Punya Rencana Beli Rumah? Ikutin dulu tipsnya, yuk!

mileniall home

Beli rumah bukanlah perkara mudah mengingat harganya yang tak murah. Untuk itu, diperlukan strategi dan rencana jangka panjang sebelum mengambil keputusan. Disisi lain, menggunakan langkah-langkah berkah saat membeli rumah juga diperlukan agar hunian senantiasa membawa ketenangan jiwa.

Berikut tips beli rumah yang bisa Teman Syariah terapkan sebagai bahan pertimbangan agar tidak salah melangkah.

  1. Tentukan kriteria rumah berdasar kebutuhan keluarga

Sebelum membayangkan rumah impian dengan fasilitas komplit, ada baiknya menjadikan kebutuhan keluarga sebagai pertimbangan utama pembelian/pembangunan rumah. Pertimbangan tersebut dapat meliputi:

  • Jumlah kamar yang dibutuhkan
  • Ruangan yang harus ada/tidak ada
  • Butuh garasi/tidak
  1. Sesuaikan metode membangun dengan budget

Dalam memberi hunian, banyak pilihan yang tersedia. Pilihan itu bisa membeli rumah dan merenovasinya, membangun dari awal, atau sekedar membeli rumah yang sudah siap huni. Ketika memilih membangun rumah dari awal, maka perencanaan akan memakai jasa developer atau full self managed juga perlu dipertimbangkan. Kalkulasikan setiap opsi dan cocokkan dengan budget.

  1. Pertimbangkan lokasi dan akses

Terlihat sepele, namun penting. Lokasi dan akses ini mempengaruhi seluruh waktu kita saat telah menempati hunian, lho. Tak cuma itu, lokasi dan akses berpengaruh secara signifikan terhadap harga rumah. Pilih lokasi yang memudahkan akses untuk melakukan aktivitas dan harga yang sesuai dengan kantong.

  1. Cermati lingkungan sekitar calon hunian

Pilih area yang aman dari bencana. Misalnya, pilih rumah yang sekiranya dalam 10 tahun kedepan bebas banjir. Jadi Teman Syariah tidak kerepotan saat musim hujan tiba.

  1. Cek lagi fasilitas yang terdapat di sekitar lokasi

Hunian nyaman dan berkah adalah hunian yang dekat dengan fasilitas. Misalnya masjid, rumah sakit, ATM, supermarket, dan lain-lain. Jika tidak semua fasilitas tersedia, pastikan fasilitas yang benar-benar penting ada.

  1. Pastikan harga dan skema pembayaran

Jangan buru-buru beli rumah. Pastikan harga pada setiap penawaran dan bandingkan antara satu dengan lainnya. Teman Syariah dapat melakukan survei langsung ke lokasi untuk memastikan apakah harga sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Setelah cocok dengan harga, pastikan skema pembayarannya sesuai prinsip syariah, yakni sebisa mungkin menjauhi gharar, maisir, dan riba.

  1. Jangan lupa cek kesehatan rumah

Setelah semua hal dirasa oke, kesehatan rumah adalah faktor penting yang tak boleh dilupakan. Beberapa hal yang bisa diperhatikan:

  • Sistem drainase
  • Skema pengolahan limbah
  • Arah jendela dan ventilasi
  • Lingkungan yang terjaga kebersihannya

Itu tadi beberapa tips yang bisa Teman Syariah aplikasikan sebelum memberi rumah, ya! Semoga berjodoh dengan rumah impiannya. Mau ngumpulin dana untuk beli rumah? Yuk, dapatkan imbal hasil setara 15-20% dengan turut mendanai proyek properti di Dana Syariah! Caranya yang aman dan halal membuat hati jadi tenang dan tentram.

Leave a Reply