Prospek Properti 2023 Cerah, Saatnya Pengembang Properti Bersinar

29092021 – gambar-dua

Sektor properti akan terus membaik di 2023. Hal ini diungkap oleh Sunarsip, Chief Economist The Indonesia Economic Intelligence (IEI) berdasarkan indikator perekonomian Indonesia di 2023 yang memberi pengaruh pada pertumbuhan sektor properti. Terlebih, saat ini masih dibutuhkan 12,71 backlog perumahan yang harus dipenuhi oleh pengusaha di bidang properti, terutama developer properti.

#TemanSyariah ada yang berprofesi sebagai pengembang properti? Sebaiknya simak hal-hal berikut agar bersiap mengambil strategi terbaik di 2023 nanti! #TemanSyariah nonpengembang yang akan beli rumah juga perlu mencermati beberapa poin berikut agar memiliki pertimbangan dalam memilih pengembang properti.

Pertama, pengembang properti sebaiknya memahami regulasi properti di berbagai tingkatan. Hal ini untuk mempermudah segala proses pengadaan produk properti dan mencegah kendala-kendala fundamental di tengah jalan.

Kedua, sebelum mulai untuk membangun proyek, pastikan tanah yang akan dibangun memiliki kesesuaian peruntukan. Upaya ini merupakan ikhtiar untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait lahan secara spasial. Dalam hal ini, melakukan analisis kontur tanah dan menyediakan biaya pematangan lahan perlu untuk dilakukan.

Ketiga, hampir sama seperti sebelumnya, tetapi sifatnya lebih rigid, yaitu pastikan kejelasan legalitas lahannya. Jika bisa diikhtiarkan, membangun produk properti di atas lahan berjenis Sertifikat Hak Milik (SHM) akan lebih memiliki posisi kuat dari sisi hukum. Selain jenis sertifikatnya, pengembang properti perlu untuk melakukan pengecekan keaslian dokumen melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Keempat, pastikan akses fasilitas di sekitar lokasi cukup memadai atau berpotensi untuk menuju ke kondisi tersebut (kalau konteksnya membangun di daerah sasaran program pembangunan). Fasilitas umum yang perlu untuk diperhatikan keberadaannya: akses jalan, transportasi umum, sekolah, rumah sakit, dan pasar. Terlebih jika ada unsur amusement-nya seperti pusat perbelanjaan, taman, kebun binatang, dan lain sebagainya. Setelah hal-hal fundamental dapat dipenuhi, keberadaan lokasi-lokasi hiburan dapat menambah nilai plus dari produk properti yang ditawarkan.

Kelima, hal cukup penting untuk diperhatikan bahkan sebelum membeli tanah yang akan dibangun produk properti adalah prospek pasar. Seorang pengembang properti sebaiknya dibekali dengan kemampuan untuk melihat prospek dari konsumen yang ditarget serta potensi captive market/pasar umum terhadap penawaran produk.

Daerah yang dinilai memiliki skor menguntungkan dalam kedua kriteria di atas biasanya merupakan daerah yang padat penduduk dengan harga tanah terjangkau. Kalau lokasinya cukup jauh dari kepadatan penduduk, ada baiknya untuk mempertimbangkan kemudahan akses transportasi umum. Misalnya saja, pembangunan di kota-kota satelit seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Satu lagi yang perlu diperhatikan dalam mengatur strategi usaha di sektor properti adalah terkait pembiayaan. Selain kemudahan yang diberikan oleh pemerintah, pengembang properti juga dapat mengoptimalkan akses alternatif lainnya seperti layanan pembiayaan syariah.

Dengan adanya layanan pembiayaan syariah yang menggunakan prinsip berasaskan nilai syariat Islam, insyaAllah rezeki menjadi barokah demi kesejahteraan dunia akhirat. Saat ini, terdapat layanan pembiayaan syariah yang memiliki misi untuk menjadi wadah pusat kegiatan ekonomi syariah, sehingga dapat mempermudah kegiatan ekonomi sesuai prinsip islam.

Danasyariah turut hadir dalam menyediakan akses layanan pembiayaan kepada para pengembang properti dari berbagai tingkatan dengan mudah (pembiayaan hingga Rp2 Miliar),  tenor relatif pendek yaitu 3 hingga 12 bulan, dan terdapat keringanan pembayaran angsuran (balloon payment). Yuk, bergabung jadi penerima pembiayaan Danasyariah dan cek syarat dan ketentuannya lebih  di danasyariah.id/tata-cara/penerima! Alami pengalaman luar biasa dari berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan.

Leave a Reply