Tips Memilih Properti untuk Investasi yang Bikin Untung

Mengenal Lebih Jauh Modal Kerja Konstruksi dan Cara Mendapatkannya
Sumber : Envato

Bagaimana tips memilih properti yang benar? Saat ini properti masih menjadi jenis investasi yang paling diminati di pasaran. Tak hanya digunakan untuk pribadi, properti juga bisa disewakan kembali agar mendapatkan keuntungan. Lantas, bagaimana cara memilih properti yang tepat untuk investasi? Berikut caranya.

Tips memilih properti untuk investasi menguntungkan

  • Riset harga pasar

Jika Anda ingin membeli sebuah properti untuk investasi, lakukanlah riset harga pasar. Ini bertujuan agar Anda tahu mengenai pola dan pergerakan harga properti di pasar. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penawaran yang bagus.

Selain itu, riset harga pasar dengan baik juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan area strategis, kualitas properti terbaik. Serta nilai properti yang menguntungkan. 

  • Memilih lokasi strategis

Menjadi aspek terpenting, lokasi properti strategis merupakan tips memilih properti yang tepat kedua. Baik itu properti hunian atau disewakan, memilih lokasi properti yang strategis akan sangat menguntungkan.

Jadi, jika Anda ingin membeli sebuah properti, jangan lupa untuk melakukan survei lokasi terlebih dahulu. Selain itu, lokasi strategis juga akan sangat mempengaruhi harga jual properti nantinya. 

  • Memilih properti real estate

Ketika ingin berinvestasi menggunakan properti, Anda akan diberikan pilihan yang berupa properti ritel, komersial, atau industri. Properti jenis industri merupakan jenis properti yang paling banyak mengeluarkan modal. Bahkan Anda juga harus berurusan dengan permintaan pasar.

Jika tidak ingin repot seperti tadi, Anda bisa memilih jenis properti real estate. Dimana properti tersebut sangat aman, bahkan properti real estate merupakan jenis yang paling stabil dan laku di pasaran. Sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah tanpa harus berurusan dengan pasar. 

  • Memanfaatkan volatilitas pasar

Apabila negara sedang mengalami konflik politik, harga properti di pasaran akan cenderung mengalami penurunan yang signifikan. Bagi para investor, ini bukanlah hal yang buruk. Bahkan pada masa-masa kritis inilah Anda bisa membeli properti dengan harga murah.

Karena pada masa kritis seperti ini, masyarakat kerap kali kesulitan dalam membayar cicilan. Itulah sebabnya mereka terpaksa menjual properti dengan harga murah. Jika Anda memiliki dana yang cukup, tak ada salahnya untuk memanfaatkan momen langka ini. 

  • Membeli dengan syarat meminjam

Di masa pandemi ini bank cenderung menawarkan suku bunga yang lebih rendah. Itulah sebabnya Anda bisa meminjam ke bank dengan tingkah bunga yang rendah daripada biasanya.

Jika Anda meminjam untuk membeli properti, artinya akan sangat menguntungkan karena Anda mendapatkan bunga rendah. Yang artinya membayar lebih sedikit cicilan pinjaman untuk per bulan. 

  • Gunakan bantuan profesional 

Tips memilih properti untuk investasi selanjutnya Anda bisa menggunakan bantuan pekerja profesional. Nantinya Anda akan mendapat seluruh informasi penting terkait pasar properti yang tidak bisa Anda ketahui sendiri.

Selain itu, Anda juga akan dibantu terkait proses negosiasi harga properti, serta memberikan syarat dan ketentuan yang terbaik untuk pembeli. Dengan begitu kegiatan membeli properti akan menjadi lebih mudah. 

  • Memilih pengembang terpercaya

Memilih pengembang terpercaya merupakan hal yang cukup rumit. Selain teliti, Anda juga dituntut bijak agar tidak terjadi masalah yang tak diinginkan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini Anda bisa mencari pengembang melalui internet. Anda bisa melihat tampilan website si pengembang, apakah profesional atau tidak.

Selain itu, website resmi pengembang juga biasanya akan memberikan informasi kontak resmi mereka. Beberapa ulasan dari pembeli, serta alamat resmi kantor pengembang. Dengan memperhatikan beberapa hal tadi, Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah pengembang yang dipilih sudah tepat atau belum. 

  • Aksesibilitas

Baik itu untuk hunian pribadi ataupun sewa, membeli properti dengan aksesibilitas yang mudah adalah hal yang wajib. Bahkan memperhatikan aksesibilitas merupakan tips memilih properti yang menguntungkan.

Pastikan jika properti yang ingin Anda pilih dekat dari transportasi umum dan fasilitas kehidupan lainnya. Dengan begitu kegiatan sehari-hari Anda tidak akan terganggu. Jika Anda bekerja, pastikan juga jika jaraknya tidak terlalu jauh agar tidak menguras banyak tenaga dan biaya.

Apabila Anda memilih properti yang tidak memiliki aksesibilitas baik. Maka akan menjadi kendala tersendiri nantinya.

Deskripsi: Tips memilih properti untuk investasi yang tepat dan aman bisa dilakukan dengan beberapa pilihan dan cara berikut ini agar tidak salah pilih!

Tags: tips memilih properti, tips memilih properti, tips memilih properti untuk investasi, tips memilih properti yang menguntungkan, tips memilih properti hunian

Leave a Reply