Strategi Digital Marketing yang Ampuh untuk Musim Liburan

Strategi Digital Marketing yang Ampuh untuk Musim Liburan

Musim liburan memang identik sebagai momen untuk rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari. Namun, liburan juga menjadi waktu yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan. Caranya adalah dengan menerapkan strategi digital marketing atau pemasaran online secara lebih optimal lagi di tengah puncak musim liburan.

Pentingnya Digital Marketing di Era Digital

Strategi Digital Marketing

Di tengah era yang makin terdigitalisasi, pemasaran digital telah menjadi sebuah keharusan bagi bisnis yang ingin tetap bertahan dan tumbuh. Nah, berikut ini adalah alasan pentingnya menerapkan strategi pemasaran digital.

1. Meningkatnya perilaku konsumen dan akses internet

Dengan akses internet yang makin mudah, otomatis jumlah pengguna internet juga terus meningkat. Per Januari 2023, jumlah pengguna internet di Indonesia menyentuh angka 213 juta pengguna. Hal ini menciptakan peluang besar bagi para pebisnis untuk lebih dekat dan mengenal target konsumen mereka.

Di sisi lain, perilaku konsumen memang telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mereka cenderung mencari informasi hingga melakukan pembelian secara daring melalui internet. Oleh sebab itu, presensi digital suatu bisnis sangatlah diperlukan guna menggaet target pasar.

2. Pemasaran konvensional tak selalu efektif

Seiring dengan bergesernya perilaku konsumen, pemasaran konvensional bisa dibilang tidak seefektif dulu lagi. Media-media tradisional seperti iklan di radio, koran, atau bahkan televisi cenderung kurang dapat diukur tingkat efektivitasnya dan lebih mahal.

Di sisi lain, digital marketing memungkinkan para marketer untuk mengetahui tingkat keberhasilan setiap pemasaran. Pada akhirnya, hal tersebut dapat menekan biaya yang dihabiskan untuk keperluan pemasaran.

3. Lebih hemat biaya dan terukur

Salah satu keunggulan utama pemasaran digital adalah biaya yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional. Bisnis dari berbagai skala dapat dengan bebas mengakses platform digital seperti media sosial untuk memasarkan produk dan jasa mereka. Di samping itu, platform online dilengkapi dengan fitur-fitur untuk melacak sekaligus mengukur hasil kampanye sehingga strategi pemasaran bisa segera disesuaikan kembali bila diperlukan.

4. Memastikan keberlanjutan bisnis

Era digital membuat persaingan antar bisnis makin ketat. Namun, strategi pemasaran digital dapat menjadi solusi jitu bagi para pebisnis untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk dan jasa mereka.

Pemasaran ini tak hanya soal meningkatkan daya tarik bagi merek tetapi juga memberikan peluang untuk membangun relasi yang lebih erat dengan konsumen dan pelanggan. Dengan memahami dan menerapkan konsep pemasaran digital, bisnis bisa menciptakan keberlanjutan dalam tumbuh kembang mereka.

Dengan demikian, pemasaran digital bukan hanya konsep dalam strategi pemasaran saja tetapi juga harus menjadi fondasi kokoh untuk memastikan kesuksesan dan kelangsungan bisnis di era digital. Keberadaan pemasaran digital juga menjadi poin pembeda antara bisnis yang bisa beradaptasi dengan perkembangan dan yang tertinggal di tengah cepatnya perkembangan zaman.

7 Strategi Digital Marketing untuk Musim Liburan

Strategi Digital Marketing

Salah satu hal yang menarik dari pemasaran digital adalah tema pemasaran bisa disesuaikan dengan momen-momen pada saat itu juga, misalnya momen liburan. Melansir dari berbagai sumber, berikut berbagai strategi atau ide menarik untuk membuat pemasaran digital khusus musim liburan.

1. Optimalisasi pengalaman pelanggan

Memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik adalah fondasi penting dalam strategi digital marketing selama musim liburan. Masyarakat sering kali merasa tertekan saat harus berbelanja hadiah pada liburan akhir tahun untuk orang-orang terkasih. Dalam hal ini, bisnis bisa membantu mereka dengan memberikan sejumlah tips dan trik terkait pembelian hadiah.

