7 Rumah Kayu Modern Paling Kreatif di Dunia

7 Rumah Kayu Modern Paling Kreatif di Dunia

Keindahan alami kayu selalu menjadi daya tarik dalam dunia arsitektur. Saat ini, kayu menjadi material utama dalam menciptakan rumah-rumah modern yang menginspirasi. Tujuh di antaranya menjadi rumah kayu modern paling kreatif di dunia. Mau tahu seperti apa rumah-rumah kayu tersebut? Simak terus ulasan berikut ini.

7 Rumah Kayu Modern Paling Kreatif di Seluruh Dunia

Rumah Kayu Modern

Rumah-rumah yang terbuat dari kayu menjadi pemandangan yang menyegarkan di tengah bangunan-bangunan yang didominasi dengan logam dan kaca. Pasalnya, kayu tak hanya memiliki estetika alami yang indah, tetapi juga memberikan banyak keuntungan lain.

Pertama, kayu merupakan isolator termal alami sehingga bisa lebih menghemat energi dibanding rumah beton. Kayu juga bisa menyerap suara sehingga dapat menciptakan suasana yang santai dan tenang dalam rumah. Selain itu, kayu memiliki fleksibilitas yang tinggi dan ini terbukti dari berbagai rumah kayu modern dengan desain kreatif di seluruh dunia. Berikut tujuh di antaranya:

1. Park House – Melbourne, Australia

Dirancang oleh firma arsitektur tenfiftyfive, Park House menyuguhkan sentuhan nostalgia dengan keelokan desain bangunannya yang didominasi menggunakan kayu. Desain properti ini memiliki perpaduan menawan antara estetika kontemporer dan keindahan alami. 

Terletak di tengah kota paling padat penduduk di Australia, Park House menawarkan sebuah pelarian yang damai dari hiruk pikuk Melbourne. Rumah ini memiliki dinding kaca besar yang menghadap ke area taman, memungkinkan cahaya alami untuk masuk dengan mudah ke dalam rumah. 

Sementara itu, dinding dari kayu membuat properti hunian ini memiliki suasana yang hangat dan tenteram. Tak hanya di bagian eksterior, interior Park House juga dirancang dengan apik menggunakan perabotan modern yang cocok untuk atmosfer alami rumah ini. Bisa dibilang, Park House adalah contoh sempurna bagaimana suatu bangunan dapat menghadirkan konsep alami dan modern sekaligus.

2. Villa Kget – Ensues-La-Redonne, Prancis

Perjalanan ke wilayah selatan Prancis yang eksotis membawa kita ke Villa Kget yang unik di Ensues-La-Redonne. Terletak tepat di tepi laut Mediterania, vila ini adalah bukti nyata bahwa elegansi dapat disempurnakan dengan material-material alami.

Buah karya Christophe Migozzi dari Bonte & Migozzi Architectes ini menggunakan kayu douglas sebagai struktur utama bangunan dengan sentuhan minimalis yang apik. Vila ini juga dilengkapi dengan pintu-pintu kaca besar yang memungkinkan penghuni untuk menikmati apiknya pemandangan laut. 

Sementara itu, area eksterior vila dikelilingi dengan taman tropis yang begitu rindang. Dengan desain yang difokuskan pada keseimbangan antara alam dan arsitektur modern, Villa Kget adalah contoh nyata dari keindahan rumah kayu kontemporer yang dapat menghanyutkan siapa saja ke dalam keindahan wilayah selatan Prancis.

3. Courtyard House On A River – Greenwater, Amerika Serikat

Courtyard House on a River merupakan buah karya perusahaan arsitektur Robert Hutchison Architecture pada 2015. Bangunan residensial dari kayu dengan dua kamar ini terletak di pinggir sungai White River, Greenwater, Seattle, AS. 

Mengingat letaknya yang berada di pinggir sungai, rumah kayu ini tampak begitu menyatu dengan alam di sekelilingnya. Kayu aras merah digunakan sebagai struktur eksterior rumah ini. Namun, material tersebut dicat dengan warna gelap agar tetap selaras dengan visual hutan di sekelilingnya.

Sementara itu, terdapat halaman depan yang mengarah langsung ke pintu utama rumah. Dari pintu utama langsung diarahkan ke ruang keluarga yang didesain dengan konsep terbuka dengan pintu kaca geser di kedua sisinya. 

Meskipun bagian interiornya mengusung konsep modern dan sleek, lantai kayu yang digunakan memberikan sentuhan elegan pada keseluruhan desain dengan detail hitam dan putih. Courtyard House on a River juga dilengkapi dengan banyak jendela dan langit-langit yang tinggi untuk menciptakan kesan luas sekaligus untuk mengurangi jejak karbon.

