Apa Itu Nuzulul Qur’an? Ini Sejarah dan Keutamaannya

Apa Itu Nuzulul Qur’an? Ini Sejarah dan Keutamaannya

Bulan Ramadan merupakan bulan di mana seluruh umat Islam di dunia yang sudah baligh melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan. Selain sebagai bulan puasa, Ramadan juga menjadi bulan turunnya wahyu Al-Qur’an yang kemudian diperingati sebagai Nuzulul Qur’an. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Apa Itu Nuzulul Qur’an?

Nuzulul Qur’an

Secara umum, Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya wahyu Al-Qur’an dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Secara harfiah, “Nuzul” dalam bahasa Arab berarti menurunkan sesuatu dari tempat yang amat tinggi ke tempat yang rendah. Sementara itu, Al-Qur’an merupakan kitab suci milik umat Islam.

Dengan demikian, Nuzulul Qur’an dapat diartikan sebagai suatu peristiwa turunnya wahyu Al-Qur’an dari Allah SWT ke bumi yang disampaikan melalui rasul-Nya, yakni Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia. Peristiwa ini tentunya memiliki makna yang begitu mendalam dan krusial dalam sejarah Islam karena Al-Qur’an merupakan landasan ajaran sekaligus panduan bagi seluruh muslim di dunia.

Sejarah Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an

Sejarah turunnya wahyu Al-Qur’an merupakan kisah yang terjadi dalam rentang waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari. Pada saat itulah, ayat-ayat suci Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap.

Peristiwa tersebut dimulai dengan diturunkannya ayat pertama dari surat Al-Alaq ayat 1-5 yang sekaligus menjadi tanda awal kenabian Rasulullah SAW. Ayat tersebut juga menjadi penanda dimulainya perjuangan awal Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan ajaran Islam.

Al-Qur’an pertama kali diturunkan di Gua Hira, yakni gua yang terletak di dekat Kota Mekkah pada malam 17 Ramadan 610 M. Oleh sebab itu, malam Nuzulul Qur’an diperingati pada malam ke-17 Ramadan setiap tahunnya oleh seluruh umat Islam sebagai suatu momen krusial dalam sejarah agama mereka.

Proses turunnya Al-Qur’an juga terbagi menjadi dua periode utama, yakni periode saat di Mekkah dan di Madinah. Saat di Mekkah, turunnya Al-Qur’an ditandai dengan ayat-ayat Makkiyah yang difokuskan pada ajaran-ajaran dasar Islam, contohnya tentang aqidah atau keyakinan dan tauhid atau keesaan Allah SWT. Pada saat itu, diturunkan sebanyak 86 surat yang berlangsung selama kurang lebih 12 tahun 5 bulan.

Sementara itu saat di Madinah, yang dikenal juga dengan sebutan ayat-ayat Madaniyah, berfokus pada ajaran muamalah atau hubungan antarmanusia dan hukum-hukum Islam. Sebanyak 28 surat-surat Madaniyah diturunkan oleh Allah SWT tepat setelah Nabi Muhammad melangsungkan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Diturunkannya surat-surat tersebut berlangsung selama kurang lebih 9 tahun 9 bulan.

Sejarah turunnya kitab suci umat Islam bukan hanya menunjukkan peristiwa bersejarah dalam agama Islam, tetapi juga memberikan wawasan yang mendalam terkait ajaran Islam dan perjalanan umat muslim. Hal ini sekaligus menjadi dasar bagi pemahaman agama seluruh umat Islam dan panduan mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Keutamaan Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa bersejarah yang memiliki sejumlah keutamaan. Berikut di antaranya:

1. Waktu yang lebih baik dari 1000 bulan

Keutamaan utama malam Nuzulul Qur’an adalah keistimewaannya yang melebihi malam 1000 bulan. Hal ini disebutkan dalam Surat Al-Qadr ayat 3, di mana Allah SWT menjelaskan bahwa malam Nuzulul Qur’an lebih baik daripada 1000 bulan. Dalam konteks ini, “lebih baik” menandakan bahwa segala bentuk amalan dan ibadah yang dilakukan pada malam Nuzulul Quran bernilai lebih tinggi dari hari-hari biasa dan memiliki pahala yang sangat besar.

2. Ampunan dosa

Keutamaan malam Nuzulul Qur’an yang berikutnya adalah momen tersebut menjadi momen di mana Allah SWT sangat murah hati dalam memberikan ampunan kepada seluruh hamba-Nya. Setiap umat yang memanfaatkan malam tersebut untuk melakukan ibadah dan berbagai bentuk amalan maka akan mendapatkan pengampunan atas segala dosa-dosanya. Bahkan, ampunan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa bisa sampai pada tingkat penghapusan segala dosa, sama halnya seorang bayi yang lahir di dunia ini tanpa dosa.

3. Malam penuh berkah

Kitab suci Al-Qur’an diturunkan pada satu malam di bulan Ramadan yang merupakan bulan penuh berkah dalam ajaran agama Islam. Oleh sebab itu, malam Nuzulul Qur’an merupakan malam yang penuh dengan berkah dari Allah SWT. Berkah ini mencakup segala aspek dalam kehidupan, baik secara spiritual maupun duniawi. 

Keutamaan malam Nuzulul Qur’an tak hanya menjadi suatu hal yang penting dalam ajaran agama Islam, tetapi juga bisa menjadi kesempatan yang berharga untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dengan memanfaatkan malam tersebut untuk meningkatkan kualitas ibadah dan amalan baik lainnya, maka umat Islam dapat merasakan nikmatnya berkah yang Allah berikan pada malam yang begitu istimewa tersebut.

Amalan Saat Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an

Berikut ini beberapa amalan yang bisa dilakukan pada malam Nuzulul Qur’an untuk mendapatkan berkah melimpah dari Allah SWT.

  • Amalan yang pertama adalah istiqomah membaca kitab suci Al-Qur’an. Setidaknya cobalah untuk menyelesaikan 30 juz Al-Qur’an selama bulan Ramadan.
  • Amalan yang berikutnya adalah berdiam diri di masjid atau i’tikaf pada malam hari. Kegiatan ini merupakan bentuk amalan di malam Nuzulul Qur’an dan bukan hanya tiduran atau berdiam diri saja di masjid. Kegiatan tersebut diisi dengan berdzikir kepada Sang Pencipta maupun membaca kitab suci.
  • Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan pada malam Nuzulul Qur’an adalah dengan memperbanyak doa sekaligus salat malam. Amalan-amalan ini bisa membuat seorang muslim lebih mendalami betapa suci dan pentingnya peristiwa Nuzulul Qur’an yang menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat Islam.

Jadi, Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa penting dalam sejarah penyebaran agama Islam. Peristiwa ini sarat akan makna dan keutamaan yang begitu dalam bagi seluruh umat Islam.

Dengan memahami sejarah dan keutamaan peristiwa tersebut, setiap muslim dapat lebih menghargai sekaligus mengamalkan ajaran-ajaran dalam Al-Qur’an sesuai dengan zamannya.

Semoga artikel ini bisa memberikan pemahaman dasar terkait Nuzulul Qur’an.

Leave a Reply