Sebagai contoh, sebuah supermarket bisa membuat konten di media sosial yang berisi resep-resep sederhana untuk memudahkan persiapan santap bersama keluarga di musim liburan. Nah, hal semacam ini tak hanya memberikan informasi kepada audiens, tetapi juga mendorong mereka untuk membeli produk dari supermarket tersebut.

2. Memberikan rewards kepada pelanggan

Memasuki musim liburan, tak sedikit orang yang bingung ke mana mereka harus liburan atau mau beli hadiah apa untuk orang tersayang. Bagi bisnis, penting sekali untuk bisa selalu berada di dalam pikiran pelanggan.

Agar pelanggan tidak pergi ke kompetitor lain, bisnis sebaiknya memberikan rewards dalam bentuk diskon khusus kepada pelanggan yang disertai dengan ucapan terima kasih. Rewards ini bisa disampaikan dalam bentuk email agar pelanggan terdorong untuk melakukan pembelian selama musim liburan.

3. Mulai pemasaran lebih awal

Tak sedikit bisnis yang menunda mempublikasikan strategi pemasaran digital mereka saat liburan. Padahal, target pasar seharusnya sudah melihat konten pemasaran dan terdorong untuk melakukan pembelian jauh sebelum musim liburan tiba.

Untuk itu, tim pemasaran harus mulai menyiapkan konten pemasaran khusus musim liburan sedini mungkin. Misalnya untuk liburan akhir tahun, maka konten digital marketing sudah harus diluncurkan pada bulan Agustus atau September agar menarik lebih banyak target konsumen.

4. Lakukan webrooming

Webrooming merupakan konsep pemasaran digital di mana konsep showroom dibawa ke ranah online. Sederhananya, webrooming ini mirip seperti e-commerce atau marketplace. Jadi, konsumen bisa menjelajahi produk-produk yang ditawarkan oleh suatu bisnis secara online melalui situs web bisnis tersebut.

Strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk, khususnya produk-produk dengan harga tinggi. Maka dari itu, bila perusahaan kamu tertarik untuk mengusung konsep ini, mulailah sekarang juga. Sebab, membangun situs web dengan konsep webrooming memerlukan tim yang andal dan ahli di bidangnya.

5. Optimalkan email marketing

Di tengah kesibukan menjelang musim liburan, masyarakat sering kali tak memiliki banyak waktu untuk menerima telepon atau bahkan katalog produk. Namun, satu hal yang pasti akan mereka periksa, yakni email.

Oleh sebab itu, optimalkan strategi email marketing perusahaan selama memasuki musim liburan. Kirimkan email-email yang berisi promosi, penawaran, atau produk khusus musim liburan. 

6. Ciptakan engagement

Menciptakan engagement atau interaksi dengan audiens merupakan hal penting dalam pemasaran digital, tak hanya selama musim liburan. Mendorong interaksi melalui media sosial khususnya, dapat memperkuat relasi bisnis dengan pelanggan.

Contohnya, buat postingan di Instagram yang isinya tentang pertanyaan kepada followers tentang apa yang mereka paling nantikan selama musim liburan. Respons menarik dari tim media sosial dapat memberikan kesan personal dan lebih dekat dengan pelanggan.

7. Manfaatkan hashtag

Indonesia mereka salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak di dunia. Manfaatkan hal ini untuk membuat konten pemasaran menarik yang disertai dengan hashtag atau tagar khusus guna meningkatkan visibilitas bisnis.

Buat tagar yang ada kaitannya dengan penawaran, promosi, atau produk musiman di perusahaan kamu. Ajak pula konsumen untuk berbagi konten dengan menggunakan tagar tersebut. Tagar berfungsi memperkuat nama merek dan menjangkau konsumen baru yang mencari produk-produk tertentu selama musim liburan.

Dengan menerapkan strategi di atas, bisnis dapat meningkatkan penjualan selama musim liburan. Kuncinya terletak pada kreativitas dan konsistensi dalam membuat konten-konten menarik yang juga dapat menciptakan interaksi dengan konsumen.

Leave a Reply