Liburan Tetap Sehat: Tips Tetap Aktif Selama Liburan

Liburan Tetap Sehat: Tips Tetap Aktif Selama Liburan

Liburan adalah waktu yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Sebab, pada saat itulah kita bisa melepaskan diri untuk sementara waktu dari rutinitas sehari-hari dan menikmati momen bersama orang-orang terkasih atau mungkin sendirian.

Namun, liburan juga sering kali identik dengan waktu untuk bersantai dan tidak melakukan banyak kegiatan fisik. Kendati demikian, sangat disarankan bagi siapa pun untuk tetap aktif selama liburan. Mau tahu alasannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pentingnya Tetap Aktif Saat Liburan

Liburan

Tetap aktif selama liburan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental sehingga hal semacam ini tak boleh diabaikan. Meskipun liburan identik sebagai momen untuk bersantai dan melepaskan diri dari kegiatan-kegiatan fisik sehari-hari, tetapi tetap melakukan aktivitas fisik saat liburan sangatlah penting. Alasannya adalah sebagai berikut:

1. Mencegah penumpukan lemak dalam tubuh

Saat liburan, kita cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan dan biasanya juga kurang bergerak. Terlebih, makanan yang dikonsumsi sering kali rendah nutrisi. Dengan tetap aktif bergerak, maka kamu bisa membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Selain itu, aktif bergerak juga mencegah penumpukan lemak dalam tubuh akibat pola makan yang tidak seimbang dan berlebihan.

2. Menjaga tubuh tetap bugar

Aktivitas fisik seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, atau lari dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar selama liburan. Aktivitas semacam ini penting karena menjaga tubuh tetap aktif membuat kamu lebih siap untuk menghadapi aktivitas fisik yang jauh lebih intens begitu liburan usai.

3. Meningkatkan suasana hati

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, aktivitas fisik juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Sebab, aktivitas fisik membantu tubuh untuk melepaskan endorfin, yakni hormon yang dapat meningkatkan mood. Oleh sebab itu, kita sering merasa lebih bahagia jika rutin melakukan aktivitas fisik. 

Ini penting karena selama liburan, tak sedikit orang yang justru rentan mengalami stres dan kecemasan. Dengan melakukan aktivitas fisik, kondisi-kondisi tersebut dapat dihindari karena mood selalu dalam kondisi yang baik.

4. Menekan risiko sindrom setelah liburan

Sindrom pasca liburan sering kali menyerang mereka yang terlalu lama liburan. Sindrom ini dapat didefinisikan sebagai kondisi di mana seseorang merasa sangat kesulitan untuk kembali aktif dan produktif setelah melalui masa liburan panjang. Untuk menghindari hal seperti ini, sangat disarankan untuk tetap aktif sehingga tubuh dan pikiran selalu berada dalam kondisi yang optimal.

Melansir data dari Club La Santa Lanzarote, tetap aktif selama liburan dapat meningkatkan kepuasan hidup dan membuat seseorang merasa lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik selama liburan tak hanya bagus untuk kesehatan fisik, tetapi juga bagus untuk mental. Bila kondisi mental terjaga, otomatis risiko munculnya penyakit dapat diminimalkan.

5 Tips Tetap Aktif Selama Liburan

Liburan

Perlu ditekankan kembali bahwa tetap aktif selama liburan merupakan kunci untuk menjaga kesehatan tubuh, baik fisik maupun jiwa. Meskipun liburan identik dengan waktu untuk bersantai, tetaplah untuk melakukan aktivitas fisik dengan mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Buat jadwal khusus

Salah satu cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri agar tetap aktif selama liburan adalah dengan membuat jadwal kapan harus melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Misalnya, kamu menentukan bahwa pagi atau sore hari adalah waktu untuk berjalan kaki, setidaknya selama 30 menit. Agar kegiatan ini lebih menarik, coba jalan kaki mengelilingi komplek rumah atau mungkin sekitar tempat penginapan apabila kamu berlibur ke suatu daerah.

2. Jelajahi tempat baru

Liburan adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan mendapatkan pengalaman baru. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi tempat yang sebelumnya belum pernah kamu kunjungi. Selain menjadi cara asyik untuk menjaga tubuh tetap aktif, cara ini juga memungkinkan kamu untuk melihat lebih banyak hal baru dan merasakan keindahan alam sekitar secara langsung.

3. Ajak keluarga atau teman

Mengajak keluarga atau teman untuk melakukan aktivitas fisik akan membuat kegiatan tersebut makin menyenangkan. Di samping itu, kamu juga akan merasa lebih termotivasi. Kamu bisa mengajak mereka untuk sekadar jalan kaki, berenang, atau bermain permainan outdoor seperti bulu tangkis, bola voli, sepak bola, dan lain sebagainya. Selain menjadi cara seru untuk tetap aktif, cara ini juga bagus untuk mempererat hubungan kamu dengan orang-orang terdekat.

4. Memanfaatkan fasilitas tempat penginapan

Kalau kamu liburan ke daerah lain dan menginap di hotel atau resort yang menawarkan fasilitas olahraga, maka manfaatkan fasilitas tersebut. Fasilitas seperti gym, kolam renang, atau lapangan tenis dapat membantu kamu untuk tetap aktif selama liburan. 

5. Ikut aktivitas lokal

Setiap destinasi liburan umumnya menawarkan aktivitas lokal yang unik dan menarik. Kalau kamu berlibur ke suatu tempat, coba cari tahu apa saja aktivitas fisik yang kerap dilakukan wisatawan di daerah tersebut. Misalnya, kamu bisa mencoba olahraga selancar di pantai-pantai terkenal atau mencoba snorkeling untuk menikmati keindahan panorama bawah laut.

Tips Liburan Sehat

Selain menjaga tubuh agar tetap aktif, kamu juga harus menerapkan pola hidup seimbang selama menikmati momen liburan. Berikut beberapa tips singkat yang bisa kamu lakukan.

1. Jaga pola makan

Meskipun sedang berlibur, pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Bila ingin menikmati hidangan lokal yang mungkin kurang bergizi, pastikan untuk selalu menambah asupan sayuran dan buah-buahan segar. Juga, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang melalui banyak proses pengolahan.

2. Pastikan waktu istirahat cukup

Liburan ke suatu tempat identik dengan jadwal yang cukup padat. Namun, tetap jangan melupakan pentingnya waktu istirahat cukup. Pastikan kualitas tidurmu tetap terjaga dan cukup. Sebab, istirahat yang berkualitas dapat membantu kamu memulihkan energi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga keseimbangan mental.

3. Pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi

Selama liburan, pastikan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Tak hanya dengan mengonsumsi air putih, sebab kebutuhan cairan tubuh juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah dan sayur kaya air. Hal ini penting dilakukan terutama bila kamu berada di lingkungan dengan suhu tinggi atau melakukan banyak kegiatan fisik.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa tetap aktif selama liburan dan menikmati setiap momen yang ada. Di sisi lain, kamu juga akan lebih siap kembali menjalankan aktivitas sehari-hari begitu liburan selesai.

Leave a Reply