Syarat Yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Beli Rumah Murah Syariah

Beli rumah murah Syariah sekarang ini bisa menjadi alternatif untuk para milenial. Hal ini juga karena semakin tingginya harga rumah. KPR Syariah bisa menjadi cara karena Anda tidak perlu membayarkan bunga di mana terkadang hal ini bisa cukup menyulitkan. 

Biaya yang perlu Anda bayarkan sudah diketahui dan disepakati sejak awal oleh kedua pihak, nasabah dan bank. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu mengenai syarat yang dibutuhkan untuk melakukan KPR Syariah. 

Syarat Yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Beli Rumah Murah Syariah

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia minimal yang diperbolehkan adalah 21 tahun dan maksimal 55 tahun sampai saat biaya jatuh temponya. 
  3. Jika pembiayaannya adalah mengenai unit atau rumah yang belum selesai, dalam hal ini masih dibangun, maka harus melalui perjanjian kerja sama dengan pengembang yang dilakukan oleh pihak bank Syariah.
  4. Tidak melebihi batas maksimal pembiayaan
  5. Pencairan pembiayaan bisa diberikan dengan melalui kesepakatan kedua belah pihak yang bersangkutan. 
  6. Besarnya cicilan tidak boleh lebih dari 40% penghasilan bulanan bersih dari nasabah. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memperhitungkan dengan baik dan benar apakah besarnya gaji yang Anda dapat setiap bulan sudah memenuhi syarat tersebut. Jika lebih kecil, maka Anda sudah pasti masih belum bisa mengajukan KPR. 
  7. Syarat beli rumah murah Syariah terakhir adalah untuk kepemilikan rumah pertama, KPR Syariah diperbolehkan menggunakan rumah yang masih dalam proses pembangunan. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk kepemilikan rumah yang selanjutnya. 

Keuntungan Menggunakan KPR Syariah Untuk Rumah

  1. Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah jangka waktu pembiayaannya cukup panjang. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk Anda yang masih memerlukan pengeluaran untuk kebutuhan yang lainnya. 

Semakin panjang jangka waktu yang ditentukan, maka jumlah cicilan setiap bulan yang harus dikeluarkan juga bisa lebih kecil. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu terbebani dengan jumlah atau besaran cicilan yang banyak di setiap bulan. 

  1. Keuntungan KPR Syariah adalah tidak adanya sistem bunga. Dalam hal ini besaran biaya yang Anda bayarkan setiap bulannya tidak akan mengandung bunga atau tidak ada biaya bunga tambahan. Hal ini karena keuntungan yang didapatkan atau dicari oleh bank Syariah bukan berasal dari bunga. 
  2. Anda juga akan lebih fleksibel dalam pemilihan rumah. Dalam hal ini Anda bisa membeli rumah yang masih baru, masih dibangun atau rumah bekas. Semua pilihan tersebut bisa Anda ambil disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Beli rumah baru ataupun bekas, pastinya akan memiliki harga yang berbeda dan bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan dan ketersediaan biaya Anda sendiri. 

Demikianlah beberapa keuntungan saat beli rumah murah syariah yang tentu bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan hunian impian.

Leave a Reply