Perhatikan 6 Poin Berikut Sebelum Beli Rumah Murah Di Jakarta

rmh serpong

Beli rumah murah di Jakarta lebih diminati dibandingkan membuat sendiri menggunakan jasa tukang. Pasalnya, beli yang sudah jadi lebih simpel, tidak perlu sibuk menyewa tukang dan menunggu lama hingga rumah selesai. Beli yang sudah jadi tinggal mengecek kualitas dan fasilitas, jika sesuai bisa langsung ditempati dalam waktu dekat.

Perhatikan 6 Poin Berikut Sebelum Beli Rumah Murah Di Jakarta

Beli rumah melalui developer juga masih diminati hingga saat ini karena memungkinkan untuk mengajukan KPR kepada bank. Jumlah cicilan disesuaikan dengan kemampuan finansial nasabah. Selain itu, ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu: 

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Keluarga

Pertama, buat daftar komponen yang dibutuhkan keluarga dalam rumah. Mislanya ada 6 orang anggota keluarga membutuhkan kamar tidur 3 atau 4. Apakah juga butuh garasi untuk menyimpan kendaraan. Begitu juga dengan hal lainnya didiskusikan dengan keluarga.

  1. Fasilitas Umum Keluarga

 Fasilitas apa saja yang dibutuhkan untuk digunakan bersama anggota keluarga, bukan untuk diri sendiri. Mulai dari ketersediaan kolam renang, tempat ibadah, taman bermain dan fasilitas lain yang penting. 

Jika rumah yang sudah dilihat tidak memiliki fasilitas yang dibutuhkan, silakan mencari rumah yang lain sampai ditemukan sesuai kebutuhan. Perlu juga diperhatikan bahwa biasanya harga rumah tergantung fasilitas dan ukuran rumah. 

  1. Sesuaikan  Budget

Beli rumah murah di Jakarta Selatan penting sekali menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Oleh karena itu,  lakukan survey terlebih dulu ke beberapa lokasi dengan harga yang setara. Selanjutnya bandingkan harga dan fasilitas yang tersedia. 

Penting juga membandingkan ukuran lahan, ukuran setiap ruangan untuk memilih yang pas sesuai keuangan. Jika membeli menggunakan sistem KPR maka pertimbangkan juga skema pembayarannya. 

  1. Lingkungan Sekitar Perumahan

Sebelum beli rumah di Selatan Jakarta penting juga untuk mengetahui bagaimana situasi dan kondisi lingkungan perumahan. Apakah lokasi rumah yang sudah disurvey berada  di area yang rawan banjir atau tidak. 

Apakah lingkungan tersebut aman dari kasus pencurian, tawuran antar warga  dan yang lainnya. Apakah rawan longsor atau tidak, pokoknya kemungkinan terjadi hal buruk yang harus diperhatikan. 

  1. Perhatikan Spesifikasi

Spesifikasi beli rumah di Selatan Jakarta secara detail perlu juga diperhatikan, biasanya pengembang properti akan mencantumkan di brosur  perumahan. Namun, jangan lupa untuk mengecek langsung kondisi rumah sebelum membayarnya. 

Salah satu spesifikasi yang perlu dilihat adalah material dinding dan rangka yang digunakan. Pilihlah pengembang yang menggunakan bahan berkualitas agar struktur bangunan menjadi kokoh. 

  1. Akses dan Desain

Akses jalan harus diperhatikan agar jalan ke rumah tidak sempit, apakah lokasi rumah dekat dengan jalan utama atau tidak. Jarak dengan pusat perbelanjaan, bank dan fasilitas pokok lainnya. Desain rumah juga harus yang cocok sesuai selera pembeli. Karena desain biasanya berpengaruh pada betah dan kenyamanan jangka panjang. Nah, itulah  6 poin yang harus diperhatikan sebelum beli rumah murah di Jakarta. Semua poin di atas penting agar rumah yang dibeli nantinya benar-benar sesuai kebutuhan dan selera. Memilih rumah tidak bisa melihat hanya satu bangunan saja, perlu melakukan survey agar bisa membandingkan untuk menemukan yang terbaik.

Ingin membeli rumah murah di Jakarta? Yuk! ajukan pembiayaan dana rumah di DanaSyariah.id!

Leave a Reply