Proses Beli Rumah Murah Di Bekasi Sistem KPR Syariah

Pelajari terlebih dahulu proses beli rumah murah di bekasi sistem KPR syariah agar dapat melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan.
rumah serpomg

Beli rumah murah di Bekasi sistem KPR merupakan pilihan yang tepat terutama sistem syariah. Sebab, metode ini bebas riba sehingga jumlah cicilannya tetap hingga akhir masa angguran. Pengajuan kredit kepemilikan rumah tidak jauh berbeda dengan sistem konvensional. 

Proses Beli Rumah Murah Di Bekasi Sistem KPR Syariah

Metode syariah untuk kepemilikan pertama diperbolehkan atas unit yang inden. Tetapi, hal ini tidak diperkenankan untuk kepemilikan selanjutnya. Bagi yang ingin mengajukan kredit rumah KPR syariah boleh mengikuti beberapa langkah berikut.

  1. Memilih Properti

Jika properti yang ingin dibeli langsung dari pengembang, pilihlah bank yang memiliki hubungan kerja sama dengan developer. Hal ini memudahkan dan prosesnya lebih cepat. Jangan lupa pastikan pengembang tersebut sudah memiliki surat izin usaha yang sah. 

Saat beli rumah murah di Bekasi KPR syariah untuk memilih rumah dari pengembang yang memiliki riwayat dan citra usaha yang bagus. Pengembang harus bersedia untuk menyelesaikan pembangunan rumah. Lihat juga portofolio model-model rumah yang pernah diselesaikan. Tujuannya agar lebih aman dari developer bodong. 

  1. Mempersiapkan Syarat

Hal yang kedua harus dilakukan adalah mempersiapkan syarat umum pengajuan. Mulai dari masa kerja minimum, usia minimum dan maksimum pada saat pengajuan. Berbagai syarat lainnya juga harus disiapkan. Membeli rumah ataupun properti metode KPR selain menyiapkan uang muka,juga ada komponen biaya lain seperti notaris, pajak, asuransi hingga administrasi. 

  1. Sesuai Kebutuhan

Pilihlah rumah sesuai kebutuhan keluarga. Luas ruangan, jumlah kamar tidur, kamar mandi, tempat ibadah hingga komponen lainnya. Boleh saja memilih rumah yang berukuran lebar untuk dihuni beberapa anggota keluarga. Namun, perlu diketahui bahwa semakin luas hanya membuat harga semakin tinggi. 

  1. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

KPR syariah dimana pembeli melunasi cicilan dana rumah setelah membayar uang muka. Penting sekali untuk mengetahui besarnya plafond KPR yang akan diperoleh sesuai pendapatan per bulan. 

Hal ini bertujuan agar sanggup membayar cicilan setiap bulannya. Biasanya bank syariah menganut kaidah angsuran agar tidak boleh lebih dari 40 persen dari total penghasilan. Tentukan juga jangka waktu disesuaikan dengan kemampuan angsuran. 

  1. Ketahui Legalitas Rumah

Penting sekali memperhatikan legalitas rumah saat akan mengajukan KPR syariah. Pilihlah rumah yang memiliki sertifikat tersendiri dan tidak memiliki masalah apapun. Termasuk juga bukti pembayaran PBB yang jelas serta ada IMBnya.  Lokasi yang dipilih tentunya yang aman dari penggusuran atau pemotongan lahan serta tidak ada pemasalahan sengketa dengan anggota keluarga yang lain. 

Kelima tips di atas penting sekali diperhatikan sebelum beli rumah murah di Bekasi. Menggunakan KPR syariah memang menguntungkan jika menjadi pembeli cerdas. Jika beruntung bisa mendapat rumah dengan lokasi strategis. 

Leave a Reply