9 Tips Rumah yang Aman dan Nyaman untuk Hewan Peliharaan

9 Tips Rumah yang Aman dan Nyaman untuk Hewan Peliharaan

Rumah lebih dari sekadar tempat untuk berteduh dan beristirahat. Rumah juga menjadi tempat untuk berbagi kasih bersama keluaraga dan bahkan hewan peliharaan. Namun, beberapa pemilik hewan peliharaan sering kali kesulitan dalam menciptakan ruang yang nyaman bagi binatang kesayangan mereka.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya menciptakan ruang yang nyaman dan aman di rumah untuk hewan peliharaan.

9 Tips Membuat Rumah Aman dan Nyaman untuk Hewan Peliharaan 

Hewan Peliharaan

Berikut ini sudah ada sembilan tips untuk menciptakan rumah yang aman dan nyaman bagi hewan-hewan peliharaan kamu. Simak sampai habis, ya.

1. Menciptakan area khusus untuk hewan peliharaan

Langkah pertama dan paling utama dalam menciptakan rumah yang aman dan nyaman untuk hewan peliharaan adalah dengan memberikan mereka area khusus. Area ini akan menjadi tempat di mana mereka merasa aman dan memiliki kebabasan untuk melakukan aktivitas mereka. Area ini bisa diciptakan pada sudut ruangan khusus dengan tempat tidur, mainan, dan wadah makanan serta minuman.

Area khusus ini tak hanya menjadi tempat aman bagi hewan kesayangan kamu, tetapi juga membantu kamu untuk mengorganisasikan perlengkapan mereka. Dengan menyediakan tempat khusus untuk menyimpan semua perlengkapan binatang peliharaan, kamu akan lebih mudah dalam menemukan apa yang kamu butuhkan saat diperlukan.

2. Membuat kandang

Bila kamu memiliki hewan peliharaan yang perlu dijaga secara terpisah dari area-area tertentu di rumah, pertimbangkan untuk menyediakan kandang. Kandang merupakan tempat yang ideal untuk mengurung binatang peliharaan kesayangan kamu. Hal ini penting terutama bila ada tamu atau saudara yang datang ke rumah dan mungkin atau memiliki alergi terhadap jenis hewan yang kamu pelihara.

Jenis kandang sendiri bermacam-macam dan bisa disesuaikan jenis binatangnya. Untuk peliharaan seperti kucing atau anjing, kamu bisa memilih kandang portable yang bisa dilipat dan dipindahkan dengan mudah. Pastikan pula kandang tersebut nyaman dan aman bagi peliharaan kesayangan kamu.

3. Membuat dekorasi ruang yang sesuai dengan hewan peliharaan

Salah satu langkah penting dalam menciptakan ruangan yang aman dan nyaman bagi hewan peliharaan adalah dengan menambahkan dekorasi yang sesuai dengan hewan tersebut. Artinya, kamu tidak hanya harus memilih furnitur yang sesuai dengan jenis peliharaan kamu, tetapi juga menambahkan elemen dekorasi yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Sebagai contoh, kalau kamu memelihara kucing, pertimbangkan untuk membuat tangga mainan untuk kucing. Tujuannya agar kucing dapat beraktivitas dan bersantai sesuai keinginannya. Tambahkan pula tempat tidur yang lembut agar kucing memiliki tempat khusus untuk beristirahat. 

4. Pilih furnitur yang tepat

Buat kamu yang memiliki hewan peliharaan yang usianya sudah tua atau mungkin memiliki masalah mobilitas, penting sekali untuk memilih jenis furnitur yang tepat. Hal ini termasuk mempertimbangkan material, bentuk, ketinggian, kenyamanan, serta daya tahan furnitur tersebut.

Pilih furnitur yang tidak terlalu tinggi sehingga binatang peliharaan kamu bisa naik turun dengan mudah. Pastikan pula furnitur seperti sofa atau kursi terbuat dari material yang nyaman untuk peliharaan maupun kamu sendiri.

