7 Tren Warna Cat Rumah di 2024

Warna cat rumah tak hanya memengaruhi estetika, tetapi juga memengaruhi suasana hati penghuninya dan energi yang dipancarkan di dalam rumah. Setiap tahunnya, tren warna untuk eksterior maupun interior rumah selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan desain interior dan preferensi gaya hidup masyarakat saat ini.

Pada 2024, tren warna untuk cat rumah menunjukkan adanya pergeseran yang menarik. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan masyarakat terhadap kenyamanan, ketenangan, dan keberanian dalam bereksperimen menggunakan warna untuk hunian mereka.

Warna Cat Rumah

Warna Rumah dan Kesehatan Mental

Seperti yang disebutkan, warna cat rumah tak hanya berfungsi untuk meningkatkan estetika hunian. Bila dipahami secara lebih mendalam, warna yang dipilih untuk dinding rumah juga memengaruhi suasana hati penghuni rumah. 

Melansir laman Republika, warna yang digunakan sebagai cat dinding interior bisa berpengaruh terhadap kesejahteraan mental orang yang berada di dalamnya. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mempertimbangkan preferensi penghuni rumah atau ruangan sebelum memilih cat rumah.

Untuk menciptakan rumah atau ruangan yang harmonis, pemilihan skema warna harus mencerminkan gaya hidup penghuni, tujuan, dan fungsi dari ruangan tersebut. Umumnya, para desainer interior menggunakan konsep psikologi warna sebagai alat untuk menentukan warna mana yang dapat menciptakan suasana dalam ruang. 

Sebagai contoh, warna netral seperti abu-abu dan krem merupakan warna yang tak lekang oleh waktu. Warna-warna ini bisa disesuaikan dengan aneka ragam palet warna dan mampu menghadirkan sentuhan elegan. Contoh lainnya adalah warna hijau yang dapat membangkitkan ketenangan sehingga cocok untuk dijadikan warna cat pada ruang keluarga.

Sementara itu, melansir laman Mental Health America, pemilihan warna untuk cat rumah memiliki beberapa manfaat penting untuk mental penghuni. Di antaranya adalah:

  • Membantu meregulasi stres dan meningkatkan suasana bahagia, terutama bila cat rumah menggunakan warna-warna yang cerah.
  • Mengurangi gejala depresi karena perubahan musim karena beberapa riset menunjukkan bahwa warna-warna cerah bisa meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.
  • Membantu meningkatkan kualitas tidur khususnya bila kamar tidur menggunakan skema warna merah atau amber.
  • Meningkatkan stamina, khususnya untuk warna-warna cerah seperti kuning yang dapat membuat siapa pun yang melihatnya merasa lebih bersemangat.

7 Tren Warna Cat Rumah di 2024

Bagaimana, sudah paham kan bahwa warna cat rumah tak hanya untuk estetika semata? Sekarang saatnya mengulik tentang pilihan warna cat rumah yang sedang ngetren di 2024. Yuk, simak.

1. Beige

Beige merupakan salah satu warna yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, warna satu ini sempat masuk ke daftar warna cat untuk rumah minimalis di 2023. Ini karena warna beige tergolong sebagai warna netral sehingga mudah dipadukan dengan skema warna lain. Selain itu, warna dengan warm tone ini juga cocok untuk berbagai model arsitektur bangunan.

Pada dasarnya, beige merupakan perpaduan warna krem dengan sedikit warna cokelat. Beige mampu memancarkan suasana tenang, elegan, dan mahal. Jadi, warna satu ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menunjukkan kesan mewah dalam hunian. Warna ini cocok untuk diaplikasikan pada ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, dan lainnya.

2. Abu-abu muda

Warna yang satu ini juga termasuk salah satu warna yang populer untuk cat rumah di 2024. Abu-abu muda memiliki sifat yang lembut dan cenderung netral sehingga cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai gaya arsitektur dan desain interior maupun eksterior.

