Pakai Teknologi, Begini Cara Rayakan Tahun Baru Bersama Karyawan

Pakai Teknologi, Begini Cara Rayakan Tahun Baru Bersama Karyawan

Momen pergantian tahun dari 2023 ke 2024 memang sudah berlalu. Namun, mungkin saja kamu membutuhkan ide untuk merayakan momen tahun baru atau perayaan lainnya bersama rekan-rekan kerja dari kantor. Merayakan pergantian tahun baru merupakan momen pas untuk mempererat hubungan antara karyawan dan menciptakan semangat baru di lingkungan profesional.

Kendati demikian, tak sedikit karyawan yang mungkin kurang suka dengan hal-hal yang berbau perayaan. Ada yang menganggap perayaan itu membosankan; ada pula yang merasa kurang nyaman berada di tengah keramaian. Untuk itu, butuh ide-ide segar untuk merayakan tahun baru bersama karyawan kantor yang tak hanya unik tetapi juga bisa meningkatkan partisipasi seluruh karyawan. Salah satu solusinya adalah dengan mengintegrasikan teknologi dalam acara perayaan tahun baru.

Rayakan Tahun Baru

Cara Merayakan Tahun Baru dengan Teknologi

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa ide untuk menyelenggarakan perayaan tahun baru bersama karyawan dengan menggunakan teknologi:

1. Mengadakan virtual party

Laman Eventbrite menyampaikan bahwa menyaksikan virtual party yang penuh dengan semangat dapat mendorong terjadinya interaksi antarkaryawan, sekalipun karyawan tersebut lebih mengutamakan ketenangan. Lebih lanjut, ide semacam ini dapat menjadi sesuatu yang bisa dinikmati oleh karyawan yang memang lebih suka dengan ketenangan tetapi tidak melewatkan momen kebersamaan dengan rekan kerja.

Keuntungan lain dengan mengikuti pesta virtual adalah dapat menghemat waktu dan tenaga yang biasanya dihabiskan untuk mempersiapkan pesta itu sendiri. Di virtual party, penyelenggara bisa menyiapkan agenda tertentu, seperti set DJ, momen untuk saling berefleksi, dan lain sebagainya. Acara virtual ini bisa diselenggarakan melalui berbagai platform video conference, seperti Zoom, Google Meet, dan masih banyak lagi.

2. Main game online

Melansir laman Parade, bermain game online dengan teman bisa menjadi cara seru untuk menghibur diri dan orang yang menontonnya. Ide ini cocok direalisasikan bersama dengan rekan kerja di kantor sebagai bagian dari penyelenggaran tahun baru secara virtual.

Pilihan game yang bisa dimainkan secara multiplayer pun beragam, seperti Never Have I Ever, Jeopardy, Trivia, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa loh mengadakan turnamen mobile game mini bersama rekan-rekan kantor. Namun, pastikan karyawan di kantor memiliki ketertarikan yang sama terhadap satu jenis mobile game.

3. Silent disco

Mau mengadakan disco bareng teman-teman kantor untuk menyambut tahun baru tetapi takut berisik? Coba adakan acara silent disco saja. Jadi, dalam pesta tersebut kamu akan menggunakan headphone nirkabel untuk mendengarkan musik yang sudah diatur oleh DJ sehingga tidak memerlukan speaker besar sama sekali.

Pesta perayaan semacam ini dijamin tidak akan menimbulkan kegaduhan dan relatif lebih tertata karena tidak ada musik keras. Agar makin seru, kamu bisa mendekor venue pesta dengan lampu neon, glowsticks, dan pernak-pernik disco lainnya yang bisa kamu bicarakan dengan rekan-rekan kantor.

4. Berbagi “Year Wrapped”

Buat kamu yang aktif di media sosial seperti TikTok, pastinya sudah tidak asing dengan tren ketika para pengguna membuat presentasi untuk dibagikan. Ide ini bisa menjadi agenda seru untuk merayakan momen pergantian tahun baru bersama karyawan di kantor. 

Selain bisa melihat kreativitas rekan-rekan kantor dalam hal presentasi digital, kamu juga bisa mengetahui bagaimana perjalanan tahun kemarin untuk mereka. Presentasi “Year Wrapped” tak hanya akan membuat suasana perayaan menjadi lebih asyik, tetapi juga bisa menjadi cara seru untuk mengenang perjalanan kamu dalam lingkung kerja profesional.

5. Mengadakan kontes lewat media sosial

Satu lagi ide perayaan tahun baru menggunakan teknologi, yakni dengan menggunakan media sosial. Kamu bisa menggunakan tagar tertentu atau mungkin halaman media sosial perusahaan kamu untuk mengadakan pesta tahun baru.

Untuk agenda acaranya sendiri bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan. Contohnya kamu bisa mengadakan kontes-kontes untuk para pegawai dengan tujuan meningkatkan branding perusahaan. Agar makin meriah, berikan hadiah menarik kepada para pemenang.

Bagaimana Tech Giant Merayakan Tahun Baru?

Berbicara soal merayakan tahun baru menggunakan teknologi bersama karyawan kantor, para raksasa teknologi dunia ternyata juga punya cara tersendiri untuk menyambut pergantian tahun baru. Berikut di antaranya:

1. Google

Tahun ini, Google tak hanya memajang logo ikonik mereka. Pada halaman pencarian yang kamu gunakan setiap hari, terdapat doodle interaktif sebagai cara Google untuk merayakan tahun baru. Animasi logonya menari-nari dengan banyak warna dan confetti digital yang berhamburan di layar saat diklik. Serunya logo Google ini seolah-olah mengajak para pengguna Google untuk berpesta bersama.

2. Meta

Perusahaan di balik media sosial ternama Facebook dan Instragam ini juga merayakan tahun baru dengan menghadirkan sejumlah fitur perayaan di dalam platform mereka. Beberapa fitur yang dimaksud antara lain seperti efek AR, efek kata-kata yang bertema holiday, dan lain sebagainya. Melalui cara ini, tech giant Meta mencoba menunjukkan bahwa mereka ingin membuat para user tetap terhubng menggnakan cara yang imersif dan menyenangkan.

3. Apple

Berbeda dengan dua tech giant sebelumnya, Apple justru menyambut tahun baru dengan meluncurkan fitur menarik pada produk Apple Watch mereka tepat pada jam 12 malam. Bukan ledakan kembang api yang terdengar, justru cahaya warna-warni yang muncul di layar jam pintar Apple. Dari sini, dapat diketahui bahwa Apple mencoba menjadikan momen pergantian tahun baru untuk bercerita tentangnya uniknya waktu yang setiap detik berlalu.

4. Microsoft

Perayaan tahun baru 2024 oleh Microsoft memang tak begitu disorot oleh warga dunia. Namun, perusahaan ini tetap tak lupa ikut merayakan momen pergantian tahun dengan cara mereka sendiri. Microsoft memang tak begitu menggemborkan perayaan tahun baru mereka, tetapi mereka aktif merayakan berbagai pencapaian dan inovasi Microsoft selama satu tahun kemarin. 

Jadi, itulah beberapa ide perayaan tahun baru bersama karyawan kantor dan bisa diselenggarakan dengan memanfaatkan teknologi. Selain menggunakan kelima ide di atas, kamu juga bisa mengambil inspirasi dari apa yang dilakukan para tech giants dalam menyambut pergantian tahun baru.

Leave a Reply