5. Menciptakan kenyaman dalam setiap ruangan

Kenyamanan adalah salah satu kunci utama dalam memastikan hewan peliharaan bebas stres di rumah kamu. Binatang pada dasarnya juga ingin merasa nyaman di setiap ruangan di rumah kamu. Jadi, pastikan ada tempat tidur atau mungkin alas di beberapa ruangan tertentu agar mereka memiliki tempat aman dan nyaman untuk beristirahat kapan saja mereka mau.

Tak hanya itu, pastikan pula area rumah kamu memiliki akses ke air bersih yang dapat dijangkau oleh hewan peliharaan dengan mudah. Bila tidak ada, pastikan ada wadah khusus untuk minum mereka dan usahakan selalu terisi. Letakkan wadah ini di dekat tempat tidur mereka agar mereka terbiasa dan tahu tempat harus minum.

6. Jangan menggunakan karpet

Tips selanjutnya dalam menciptakan rumah yang nyaman dan aman untuk hewan peliharaan adalah dengan tidak menggunakan karpet. Ini penting untuk diingat terutama buat kamu yang memiliki peliharaan berbulu, seperti kucing. 

Bulu binatang peliharaan kamu cenderung mudah rontok dan menjadi tempat bersarangnya bakteri. Nah, bulu tersebut bisa menempel di karpet dan meskipun bisa dibersihkan dengan alat khusus, justru akan menambah pengeluaran kamu. Sebagai alternatifnya, ganti karpet menggunakan jenis alas yang mudah dipersihkan dan nyaman untuk binatang, seperti tikar atau tidak memakainya pun tidak masalah. Jadi, hanya memakai lantai keramik atau kayu.

7. Tata ruang dengan tepat

Agar hewan peliharaan kesayangan kamu selalu merasa aman dan nyaman di dalam rumah, penting untuk memastikan ruangan tertata dengan benar. Hal ini termasuk menaruh barang-barang berharga atau mungkin barang yang berbahaya untuk hewan di tempat yang tidak dapat dijangkau dengan mudah oleh hewan peliharaan.

Pertimbangkan untuk menggunakan pagar hewan atau pintu untuk menghalangi akses mereka ke ruang tertentu. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa peliharaan kamu tidak akan merusak atau mungkin terkena efek buruk dari barang-barang kamu.

8. Gunakan teknologi

Teknologi juga bisa membantu kamu dalam menciptakan ruang yang aman dan nyaman bagi hewan peliharaan. Contohnya dengan menggunakan alat khusus untuk memberi makan mereka. Jadi, alat ini sudah diprogram untuk memastikan bahwa hewan peliharaan kamu selalu mendapatkan makanan atau minuman sesuai dengan jadwal, termasuk saat kamu sedang tidak ada di rumah.

Teknologi semacam ini bisa membantu kamu mengawasi gerak-gerik peliharaan bahkan dari jarak jauh. Biasanya, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan kamera keamanan yang bisa diakses melalui smartphone sehingga tidak ada rasa khawatir binatang akan kelaparan dan sebagainya.

9. Pilih dekorasi yang sesuai

Pilihan dekorasi ruangan di dalam rumah juga perlu dipertimbangkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan peliharaan tersayang. Sebagai contoh, pilih jenis tanaman hias yang tidak mengandung racun bila kamu memiliki kucing atau anjing yang punya hobi mengunyah tanaman.

Contoh lainnya adalah memilih tirai dari material yang tidak mudah robek. Ini penting terutama bila peliharaan suka bermain-main dengan tirai atau di dekat jendela. Jadi, bukan hanya hewan peliharaan kamu saja yang mendapatkan keuntungan, kamu sebagai pemiliknya sekaligus pemilik rumah pun juga untung.

Jadi, itulah sembilan tips untuk menciptakan ruangan di dalam rumah yang aman dan nyaman bagi hewan peliharaan. Dengan menerapkan tips di atas, hewan peliharaan kamu pasti akan merasa senang dan betah di dalam rumah.

Semoga tips ini membantu, ya.

Leave a Reply