Warna abu-abu muda bisa menjadi warna latar yang sempurna untuk rumah dengan gaya minimalis, modern, industrial, klasik, bahkan Skandinavia. Warna ini mampu memancarkan perasaan sejuk dan tenang dalam suatu ruangan. Hanya saja, warna ini tidak bisa berdiri sendiri sehingga harus dikombinasikan dengan warna lain agar terlihat lebih hidup.

Sebab, bila kamu hanya menggunakan warna abu-abu muda, ruangan akan terasa kurang memiliki karakter dan terkesan dingin. Kombinasikan warna ini dengan warna yang selaras seperti krem dan putih.

3. Biru navy

Buat kamu yang berani tampil beda dan ingin mengubah suasana rumah menjadi lebih menarik, warna biru navy bisa menjadi salah satu warna yang kamu pertimbangkan. Tren warna yang satu ini dipercaya dapat memancarkan suasana sejuk dan tenang.

Di samping itu, sentuhan warna navy juga dapat menciptakan kesan maskulin, mirip seperti sifat warna hitam. Hanya saja, biru navy cenderung lebih lembut dan lebih cocok digunakan sebagai sentuhan warna alih-alih sebagai warna latar. 

Dengan sedikit sentuhan warna navy, suasana rumah akan terlihat lebih mahal. Kamu bisa memadukan warna ini dengan skema warna netral seperti abu-abu muda atau putih yang menjadi warna latar.

4. Baby pink

Warna baby pink menjadi salah satu warna populer di tahun 2024. Buat kamu yang ingin menciptakan ruangan dengan kesan feminin, warna satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Baby pink memancarkan aura lembut sehingga cocok untuk diaplikasikan ke kamar bayi, ruang bermain anak-anak, atau kamar perempuan.

Namun warna baby pink juga bisa memancarkan kesan lain, tergantung dari warna pendukung atau gaya interior rumah. Warna ini bahkan bisa menjadi warna yang elegan bila dipadukan dengan skema warna klasik seperti emas atau putih.

5. Hijau sage

Tahun 2023 menjadi tahun bagi warna hijau sage, khususnya pada fashion. Namun warna ini juga menjadi pilihan populer untuk cat rumah di tahun 2024. Hijau sage merupakan salah satu warna di skema hijau yang memancarkan nuansa tenang, lembut, segar, dan estetik. Warna ini cocok menjadi warna latar atau warna pendukung yang tidak membosankan.

Warna ini juga mampu menciptakan suasana damai dalam sebuah ruangan. Jadi, buat kamu yang ingin menciptakan ruangan khusus untuk bersantai bersama keluarga, hijau sage bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih bila warna ini dipadukan dengan material berbahan kayu seperti rumah-rumah bergaya Japandi.

6. Biru tosca

Biru tosca menjadi salah satu warna yang cocok untuk dijadikan cat rumah di tahun 2024 ini. Warna ini memiliki karakter yang tenang dan lembut. Kamu bisa menggunakannya sebagai aksen untuk menambah estetika ruangan.

Biru tosca dapat memberikan kesan yang segar dan tenang, mirip seperti warna laut dan langit. Di samping itu, warna ini juga bisa menciptakan ilusi ruangan agar terlebih lebih luas. Jadi, warna ini cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang cenderung sempit, seperti kamar mandi.

7. Cokelat

Warna cokelat termasuk salah satu warna yang tak akan lekang oleh waktu bila diaplikasikan pada rumah. Warna ini juga menjadi pilihan favorit untuk menciptakan gaya desain modern, minimalis, dan Japandi.

Warna cokelat juga tergolong sebagai warna netral sehingga mudah dipadukan dengan skema warna lainnya. Kesannya trendi dan stylish tetapi tetap minimalis karena cokelat merupakan warna alam.

Jadi, itulah beberapa warna yang ngetrend untuk cat rumah. Buat kamu yang berencana untuk merenovasi rumah atau make over kamar tidur dan ruangan lainnya, warna-warna di atas bisa kamu jadikan referensi.

Leave a Reply