Tips Memilih Lokasi yang Tepat untuk Rumah Impian

Tips Memilih Lokasi yang Tepat untuk Rumah Impian

Membeli rumah, khususnya rumah impian atau rumah pertama, membutuhkan banyak sekali pertimbangan. Salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan dan tak jarang membuat banyak orang bimbang adalah masalah lokasi. 

Nah, buat kamu yang lagi dalam proses mencari hunian impian, artikel ini buat kamu. Dalam uraian berikut, kamu akan mempelajari sejumlah tips jitu untuk memilih lokasi rumah idaman. Jadi, simak terus sampai habis, ya!

Tips Memilih Lokasi untuk Rumah Idaman

Memilih Lokasi Rumah

Sebelum mulai mencari lokasi untuk rumah, kamu harus mampu mengenali kebutuhan kamu sendiri. Pertimbangkan tujuan hidup kamu, karier, dan apa yang kamu butuhkan dalam suatu kompleks perumahan. 

Penting juga untuk mempertimbangkan setiap tahapan dalam hidup kamu. Misalnya, apakah kamu berencana untuk berkeluarga? Apakah kamu berencana untuk mengajak orang tua tinggal bersama? Apakah kamu mencari lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja baru?

Dengan mengetahui apa yang kamu cari dalam suatu lokasi rumah dan sedang di tahap mana hidupmu sekarang, kamu bisa menentukan lokasi yang tepat untuk rumah impian. Setelah mempertimbangkan faktor-faktor internal tersebut, barulah saatnya mempertimbangkan faktor-faktor eksternal untuk membulatkan keputusan kamu.

Berikut adalah beberapa tips memiliki lokasi yang tepat untuk rumah idaman.

1. Tentukan anggaran

Tips pertama dalam memilih lokasi untuk rumah impian adalah menentukan anggaran. Mau beli rumah baru atau bekas atau mungkin membangun dari nol, wajib hukumnya untuk melihat kembali besarnya anggaran yang kamu punya.

Namun sebelum menetapkan anggaran, lakukan dulu perhitungan sederhana terkait apa yang bisa dan tidak bisa kamu dapatkan sehubungan dengan proses kepemilikan rumah. Dalam hal ini, kualitas hidup kamu harus menjadi prioritas utama untuk memastikan bahwa kamu bisa tinggal dengan nyaman dan bahagia di rumah baru.

2. Pertimbangkan biaya hidup

Selain anggaran khusus untuk kepemilikan rumah, pertimbangkan pula biaya hidup di daerah tersebut. Biaya hidup di sini mencakup biaya makan sehari-hari, transportasi, pendidikan, dan kesehatan.

Pastikan kamu mengelola semua yang termasuk dalam biaya hidup dengan cermat karena dapat memengaruhi kualitas hidupmu nanti. Terkadang, lokasi dengan harga properti yang mahal mungkin memiliki biaya hidup yang rendah, jadi perhitungkan dengan saksama. 

Contohnya seperti Yogyakarta, provinsi di Pulau Jawa ini memiliki harga rumah yang cenderung mahal. Di sekitar Jalan Kaliurang, hunian tipe 76 menembus angka lebih dari Rp600 juta. Padahal, biaya hidup dan UMR di Yogyakarta termasuk murah serta relatif rendah dibanding provinsi lainnya di Pulau Jawa. 

3. Cari tahu pasar properti di lokasi rumah

Tips selanjutnya dalam memilih lokasi rumah adalah memahami tren pasar properti di lokasi yang kamu incar. Cari tahu bagaimana harga properti di daerah tersebut, apakah cenderung meningkat atau menurun.

Dengan mengetahui tren pasar, kamu bisa memiliki wawasan mendalam terkait apakah lokasi tersebut memiliki nilai investasi atau tidak. Sebab, lokasi dapat menentukan tinggi rendahnya nilai properti rumah di masa depan. Jadi, bila kamu ingin menjadikan rumah kamu sebagai investasi, jelas poin ini tak boleh diabaikan.

4. Pertimbangkan lapangan pekerjaan

Pekerjaan merupakan salah satu aspek yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi rumah impian. Pertimbangkan dengan sungguh-sungguh apakah ada lapangan pekerjaan yang sesuai dengan karier kamu di daerah tersebut.

