Tanda-Tanda Rumah Harus Segera Direnovasi

Kredit Rumah Syariah: Syarat, Tahapan Pengajuan, Jenis Akad, dan Keuntungan
Sumber : Envato

#TemanSyariah baru saja beli rumah tetapi mendapati ketidaknormalan salah satu komponennya? Bisa jadi hanya butuh perbaikan saja. Namun, kalau rumah yang dihuni sudah relatif berumur, mempertimbangkan hal-hal di bawah barangkali perlu dilakukan untuk mencari tahu apakah hunian #TemanSyariah membutuhkan renovasi secara segera.

  1. Perubahan pada kondisi fisik rumah

Perubahan ini dapat bermacam-macam bentuknya. Berikut urutan perubahan kondisi fisik rumah dari tingkatan ringan hingga berat:

  1. Cat dinding mengelupas

Meski tergolong ringan, pada tataran tertentu, cat dinding yang mengelupas dapat menjadi indikator rumah harus segera direnovasi. Pasalnya, kondisi yang lembab dan kualitas dinding rumah yang kurang baik dapat menyebabkan cat dinding terus menerus mengelupas.

  1. Lantai mulai rusak

Tingkat kerusakan lantai kamar mandi dan dapur menjadi indikator utama apakah #TemanSyariah perlu melakukan renovasi pada lantai rumah. Hal ini dikarenakan dua ruangan tersebut relatif lebih mudah terkelupas dibanding ruangan lainnya. Lantai yang terkelupas maupun mengalami keretakan perlu untuk segera diganti karena dapat menyebabkan kecelakaan.

  1. Dinding berjamur dan retak

Selain tidak sedap dipandang, dinding yang berjamur dan retak tidak baik bagi kesehatan penghuni rumah. Karena menandakan kondisi ruangan yang terlalu lembab. Kualitas cat dan material dinding menjadi komponen yang patut untuk dipertimbangkan agar air hujan maupun udara dingin tidak menembus ke dalam ruangan. Selain itu, faktor pencahayaan dan sirkulasi udara juga cukup krusial untuk dipertimbangkan supaya dinding tak lagi berjamur dan retak.

  1. Sanitasi dan pembuangan kurang memadai

Apabila saluran pembuangan dan sanitasi sering mampet dan menimbulkan bau tidak sedap, tandanya #TemanSyariah perlu segera melakukan renovasi rumah yang mencakup perbaikan sistem pembuangan dan sanitasi. Hal tersebut dikarenakan kedua sistem ini cukup krusial bagi kebutuhan hidup dasar manusia.

  1. Sistem utilitas bermasalah

Ulititas bagunan berkaitan dengan keselamatan penghuni rumah. Jika ditemukan adanya sistem utilitas yang tidak berfungsi dengan baik, tandanya #TemanSyariah perlu segera melakukan renovasi rumah. Sistem ini diantaranya berkaitan dengan masalah perpipaan, pencegahan kebakaran, sistem sirkulasi dan pencahayaan ruangan, dan komponen penangkal petir.

  1. Atap dan plafon bocor

Bagi iklim tropis seperti Indonesia, hujan memang kondisi cuaca yang tak terelakkan. Tentunya, memiliki rumah dengan atap dan plafon yang tidak sempurna dapat menjadi penyebab masuknya air ke dalam rumah. Jika tidak segera renovasi, maka kedepannya dapat mendatangkan masalah seperti peningkatan kelembaban udara, kerusakan interior dan material bangunan.

  1. Berkembangnya kebutuhan ruang anggota keluarga

Semakin bertambahnya usia anggota keluarga, biasanya semakin banyak ruang. Biasanya, seiring beranjak dewasanya anak-anak, mereka menginginkan privasi tersendiri. Jika hal itu sudah terjadi dan si sulung sudah mulai merengek-rengek minta kamar terpisah dari adiknya, tandanya #TemanSyariah perlu segera melakukan renovasi rumah. 

Selain bertambahnya kebutuhan ruang, dapat pula terjadi hal sebaliknya, yaitu pengurangan ruang. Kondisi ini dapat terjadi jika satu persatu penghuni rumah telah meninggalkan rumah, misalnya anak yang merantau, orang tua yang telah berpulang, atau berkurangnya ruang khusus untuk asisten pribadi. Alih fungsi ruangan tersebut menjadi ruang bersama merupakan bagian dari renovasi rumah.

  1. Interior rumah sudah tidak nyaman lagi

Di samping faktor yang menjadi kebutuhan dasar penghuni rumah, interior sebagai faktor pendukung juga perlu dipertimbangkan. Apabila ditemukan kondisi tak nyaman karena interior terlalu usang dan menurunkan gairah dalam melakukan aktivitas di rumah, artinya #TemanSyariah membutuhkan renovasi rumah.

Menyadari bahwa rumah perlu direnovasi kadangkala sepaket dengan kesadaran bahwa akan ada biaya-biaya yang timbul dari proses tersebut. Karenanya, menyiapkan dana atau mencari alternatif pembiayaan diperlukan. Terlebih, jika kondisi bangunan hampir mencakup seluruh poin di atas. Artinya, kondisi hunian #TemanSyariah benar-benar parah dan segera membutuhkan perbaikan. 

Danasyariah hadir memberikan #SolusiCariBekah bagi #TemanSyariah yang membutuhkan renovasi rumah melalui Dana Material. Program ini merupakan program terbaru dari Danasyariah untuk mendukung hunian layak bagi #TemanSyariah. Informasi lengkap terkait pembiayaan Dana Material dapat diakses #TemanSyariah melalui customer service resmi Danasyariah di 0811 1238 022 dan 021 5050 7969.

Semoga keinginan merenovasi rumah dapat terwujud dalam waktu dekat ya, #TemanSyariah. 

Leave a Reply