4. House Zilvar – Republik Ceko

House Zilvar adalah karya studio desain ASGK yang berlokasi di Praha, Republik Ceko. Bangunan yang mendukung prinsip efisiensi energi ini terletak di pinggir desa kecil di Ceko dan dikelilingi oleh hutan dan tanah lapang.

Bagian interior House Zilvar didesain dengan konsep terbuka untuk membuat penghuninya merasa lebih menyatu dengan lanskap di sekelilingnya. Struktur rumah ini dibuat menggunakan kayu larch yang ditutup secara vertikal menggunakan papan dari jenis kayu yang sama. Kayu-kayu ini terlebih dahulu dibakar untuk memberikan kesan usang agar tampak lebih estetis.

Pintu rumah ini juga terbuat dari jenis kayu larch dengan desain geser. Selain indah dan unik dipandang mata, penggunaan kayu sebagai material utama membuat House Zilvar tetap dingin saat musim panas. Jadi, kayu pada bangunan ini tak hanya digunakan sebagai elemen struktural saja, tetapi juga untuk menciptakan bangunan yang mendukung prinsip penghematan energi.

5. Valley House – Ukraina

Valley House merupakan kabin kayu dengan desain modern yang didesain oleh Kostiantyn Kuvika, arsitek yang bekerja di bawah firma arsitektur Plan Bureau. Kabin ini memiliki desain unik yang mencerminkan garis-garis asimetri wilayah pegunungan. Menariknya, desain unik Valley House tampak begitu menyatu dengan lingkungan di sekelilingnya.

Meskipun dibangun di atas lahan yang minim, Valley House dibangun dengan konsep ruang diagonal sehingga tidak ada sekat di antara area-area penting di dalam kabin. Bagian interiornya memiliki atmosfer yang nyaman dan hangat karena menggunakan kayu sebagai material utama konstruksi. Selain itu, kabin eksentrik ini juga dilengkapi dengan banyak kaya untuk memungkinkan penghuni bisa menyaksikan langsung keindahan alam dari dalam kabin.

6. Shawm House – West Woodburn, Northumberland, Inggris

Shawm House merupakan hunian pribadi yang terletak di West Woodburn, Northumberland, Inggris. Hunian lahir dari gagasan Richard Pender yang menginginkan rumah kontemporer yang nyaman untuk orang tuanya. Bersama Dan Kerr, arsitek dari perusahaan MawsonKerr Architects, mereka berdua membangun hunian dengan material utama dari kayu yang hampir seluruhnya dibangun secara manual.

Shawm House tak hanya memiliki visual yang apik, tetapi juga mudah diakses secara struktural dan menerapkan prinsip. Mengingat rumah ini dibangun untuk orang tua, Pender dan Kerr memilih desain visual yang terilhami dari situs-situs bersejarah di sekitar West Woodburn.

Seluruh struktur Shawm House dibangun menggunakan papan kayu larch dan batu yang diperoleh dari sumber-sumber lokal. Sesuai dengan penghuni rumah ini, seluruh kamar tidur berada di lantai bawah. Lebih lanjut, hunian ini dilengkapi dengan dapur terbuka dan ruang keluarga yang berada di lantai atas. Menariknya, area lantai dua memiliki jendela kaca besar yang memungkinkan penghuni untuk menikmati pemandangan luar dengan leluasa.

7. Amoroso Residence – Los Angeles, California, Amerika Serikat

Terakhir, ada Amoroso Residence yang layak masuk dalam daftar tujuh rumah kayu modern paling kreatif di dunia. Bangunan ini merupakan hunian pribadi yang dirancang oleh studio desain dan arsitektur Electric Bowery asal Venice, California pada 2017.

Dengan luas antara 1.000 hingga 3.000 kaki persegi, hunian ini memiliki tiga kamar tidur yang menawan. Salah satu elemen paling menarik dari rumah ini adalah struktur dindingnya yang terbuat dari kayu yang diolah oleh perajin profesional. Langit-langit menjulang dan pintu kaca geser yang membentang dari lantai ke langit-langit juga menjadi elemen ciamik dari rumah ini.

Lebih lanjut, terdapat dek di luar lantai dua yang terintegrasi dengan dapur terbuka. Konsep ini memungkinkan penghuni untuk menyaksikan pemandangan elok Venice dan Marina. Jika diperhatikan secara keseluruhan, rumah ini mengusung gaya Skandinavia modern dan abad pertengahan.

Nah, itulah tujuh rumah kayu modern paling kreatif di dunia. Ketujuh rumah di atas menjadi bukti bahwa kayu tetap menjadi material yang tak tergantikan bahkan dalam arsitektur modern. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Leave a Reply