutan dan dapat diolah kembali. Hal ini tentunya akan menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang.

3. Menjaga kelestarian lingkungan

Mustahil bisnis dapat bertahan lama di lingkungan yang tidak sehat atau rusak. Agar kegiatan operasional bisnis tetap berjalan, wajib hukumnya bagi perusahaan untuk ikut menjaga kesehatan lingkungan di sekitar tempat usaha. 

Jadi, secara tidak langsung, prinsip sustainable business memotivasi setiap perusahaan untuk melakukan beragam upaya guna memastikan kelangsungan bisnis. Contohnya dengan menggunakan teknologi yang lebih ramah lingkungan, sistem produksi yang lebih baik hingga daur ulang limbah.

Sustainable Business di Indonesia

Sustainable Business
Sumber : Envato

Penerapan sustainable business di Tanah Air mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Ini lantaran pelaku bisnis mulai sadar akan pentingnya menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Pemerintah pun ikut mengeluarkan berbagai kebijakan guna meningkatkan penerapan praktik sustainable business. Salah satu contohnya ialah Indonesia Green Office yang mana lebih ke soal lingkungan.

Program ini diterbitkan untuk mendorong efisiensi sumber daya dan energi di lingkungan kerja. Selain itu, juga untuk memastikan bahwa lokasi dan kegiatan operasional bisnis memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Sejauh ini, sudah banyak perusahaan Indonesia yang menerapkan sustainable business. Beberapa di antaranya bahkan memenangkan penghargaan Sustainable Business Awards. Mau tahu kategorinya dan perusahaan apa saja yang memenangkannya? Berikut selengkapnya.

  • Strategy and Sustainabaility Management: Dimenangkan oleh PT Holcim Indonesia Tbk dan special recognition untuk PT Bayer Indonesia.
  • Workforce: Dimenangkan oleh PT Vale Indonesia Tbk dan special recognition untuk PT Trakindo Utama.
  • Sustainability in the Community: Dimenangkan oleh Corteva Agriscience dan special recognition untuk United Tractors.
  • Energy Management: Dimenangkan oleh PT Pertamina dan special recognition untuk PT Ispat Indo.
  • Business Responsibility and Ethics: Dimenangkan oleh PT Vale Indonesia dan special recognition untuk APRIL Group.
  • Stakeholder Engagement and Materiality: Dimenangkan oleh PT Asia Pulp and Paper dan special recognition untuk PT Pertamina.
  • Land Use and Biodiversity: Dimenangkan oleh PT Rimba Makmur dan special recognition untuk PT Chevron Pacific Indonesia.

Bagaimana, sudah paham pentingnya sustainable business? Jika disimpulkan, sustainable business adalah bisnis yang mampu memberikan manfaat secara berkelanjutan. Tak hanya untuk pemiliknya, tetapi juga untuk lingkungan dan masyarakat.

Leave a Reply