Kalau kamu bisa bekerja di mana saja alias remote working, tentu poin ini bisa diabaikan. Namun kalau kamu berencana pindah ke daerah baru tetapi tetap mempertahankan karier kamu yang sekarang, pastikan peluang pekerjaannya banyak. Di samping itu, cari tahu pula bagaimana jenjang karier suatu pekerjaan di wilayah tersebut untuk memastikan bahwa masa depanmu terjamin.

5. Pilih kota besar atau kota kecil?

Keputusan untuk tinggal di kota besar atau kota kecil tergantung pada preferensi kamu sendiri. Kalau kamu memilih tinggal di kota besar, kamu akan mendapatkan lebih banyak peluang pekerjaan, dekat dengan banyak fasilitas umum. Namun biaya hidupnya lebih tinggi dan tingkat lalu lintasnya sangat padat.

Di sisi lain, kota kecil menawarkan kehidupan yang lebih tenang, biaya hidup relatif rendah, tetapi tak semua jenis fasilitas umum ada. Masing-masing ada keuntungan dan kelemahannya, jadi sesuaikan kembali dengan gaya hidup kamu.

6. Pertimbangkan cuaca dan iklim

Cuaca dan iklim di lokasi rumah yang kamu incar adalah faktor penting yang akan memengaruhi kenyamanan sehari-hari kamu. Pertimbangkan apakah kamu lebih suka tinggal di daerah beriklim panas dan dingin atau bercuaca tropis.

Pertimbangkan pula apakah kamu merasa nyaman dengan udara yang dingin atau suka cuaca khas kawasan pantai? Pastikan kamu memilih lokasi rumah yang benar-benar sesuai dengan preferensi cuaca kamu dan pertimbangkan dampaknya terhadap gaya hidup kamu nanti.

7. Pilih daerah dengan kualitas pendidikan yang bagus

Tips selanjutnya dalam memilih lokasi untuk rumah impian adalah mempertimbangkan kualitas pendidikan di daerah yang kamu pertimbangkan. Poin satu ini penting untuk diperhatikan, terutama bila kamu berencana untuk berkeluarga. Cara tahu apakah ada sekolah berkualitas dan fasilitas pendidikan yang mumpuni di sekitar lokasi tersebut. 

Sekolah yang berkualitas tentu dapat menjamin masa depan buah hati kamu nanti. Di samping itu, fasilitas pendidikan yang terjamin kualitas juga dapat memengaruhi nilai properti rumah di masa depan. 

8. Cari tahu ada transportasi umum atau tidak

Akses ke transportasi umum adalah faktor penting dalam memilih lokasi rumah. Terlebih bila kamu tidak memiliki kendaraan pribadi atau ingin mengurangi penggunaan mobil maupun motor pribadi.

Jadi, cari tahu apakah lokasi rumah dekat dengan sistem transportasi umum seperti angkot, bus, kereta api, atau mungkin MRT. Akses terhadap transportasi umum tak hanya akan menghemat pengeluaran dan mengurangi emisi karbon, tetapi juga bisa meningkatkan mobilitas kamu. Ini perlu dipertimbangkan dengan baik terutama kalau harus bekerja keluar rumah.

9. Pertimbangkan jarak lokasi dengan keluarga dan teman

Jarak antara lokasi rumah yang kamu incar dengan keluarga atau teman adalah faktor sosial yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat dapat meningkatkan kualitas hidup kamu dan memberikan kepuasan emosional. Pertimbangkan juga apakah kamu memiliki anggota keluarga yang membutuhkan perawatan dari anggota keluarga yang lain atau tidak. 

10. Pertimbangkan kebutuhan masa depan

Terakhir, pikirkan tentang kebutuhan masa depan kamu. Apakah kamu berencana untuk menambah anggota keluarga, memulai bisnis, atau mungkin pensiun di daerah tersebut? Pastikan lokasi yang kamu incar sesuai dengan rencana masa depan kamu.

Sebagai contoh, kalau kamu berencana untuk berkeluarga, pastikan lokasi rumah dekat dengan fasilitas pendidikan berkualitas. Kalau kamu berencana untuk memulai bisnis, pertimbangkan aspek-aspek seperti target pasar dan tinggi rendahnya minat masyarakat terhadap bisnis yang mau kamu jalankan.

Demikian uraian mengenai tips memilih lokasi yang tepat untuk rumah impian kamu. Pertimbangkan dengan cermat setiap faktor di atas sebelum membuat keputusan akhir. Pasalnya, lokasi rumah dapat memengaruhi nyaman tidaknya hunian kamu nanti. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply